Analisis Faktor Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas III SD Di Gugus III Rambah

Nikmat Ramadan

Abstract


ABSTRAK. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor penghambat membaca permulaan siswa kelas III pada Gugus III Rambah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas III di Gugus III Rambah. Teknik pengumpulan data, menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor penghambat membaca permulaan terbagi dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu berupa motivasi yang rendah daklam belajar dan minat yang rendah dalam belajar. Sedangkan faktor eksternal yaitu lingkungan keluarga.  

Kata kunci: Kesulitan Membaca, Membaca Permulaan, Faktor Penghambat, Siswa Kelas III.


Full Text:

PDF

References


Aini, D. S. R. (2022). Analisis Faktor Penghambat Pembelajaran Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Ii Sd Negeri 18 Rejang Lebong. Institut Agama Islam Negeri.

Amanda, A. P. D., Prakoso, M. A., & Riswari, L. A. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Membaca pada Siswa Kelas II: Faktor Penyebab dan Solusi. FingeR: Journal of Elementary School, 3(1), 1–11.

Dewi Hapsari, E. (2019). Penerapan Membaca permulaan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa. AKSARA Jurnal Bahasa Dan Sastra, 20, 10–24.

Dewi, N. S. D. K. (2021). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas II SD Negeri Daya 1 Kota Makasar. Universitas Bosowa.

Liansyah, R., Heldayani, E., & Kuswidyanarko, A. (2022). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SD Negeri 81 Palembang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 301–307.

Pramesti, F. (2016). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Pembelajaran membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SD. 2(3), 283–289.

Priyabada, A. D., Huda, C., & Antoko, L. (2024). Analisis Faktor Penghambat Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SD Negeri Sawah Besar 01 Semarang. Journal BIOnatural, 11.

Rizkiana. (2016). Analisis kesulitan membaca permulaan siswa kelas i sd n bangunrejo 2 yogyakarta early reading difficulties analysis of first grade elementary school students in bangunrejo 2. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 34 Tahun Ke-5 2016, 236–251.

Susilawati, G. (2022). FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 28 BENGKULU SELATAN. Universitas Trbiyah Dan Tadris.

Windrawati, W., Solehun, & Gafur, H. (2020). Analisis Faktor Penghambat Belajar Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SD Inpres 141 Matalamagi Kota Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 10–16.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v8i1.36172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.