ANALISIS KONSEPTUAL TENTANG PENERAPAN KURIKULUM KONTEKSTUAL DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini menganalisis penerapan kurikulum kontekstual di sekolah dasar dengan fokus pada strategi implementasi dan tantangan yang dihadapi. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui wawancara mendalam dengan guru-guru sekolah dasar, penelitian ini mengungkapkan bahwa keberhasilan implementasi kurikulum kontekstual bergantung pada kemampuan guru dalam mengintegrasikan pengalaman nyata siswa ke dalam pembelajaran, pemanfaatan teknologi, dan kolaborasi dengan orang tua. Tantangan utama meliputi keterbatasan waktu, sumber daya, dan keterampilan teknologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual berpotensi meningkatkan efektivitas pembelajaran, namun memerlukan dukungan sistematis dari berbagai pemangku kepentingan untuk optimalisasi implementasinya.
Full Text:
PDFReferences
Abdul Rahman, Roselainy, Yudariah Mohammad Yusof, Hamidreza Kashefi, and Sabariah Baharum. 2012. “Developing Mathematical Communication Skills of Engineering Students.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 46:5541–47. doi: 10.1016/j.sbspro.2012.06.472.
Agustin, Geby Tri, and Trisnadi Wijaya. 2023. “Tinjauan Terhadap Strategi Pengembangan Kurikulum Dan Implikasinya Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 5(4):314–22. doi: 10.31004/jpdk.v5i4.17517.
Ahmad, Fadzila Azni. 2012. “Philosophical Underpinnings of Islamic Management Method: Worldview , Epistemology and Ontology.” International Journal of Humanities and Social Science 2(20):150–61.
Amalia, Friska, and Lutfi Asyari. 2023. “Analisis Perubahan Kurikulum Di Indonesia Dan Pengembangan Pendekatan Undertanding By Design.” CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 03(01):65–72.
Amanulloh, Mochammad Ja’far Amri, and Nur Fathiya Warda Wasila. 2024. “Implementasi Dan Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Mewujudkan Pendidikan Berkualitas.” Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia 4(1):33–58.
Andi Nur, Asnani Nasmin, M. U. H. Yusran, S. T. Azisah, and M. O. H. Wayong. 2024. “Jenis-Jenis Kurikulum Dari Berbagai Sudut Pandang.” Educational Leadership 4(1):100–115.
Dharmayanti, Luhanda, Iman Arief Munandar, and Ronny Mugara. 2019. “Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas IV.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 4(3):79–90.
Fauziah, Muna, and Chuswatun Chasanah. 2021. “Model Dan Pengembangan Kurikulum Sekolah Dasar Alam Lukulo Kebumen.” Pp. 282–301 in Seminar Nasional PGMI SEMAI. Vol. 1.
Ferdinan, Ferdinan. 2023. “Implementasi Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik Di MTs Muhammadiyah Datarang Kabupaten Gowa.” Journal on Education 6(1):8577–90.
Ghozil Aulia, Muhammad, Mohamad Agung Rokhimawan, and Jauharotun Nafiisah. 2022. “Desain Pengembangan Kurikulum Dan Implementasinya Untuk Program Pendidikan Agama Islam.” Journal of Education and Teaching (JET) 3(2):224–46. doi: 10.51454/jet.v3i2.184.
Hanapi, Mohd Shukri. 2013. “The Conceptual Elements of the Development Worldview in the Qur’an: A Study of Thematic Exegesis.” American International Journal of Social Science 2(3):40–55.
Ida mutiawati, Ida mutiawati. 2023. “Konsep Dan Implementasi Pendekatan Kontekstual Dalam Proses Pembelajaran.” Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 13(1):80. doi: 10.22373/jm.v13i1.18099.
Ismiatun, Siti Rahma, Neliwati Neliwati, and Budi Setiawan Ginting. 2022. “Implementasi Manajemen Kurikulum Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(1):965–69. doi: 10.31004/basicedu.v6i1.2102.
Kotten, Natsir B. 2023. “Strategi Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Di Sekolah Dasar Inpres 16 Ende.” Ekspetasi: Jurnal Pendidikan Ekonomi 8(2).
Masdiono. 2019. “Desain Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dasar.” 1(1):44–53.
Miles, Matthew, Michael Huberman, and Johny Saldana. 2014. Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. USA.
