Pengembangan Bahan Ajar Pada Pembelajaran IPAS Berbasis Problem Based Learning di Kelas IV Sekolah Dasar

Rukiyah Harahap, Eni - Marta

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar IPAS berbasis problem based learning di kelas IV Sekolah Dasar yang valid dan layak. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan menggunakan metode 4-D dengan empat tahap pengembangan, yaitu pendefinisian (difine), Perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket yang di isi oleh tiga validator dan angket kelayakan kepada satu orang guru dan dua puluh satu peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar IPAS berbasis Problem based learning memenuhi kriteria sangat valid dan sangat layak dengan persentase validator ahli media sebesar 97,2%, validator ahli materi sebesar 100%, validator ahli bahasa sebesar 95%, respon guru sebesar 92,5%, respon peserta didik tahap perorangan sebesar 99,1% dan respon peserta didik pada tahap uji coba terbatas sebesar 91,1%. Dari keseluruhan data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa bahan ajar IPAS berbasis problem based learning di kelas IV Sekolah Dasar ini sudah memenuhi kriteria valid dan layak digunakan dalam pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Agus Rustamana, Khansa Hasna Sahl, Delia Ardianti, and Ahmad Hisyam Syauqi Solihin. 2024. “Penelitian Dan Pengembangan (Research & Development) Dalam Pendidikan.” Jurnal Bima : Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra 2 (3): 60–69. https://doi.org/10.61132/bima.v2i3.1014.

Apriyanti, Yoki, Evi Lorita, and Yusuarsono. 2019. “Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Pusat Kesehatan Masyarakat Kembang Sari Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah.” Jurnal Professional FIS UNIVED 6.

Arkadiantika, Irnando, Wanda Ramansyah, Muhamad Afif Effindi, and Prita Dellia. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality Pada Materi Pengenalan Termination Dan Spilicing Fiber Optic.” Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, no. special issue. http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/index.

Hariyanti, Ari. 2020. “Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Kelas X DPIB 1 Di SMK Negeri 2 Ciamis.” Jurnal Diksatrasia 4 (January).

hotimah, husnul. 2020. “Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Edukasi VII.

Lestari, Fida, Sukenda Asep Egok, and Riduan Febriandi. 2020. “Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning Pada Siswa KelasV SD.” Wahana Didaktika 18 (September).

Magdalena, Ina, Tini Sundari, Silvi Nurkamilah, Dinda Ayu Amalia, and Universitas Muhammadiyah Tangerang. 2020. “ANALISIS BAHAN AJAR.” Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial. Vol. 2. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara.

Prawiyogi, Anggy Giri, Tia Latifatu Sadiah, Andri Purwanugraha, and Popy Nur Elisa. 2021. “Penggunaan Media Big Book Untuk Menumbuhkan Minat Membaca Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5 (1): 446–52. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787.

Rahman BP, abd, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, and Yumriani. 2022. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan.” Jurnal.Unismuh.Ac.Id 2 (Jurnal Unismuh). https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul.

Rahmi, Miftahul. 2020. “Pengembangan Bahan Ajar Pada Pembelajaran Tematik Berbasis Problem Based Learning Di Kelas IV Sekolah Dasar Pasir Pangaraian.” Skripsi, Pasir Pangaraian: STKIP Rokania.

Sapitri, Rahma, Zufriadi, and Erlisnawarti. 2024. “Pengembangan LKPD Tari Zapin Tradisional Melayu Riau Pada Pembelajaran SBDP Di Sekolah Dasar.” Journal of Primary Education. Vol. 7.

Susanty, Sri Megawati Oktavia, Mulyadi Mulyadi, and Karnedi Karnedi. 2023. “Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis PBL Untuk Meningkatkan HOTS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 5 (1): 491–99. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4086.

Trivaika, Erga, and Mamok Andri Senubekti. 2022. “Perancangan Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi Berbasis Android.” Jurnal Nuansa Informatika 16 (1). https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom.

Umaroh, umi. 2017. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran IPA Kelas v Di SD Gugus Ki Hajar Dewantara Rembang.” semarang: Universitas Negeri Semarang.

Wahyu Wiguna, I Komang, and Made Adi Nugraha Tristaningrat. 2022. “EdukasI: Jurnal Pendidikan Dasar Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar.” Jurnal Pendidikan Dasar 3 (1): 17–26. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi.

Yuristia, Fatma, Abna Hidayati, and Maistika Ratih. 2022. “Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6 (2): 2400–2409. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2393.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v8i1.36168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.