Pengaruh E-Book Berbasis Flipbookmaker Terintegrasi Keyakinan Agama Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Organ Pencernaan Manusia Di Kelas V SDN 36 Banda Aceh
Abstract
Kurangnya penggunaan bahan ajar yang bervariasi, seperti berbasis digital serta hanya berfokus pada improvisasi kecerdasan intelektual tanpa diintegrasikan dengan keyakinan agama membuat siswa tidak memiliki kesadaran penuh untuk mendalami ilmu pengetahuan, sehingga berdampak pada hasil belajar yang diperoleh siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat pengaruh E-book berbasis Flipbookmaker terintegrasi keyakinan agama terhadap hasil belajar siswa pada materi organ pencernaan manusia dikelas V SDN 36 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre Experimental Design dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas V dengan jumlah 31 orang, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, dalam bentuk pretest dan posttest dengan jumlah 20 butir soal pilihan ganda. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan pengujian hipotesis dengan uji paired t-test dengan berbantuan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh nilai signifikansi (1- tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Maka kriteria pengambilan Keputusan yaitu diterima dan ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh e-book berbasis flipbookmaker terintegrasi keyakinan agama terhadap hasil belajar siswa pada materi organ pencernaan manusia.
Full Text:
PDFReferences
Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1) 40.
Amalia, Annisa. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker Untuk Pembelajaran Sistem Pernapasan Manusia Di Kelas V SD Negeri 22 Banda Aceh. [Skripsi, Universitas Syiah Kuala].
Andriani, Adisa., dkk. (2022). Pengaplikasian E-Book Dalam Memperkenalkan Nabi Ulul Azmi Kepada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan. 16(5), 1675-1676.
Andriyani. (2019). Kajian Literatur pada Makanan dalam Perspektif Islam dan Kesehatan. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan. 15(2), 192-194.
Anggita, R., I, T., Sumarni, W., & Utomo, U. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3125-3133.
Awwaliyah, N., (2021). Pengembangan Flipbook Interaktif Berbasis Android Pada Manusia Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Turen Kabupaten Malang. Jurnal Pendidikan Biologi, 12(2), 211-220.
Bengi, Sanisa Huri S. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD Negeri Lampeneurut. [Skripsi, Universitas Syiah Kuala].
Damayanti, Yunita., dkk. (2023). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Berbasis Flipbook Pada Subtema 2 Perubahan Lingkungan. Jurnal Sains Dan Teknologi, 5(2), 626-627.
Dewi, S. Z., & Hilam, I. (2018). Penggunaan TIK Sebagai Sumber Dan Media Pembelajaran Inovatif Di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 48-53.
Dirgantara, Cahya, S, dkk. (2022). Penggunaan E-book APOI “Amazing Prophet Of Islam” untuk Mendidik Karakter pada Anak SD Kelas Atas. Jurnal BASICEDU, 6(3), 3934.
Ghaniem, Amalia Fitri, dkk. (2021). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Jakarta: Pusat Perbukuan dan Kemendikbudristek.
Huda, M. (2022). Integrasi Al-Qur’an dan Sains Taksonomi Pendidikan Untuk Mengenal Allah. Qiro’ah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(!1), 58-68.
Humaira, Erfiani. (2022). Penggunaan Buku Ajar Elektronik (E-Book) Berbasis Flipbook Guna Mendukung Pembelajaran Daring Di Era Digital. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Batch 1, 69.
Irawan, Anandia Syarifah, dkk. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, Anda Create Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di Kelas V SD Negeri 29 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 12(1), 66-81.
Kurniawan, B., Wirhana, O., &Permana, T. (2017). Studi Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif. Jornal Of Mechanical Engineering Education, 4(2), 1-7.
Kusumatuty, Abigail, J. (2018). Penerapan E-Book Dalam Proses Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Applied Research in Higher Education, 5(2), hal 3-4.Lestari, F, D., Ibrahim, M., Ghufron, S., Mariati, P. (2021). Pengaruh Budaya Literasi Terhadap Hasil Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5090-5091.
Lisa, Yasinta & Nelly Wedyawati. (2020). Pengembangan Bahan Ajar E-book Matematika Dasar Berbasis Metakognisi Menggunakan Flipbooknaker Untuk Mahasiswa Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(1),68-79.
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamila, S., Ayu Amalia, D., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 311-326.
Nafiah., dkk. (2023). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Flipbook Dengan Aplikasi Canva Dengan Bagi Guru Sekolah Dasar Di Magetan. Jurnal Indonesia Budaya, 5(1), 102-103.
Nainggolan, Merienta., Darinda, S,T., Ester, J, S. (2021). Pengaruh Model SAVI Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 1(2), 2618.
Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandri, M.(2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265-276.
Nurkhaliza. (2023). Pengaruh Pengintegrasian Keyakinan Agama Dalam Pembelajaran IPA Pada Materi Cahaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Di kElas V SDN 22 Banda Aceh. [Skripsi, Universitas Syiah Kuala].
Panjaitan, Rosi. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Mengembun Dan Menyublim Di Kelas V SD Negeri 27 Banda Aceh. [ Skripsi, Universitas Syiah Kuala].
Ramadhini, Bella Belinda, Esti S., Victor N. 2024. The Effect Of Interest In Learning , Parental Support, And School Environment On Civics Learning Outcomes. Jurnal ICASSE, Vol 1(1), 574-575.
Riswanti, Merita L, Fitria Dwi P. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Flipbook Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Permukaan Bumi Kelas V SDN 4 Purwodadi Kabupaten Grobogan. Jurnal Pendas, 882.
Rohmayanti, PA & Nugrahaningsih, W.H. (2022). Pengembangan E-book Sistem Pernapasan Manusia Berbasis Discoverly Learning Untuk Siswa SMA. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Biologi, 10,165.
Sabrun. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (STAD) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Mts Nurul Wathan Plambik Tahun pelajaran 2017/2018. Jurnal JISIP, Vol 2(3) 268.
Salahuddin, Amar., dkk. (2023). Pengembangan E-book Cerita Bergambar Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Elemen Membaca Berbantukan Flipbookmaker. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidiyah, 6(1), 151.
Sari, L, N., & Bintang, P. (2022). Konsep Sistem Pencernaan Pada Manusia Berdasarkan Al-Qur’an dan Hadist. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran, 3(3), 245-246.
Sari, Ranti Etika., Laila F., Vioni T. (2023). Studi Literatur Tentang Penggunaan Media Web Wordwall Sebagai sarana Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol 2(1), hal 39.
Sari, Yulia, S, dkk. (2022). Universalisme Dunia Metaverse. Tulungagung: Akademia Pustaka.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suratman, Asep, Rifa R., Dadi A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis TIK Terhadap Hasil Belajar Matematika dan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Analisa, Vol 5(1), 45-46.
Nurkhaliza, Tursinawati, Linda Vitoria. (2023). Pengaruh Pengintegrasian Keyakinan Agama Dalam Pembelajaran IPA Pada Materi Cahaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas V SDN 22 Banda Aceh. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 6(4), 1468-1469.
Tursinawati. (2022). Pengintegrasian Hakikat Sains dan Keyakinan Agama dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Pemahaman Hakikat Sains dan Keyakinan Agama. [Disertasi, Universitas Pendidikan Indonesia], Bandung.
Wangsa, D. (2022). Integrasi Ilmu Dalam Pembelajaran. Book Chapter Of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society, 1(1), 167-173.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v8i1.35543
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Terindeks:
Dipublikasikan oleh:

el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.