Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV

Intania Maya Islami, Lailatul Munawwaroh

Abstract


Keterampilan komunikasi merupakan salah satu kemampuan dasar yang penting dimiliki bagi anak sejak usia dini, termasuk pada jenjang Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Keterampilan komunikasi bukan hanya membantu bagaimana siswa menyampaikan ide, baik lisan maupun tulisan, akan tetapi juga membantu mereka dalam memahami informasi yang disampaikan oleh guru maupun teman, serta membangun interaksi sosial yang positif di lingkungan sekolah. Komunikasi menjadi penting karena menjadi salah satu penunjang tercapainya tujuan pembelajaran secara optimal. Sebaliknya, siswa yang memiliki keterampilan komunikasi yang kurang akan mengalami kesulitan dalam pembelajaran, merasa ragu untuk bertanya, serta mengalami hambatan dalam bersosialisasi dengan teman-temannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap keterampilan komunikasi siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan Posttest-Only Control Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV UPT SDN 028 Rimbo Panjang tahun pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 115 orang. Sampel penelitian menggunakan 2 kelas, IVA sebagai kelas eksperimen dan IVB sebagai kelas kontrol. Pemilihan sampel menggunakan Teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan instrumen unjuk kerja untuk mengukur keterampilan berkomunikasi siswa dan dokumentasi dalam aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Data yang diperoleh dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas dan hasilnya data berdistribusi normal dan homogen. Langkah selanjutnya dilakukan uji-t (t-test) berdasarkan analisis data diperoleh nilah thitung sebesar 5,230 dan nilai ttabel dengan taraf signifikan 5% dan df = 58, sebesar 1,672, dengan demikian maka thitung>ttabel yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan komunikasi siswa antara kelas eksperiman dan kelas kontrol. Dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti bahwa, model pembelajaran koperatif tipe Two Stay Two Stray berpengaruh terhadap keterampilan komunikasi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV UPT SDN 028 Rimbo Panjang.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v8i1.37826

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.