Analisis Mata Pelajaran IPA : Dari Sudut Pandang Guru dan Siswa SDIT
Abstract
ABSTRAK. Pendidikan di abad 21 menghadapi berbagai tantangan, seperti rendahnya keterampilan berpikir kritis dan analitis siswa. Sehingga, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui masalah terkait materi yang dianggap sukar dan bagaimana solusi untuk mengatasi masalah tersebut dalam pembelajar IPA di SD. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian mixmethod dimana data-data kuantitatif kemudian diperkuat dengan data-data kualitatif. Dalam penelitian ini melibatkan responden 2 orang guru IPAS kelas 4 SDIT, 17 orang siswa kelas 4 SDIT. Penelitian ini menggunakan instrumen angket, lembar wawancara dan lembar observasi. Data dikumpulkan dengan cara langsung turun ke lapangan dan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif untuk kuantitatif dan analisis hasil wawancara untuk kualitatif sehingga data yang diperoleh menjadi komperhensif. Hasil penelitian ini diketahui bahwa ada satu materi yang dianggap sukar yaitu perkembangiakan tumbuhan 66,7%. Setelah diterapkan Video Animasi, terjadi peningkatan terhadap pemahaman siswa 47,1%, sedangkan metode pembelajaran menggunakan buku teks hanya 23,5% dan demontrasi langsung 29,4%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat satu materi yang sulit dan media video animasi dapat menjadi alternative solusi dalam membantu siswa memahami pembelajaran yang dianggap sukar.
Kata kunci: Keywords : IPAS, Perkembangbiakan Tumbuhan, Kesulitan Belajar, Video Animasi, dan mixmethod.
References
Darmanto, R. (2022). Kreativitas guru dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(2), 101–115.
Fauzi, A. (2022). Penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 67–80.
Haryanto, T. (2021). Keterlibatan siswa dalam pembelajaran interaktif berbasis multimedia. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi, 8(3), 45–60.
Hidayat, M. (2021). Analisis hasil belajar IPA di sekolah dasar: Faktor dan solusi. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 6(1), 23–35.
Hidayat, M. (2022). Pengaruh video animasi terhadap peningkatan hasil belajar IPA di SD. Jurnal Pendidikan Sains, 12(2), 78–90.
Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning (2nd ed.). In Cambridge University Press.
Nugroho, A. (2021). Pembelajaran berbasis pengalaman dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA. Jurnal Pendidikan Sains Terapan, 9(4), 120–135.
Piaget, J. (1972). The Psychology of the Child.
Putri, F. (2022). Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar IPA di SDN 27 Dompu. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(2), 98–110.
Rahman, A. (2022). Konsep abstrak dalam pembelajaran IPA: Tantangan dan solusi. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(2), 43–57.
Rahman, A. (2022b). Strategi peningkatan kualitas pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 4(1), 56–70.
Rahmat, R. (2023). Pemanfaatan teknologi multimedia dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Teknologi, 11(1), 34–49.
Rizki, F. (2020). Peran pendekatan interaktif dalam meningkatkan motivas belajar siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 6(3), 89–102.
Rohman, S. (2022). Motivasi dan minat belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 72–85.
Sanjaya, W. (2020). Tantangan pendidikan abad 21 di Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(3), 102–115.
Setiawan, B. (2020). Penerapan strategi pembelajaran aktif dalam mata pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 56–70.
Suratman, Y. (2021). Kesulitan belajar siswa dalam memahami konsep IPA di SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 12(1), 15–30.
Suryani, D. (2021a). Indikator kesulitan belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 6(1), 15–30.
Suryani, D. (2021b). Pembelajaran berbantuan video animasi dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA. Jurnal Pendidikan Multimedia, 9(3), 120–135.
Wahyudi, H. (2021). Analisis pencapaian hasil belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 7(2), 89–105.
Widodo, S. (2020). Faktor internal dan eksternal dalam kesulitan belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 8(1), 34–50.
Yusuf, R. (2021). Peran guru dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi IPA. Jurnal Pendidikan Sains Dan Teknologi, 5(2), 78–92.
Yusuf, R. (2021). Strategi pengajaran IPA untuk anak usia operasional konkret. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 10(3), 54–69.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v8i1.36531
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Terindeks:
Dipublikasikan oleh:

el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.