ANALISIS FAKTOR RENDAHNYA MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD

Koharudin Nur Pramuaziz, Desti Elsa Senia, Zulfan Affandi, Khusnal Marzuko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor rendahnya minat belajar pada mata pelajaran matematika dan bagaimana upaya guru dalam menumbuhkan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV di SD IT Insan Madani. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk mnegetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa dalam pelajaran matematika, sehingga guru dapat melakukan upaya perbaikan pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan dapat menjadi gambaran bagi orangtua dan guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Kegiatan penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bahwa faktor rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika sebagai berikut. Faktor internal siswa dapat ditunjukan dengan kurangnya rasa suka siswa terhadap mata pelajaran matematika dan beranggapan bahwa mata pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang sulit, perhatian siswa yang masih rendah terhadap pembelajaran matematika, serta rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Faktor rendahnya minat belajar siswa juga berasal dari faktor eksternal. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru menunjukkan bahwa cara guru dalam mengajar masih monoton, menunjukkan   bahwa   guru   masih menggunakan   cara   konvensional   dan   kurang memaksimalkan  media  pembelajaran  yang  ada  dalam mengajar matematika sehingga kurang menarik bagi siswa. dan jarang menggunakan media pembelajaran pada saat pembelajaran matematika. Selain dari cara guru mengajar juga dipengaruhi oleh perilaku dan sikap orangtua yang dirasa kurang tepat ketika terhadap siswa. Guru perlu mengingatkan siswa tentang kesepakatan kelas, menerapkan strategi pembelajaran yang tepat, dan menciptakan suasana yang mendukung pengembangan motivasi dan rasa percaya diri siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah upaya yang dilakukan guru dalam menumbuhkan minat belajar siswa khususnya pada mata pelajaran matematika sudah cukup baik

Full Text:

PDF

References


Achru, Andi. 2019. “Pengembangan Minat Belajar dalam Pembelajaran.” Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan 3(2):205–15. doi: 10.24252/idaarah.v3i2.10012.

Arofah, Gifa Nur, Ulfa Latifa, and Neneng Aminah. 2023. “Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika.” E-Journal Universitas Swadaya Gunung Jati 105–12.

Dalyono, M. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Diniaty, Ahmad. 2017. “Dukungan Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa.” Al-Taujih : Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami 3(1):95–97.

Dores, Olenggius Jiran, Fatkhan Amirul Huda, and Rusita Riana. 2019. “Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 4 Sirang Setambang Tahun Pelajaran 2018/2019.” J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika 1(1):38–48. doi: 10.31932/j-pimat.v1i1.408.

Machmud, Tedy, Rinaldi A. Pusi, and Khardiyawan A. Y. Pauweni. 2022. “Deskripsi Disposisi Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus 1.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 11(3):349–58. doi: 10.31980/mosharafa.v11i3.726.

Nissa, Ita Chairun, Baiq Rika Ayu Febrilia, and Dwi Pangga. 2023. “Uji Keterbacaan Buku Ajar Matematika Dasar Untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika.” Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME) 2(1):1–8. doi: 10.31980/powermathedu.v2i1.2435.

Putra, Triya Manika, Alif Mudiono, and Candra Utama. 2022. “Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V Di SD Negeri Ngeni 06 Kabupaten Blitar.” Jurnal Ilmiah Global Education 3(2):244–49. doi: 10.55681/jige.v3i2.413.

Putri, Bela Bekti Amallia, Arifin Muslim, and Tri Yuliansyah Bintaro. 2019. “Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V Di Sd Negeri 4 Gumiwang.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 5(2):68–74. doi: 10.31949/educatio.v5i2.14.

Sandri, Dewita, Isnaniah Isnaniah, and Tati Tisnawati. 2023. “Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran Matematika.” Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa 2(1):175–85.

Sarah, Christ, I. Nyoman Karma, and Awal Nur Kholifatur Rosyidah. 2021. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Gugus III Cakranegara.” Progres Pendidikan 2(1):13–19. doi: 10.29303/prospek.v2i1.60.

Sari, Murtono, and Ismaya. 2021. “Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Siswa Kelas V SDN Tambahmulyo 1.” Jurnal Inovasi Penelitian 1(11).

Syah, M. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ulkhaq, M. Mujiya. 2023. “Determinan Pencapaian Siswa Bidang Matematika: Perbandingan Antara Indonesia Dan Singapura.” Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME) 2(1):9–16. doi: 10.31980/powermathedu.v2i1.2481.

Widiasworo, Erwin. 2017. Masalah-Masalah Peserta Didik Dan Solusinya. Yogyakarta: Araska.

Yulianto, Agus, Sisworo, and Erry Hidayanto. 2022. “Pembelajaran Matematika Berbantuan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 11(3):403–14. doi: 10.31980/mosharafa.v11i3.731.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v8i1.37807

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.