Mubarak, Ruma. 2016. “Pengembangan Kurikulum Sekolah Dasar.” Madrasah 6(2):24. doi: 10.18860/jt.v6i2.3295.
Nazri, Elfin, Azmar Azmar, and Neliwati Neliwati. 2022. “Komponen-Komponen Kurikulum Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4(1):1289–98. doi: 10.31004/edukatif.v4i1.2160.
Nurhalimah, Nurhalimah. 2020. “Telaah Komponen Dan Pendekatan Pengembangan Kurikulum.” Islamika 11(2):65–90. doi: 10.33592/islamika.v11i2.433.
Nuryana, Ari, Asep Hernawan, and Adang Hambali. 2021. “PERBEDAAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN PENDEKATAN TRADISIONAL DAN PENERAPANNYA DI KELAS (Analisis Pendekatan Pembelajaran PAI).” Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI) 1(1):39–49. doi: 10.15575/jipai.v1i1.10544.
Pangestu, Deviyanti, Tegar Pambudhi, and Maman Surahman. 2021. “Studi Evaluatif Relevansi Model Pengembangan Kurikulum PGSD Dengan Kurikulum SD Di Bandar Lampung.” Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan 1(2):88–100. doi: 10.23960/jiip.v1i2.18027.
Prasetyo, Arif Rahman, and Tasman Hamami. 2020. “Prinsip-Prinsip Dalam Pengembangan Kurikulum.” Palapa 8(1):42–55. doi: 10.36088/palapa.v8i1.692.
Puspita, I, M, A. 2018. “Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontekstual Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di SDN I Campurdarat.” Journal Stkipp Gritrenggalek 4(1):33–43.
Qodariyah, Anin Lailatul, and Martin Rizaldi. 2021. “Analisis Pembelajaran Sejarah Pada Kurikulum 2013 Dengan Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual.” Chronologia 2(3):30–38. doi: 10.22236/jhe.v2i3.6439.
Rafi, Ahmad, Uddin Haq, Tri Prasetyo Utomo, Dosen Pengembangan Kurikulum, Universitas Islam, and Tribakti Lirboyo. 2024. “PENDIDIKAN DASAR.” Sirajuddin: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam 3(2):1–11.
Ramadhani, Nurul, and Andi Prastowo. 2024. “Desain Pengembangan Kurikulum Untuk Memproses Pembelajaran Yang Berkualitas Di Sekolah Dasar.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 13(3):3769–84.
Rohim, Muhammad, Sudadi, and Akhmad Muadin. 2023. “Ganti Menteri Ganti Kurikulum ".” Jurnal Pendas Mahakam 8(December).
Romli, Sekolah. 2022. “Model Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching Learning) Pada Pelajaran PAI Sebagai Salah Satu Inovasi.” Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan 08(02):2614–0217. doi: 10.32923/edugama.v8i2.2590.
Rouf, Muhammad, Akhmad Said, and Dedi Eko Riyadi. 2020. “Pengembangan Kurikulum Sekolah, Konsep, Model, Dan Implementasi.” Al Ibrah 5(2).
Sukino, Sukino. 2023. “Pengembangan Kurikulum Dan Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kontekstual.” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 8(1):1. doi: 10.29240/belajea.v8i1.6597.
Triwidayati, Katarina Retno. 2018. “Pelakksanaan Kurikulum Di Sekolah Dasar Milik Yayasan Xaverius Palembang.” SCHOLASTICA JOURNAL JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DAN PENDIDIKAN DASAR (Kajian Teori Dan Hasil Penelitian) 1(1):23–32. doi: 10.31851/scholastica.v1i1.2151.
Wahyu Angggriyani, Farida Catur. 2021. “Pendekatan Kontekstual Dalam Kegiatan Belajar Mengajar.” Al-Rabwah 14(01):19–38. doi: 10.55799/jalr.v14i01.42.
Wiwik Damayanti, Mega Fitri, Muhammad Idris, Nelson, and Ngadri. 2024. “Konsep Pendekatan Pengembangan Kurikulum.” Journal of International Multidisciplinary Research 2(5):434–42. doi: 10.62504/jimr501.
Yuliani. 2022. “Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum.” Adiba: Journal of Education 2(2).
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v8i1.34780
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Terindeks:
Dipublikasikan oleh:

el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.