Pembentukan Karakter Siswa melalui Kurikulum Integral Berbasis Tauhid (KIBT) di SD Alam Ar-Rohmah Malang

Sayyidatul Qory'ah Sayyida

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta bahwa pendidikan karakter di Indonesia belum berhasil. Kenyataan yang terjadi adalah tingkat kriminalitas yang dilakukan oleh anak dibawah umur semakin meningkat, degradasi moral yang terjadi di lingkungan sekolah dasar menandakan bahwa pendidikan karakter belum sepenuhnya berhasil dilaksanakan. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penilitian studi kasus. Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan kemudian analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di SD Alam Ar-Rohmah Malang. Hasil penelitian menunjukkan pembentukan karakter melalui Kurikulum Integral Berbasis Tauhid di SD Alam Arrohmah Malang dengan diterapkan visi misi sekolah yaitu membangun peradaban islam melalui pendidikan integral berbabasis tauhid yang menjadi rujukan umat. Didalamnya beberapa program yang ditemukan dalam program budaya sekolah terkait penguatan karakter yaitu sholat dhuha, dhuhur dan ashar berjamaah, kultum, polisi kecil dan polisi ibadah, murojaah, sholat sunnah rowatib, dzikir petang serta halaqoh bakda jumat. Program-program tersebut dilakukan secara konsisten setiap hari dan sudah menjadi kebiasaan seluruh warga sekolah. Selanjutnya, pelaksanaan dimulai dari kegiatan sholat dhuha dan kultum setiap pagi, sholat dhuhur dan ashar berjamaah ditambah dengan sholat rowatibnya, murojaah, dzikir petang serta halaqoh bakda jumat dan polisi kecil dan polisi ibadah yang merupakan tugas beberapa siswa untuk mengajak dan mendisiplinkan teman-temannya untuk tepat waktu dalam mengerjakan semua program-program yang ada disekolah. Dari penerapan berbagai program berdampak pada sikap disiplin peserta didik. Mereka menjadi memperhatikan ketepatan waktu dalam menjalankan ibadah, bersikap sopan kepada guru dan juga orang tua, hafalan menjadi lebih banyak dan mempunyai semangat dalam menghafal serta paham akan tanggung jawab dirinya sebagai muslim, siswa dan anak.Kata kunci: Pendidikan Karakter, Kurikulum Integral, KIBT

Full Text:

PDF

References


Arsyad. (2017). Meningkatkan Keterampilan Sholat Fardhu dan Baca Al-Qur’an Melalui Metode Tutor Sebaya di SMPN 4 Lima Puluh Kabupaten Batu Bara. Jurnal Ansiru, 1(1).

Azzet, A. M. (2010). Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Ar-Ruzz Media.

Creswell, J. (2009). Research Desain. Pustakan Pelajar.

Hendayani, M. (2019). Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik di Era 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 183. https://doi.org/doi.org/10.36667/jppi.v7i2.368

Maryamah, E. (2016). Pengembangan Budaya Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 2(02).

Moleong, L. J. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Nawabuddin, A. (1991). Teknik Menghafal Al-Qur’an. Sinar Baru.

Piaget, J. (1951). The Origin of Integence In Children. International Universities Press.

Rahim, H. A. (2018). Urgensi Halaqoh dalam Akselerasi Dakwah. Ath-Thariq: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 2(2).

Rukhayati, S. (2020). Strategi Guru PAI dalam Membina Karakter Peserta Didik SMK Al-Falah Salatiga. LP2M IAIN Salatiga.

Sahlan, A. (2010). Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah: Upaya Mengembangkan PAI Dari Teori ke Aksi. UIN Maliki Press.

Subakat, R. (2022). Perencanaan Pembelajaran Model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Program Benih Bangsa. Jurnal As-Salam, 6(1), 36–48.

Sue, C. (2010). Panduan Manajemen Perilaku Siswa. Erlanggga.

Tauhid, P. N., Dalam, D. I., Akhlak, P. A., Berlian, I., Studi, P., Agama, P., & Tarbiyah, F. (2023). Penanaman nilai-nilai tauhid di dalam pembelajaran aqidah akhlak (studi kasus pada madrasah aliyah kampung delima curup timur).

Untung, M. S. (2011). Eksistensi dan Signifikansi Pendidikan Nilai Moral Keagamaan. Redaktur Nadwa Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 12–13.

Uswatun Hasanah, Endang Eko Wati, S. Y. (2024). Pembiasaan Sholat Sunah Rowatib dalam Membangun Karakter Taqwa Santri Putri di Lingkungan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Sidoharjo Jati Agung Lampung Selatan. Journal of Education, 07(01), 4.

Wibowo. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Pustaka Belajar.

Zubaidah, N. (2013, November). 68 Persen Siswa SD Sudah Akses Konten Pornografi. Sindonews.Com.

Zulkarnaini. (2015). Dakwah Islam di Era Modern. Jurnal Dakwah Risalah, 26(3).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v8i1.36138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.