Penerapan Metode Copy the Master dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 007 Sungai Lipai Kecamatan Gunung Sahilan Kabupaten Kampar

ulfa utari, herlina -, Syarifuddin -, Susiba -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis cerpen melalui metode copy the master pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 007 Sungai Lipai Kecamatan Gunung Sahilan Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis cerpen di antaranya siswa kesulitan menemukan ide dan siswa kurang mampu mengembangkan alur. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah metode copy the master dan keterampilan menulis cerpen siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil analisis data penelitian bahwa penerapan metode copy the master dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa. Hal ini dapat diketahui di mana sebelum tindakan perbaikan dilakukan, nilai rata-rata siswa dalam menulis cerpen hanya mencapai 39,1 dengan kategori tidak baik. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melalui metode copy the master pada siklus I nilai rata-rata siswa dalam menulis cerpen meningkat menjadi 60,5 dengan kategori kurang baik. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata menulis cerpen siswa meningkat menjadi 83,3 dengan kategori baik. Berdasarkan hal tersebut disimpulkan bahwa metode copy the master dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 007 Sungai Lipai Kecamatan Gunung Sahilan Kabupaten Kampar.

Full Text:

PDF

References


Achmad, Hudri. "Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita

Pendek Bahasa Inggris di SMAN 3 Mataram." Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian

dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran 4.1 (2018)

Aeni, Eli Syarifah, Woro Wuryani, dan Yeni Rostikawati. "Penerapan metode Copy the master pada

pembelajaran menulis teks argumentasi untuk meningkatkan kreativitas menulis

mahasiswa." Diglosia–Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia 3.2 (2019)

Agustin, T., & Dkk. Kita Menulis: Merdeka Menulis. Yayasan Kita Menulis.(2020).

Aminatun. “Penerapan Metode Copy the master dengan Strategi 3M Berbantuan Media Jobsheet

untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mencipta Desain Motif Sulaman Fantasi di SMK

Negeri 3 Klaten”, (Yogyakarta: UNY, 2014).

Budiyono. “Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Siswa melalui Metode Copy the master Kelas

IV SD Negeri Cepoko 1 Ngrambe Ngawi”, NOSI (Jurnal Ilmiah Program Magister

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Program Pascasarjana Universitas Islam Malang). Volume

, Nomor 2, Agustus (2013).

Dr. Haslinda, S.Pd., M.Pd. Kajian Apresiasi Prosa Fiksi Berbasis Kearifan Lokal Makassar, (Makassar:

LPP Unismuh Makassar, 2019).

Enre fachrudin. Dasar dasar ketrampilan menulis. (Jakarta: Kanisius,1988).

Hartono, Statistik untuk Penelitian, (Yogyakarta: Pustaka Belajar,2012).

Hastuti, Sri. Tulis Menulis. (Yogyakarta: Penerbit Lukman, 1982).

Hayati, A. Pengaruh Metode Copy the master terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek oleh

Siswa Kelas X SMA Nusantara Lubukpakam T 2012/2013. Basastra, 1(3). (2013).

Hermawati, Retno. Penerapan metode peta pikiran (mind mapping) untuk meningkatkan

keterampilan menulis cerita pendek pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah Salatiga.

Diss. UNS (Sebelas Maret University), (2009).

Kette, E. S. S., Pratiwi, Y., & Sunoto, S. Pengembangan Bahan Pelatihan Menulis Cerita Pendek

Bermuatan Nilai Karakter untuk Guru SMP Negeri Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SeKota Kupang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4) (2016).

Kusmayadi, Ismail. Lebih Dekat dengan Cerpen. (Jakarta : Trias Yoga Kreasindo, 2010).

Laila, Najmi. Penggunaan Metode Copy the master dalam Pembelajaran Menulis Karangan Narasi Siswa

Kelas VII MTSN 1 Kota Tangerang. BS thesis. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah

Jakarta, (2018).

Marahimin, Ismail. Menulis Secara Populer.(Jakarta: Pustaka Jaya, 2004).

Ningrum, Muliadi, & Rabiah, Sitti. “Model Konstruktivistik Terhadap Peningkatan

Kemampuan Menulis Teks Ceramah Siswa”. Journal of Language and Literature, 2(2), (2022).

Noprina, Winda. Mudah Menulis Cerita Pendek. (Gresik: Thalibul Ilmi Publishing & Education,

.

Nursalim dan Samsi Hasan, Bahasa Indonesia (Pekanbaru: Tampan, 2014).

Nusrah, Nusrah, Sitti Rahmawati, dan Andi Puspitasari Puspitasari. "Penerapan Metode Copy the

master dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 2

Bantaeng." Innovative: Journal Of Social Science Research 3.2 (2023)

Rahmani, Q. A. Rancang dan bangun aplikasi stock menggunakan metode fifo di pt. Cwt

commodities services. Pancabudi. (2021).

Saifudin, Fakhrur. “Strategi Pembelajaran Keterampilan Menulis Narasi dengan Teknik Urai

Ruang Waktu (URW) di Kelas III Sekolah Dasar”. Profesi Pendidikan Dasar . vol. 2, No. 2,

(Desember 2015).

Sanjaya, Wina Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta: Kencana, 2016).

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. (Jakarta: Kencana

Prenadamedia Group.2006).

Sari, Erut Pita, James Marudut, And Irfan Johari. "Penerapan Metode Copy the master Modifikasi

dalam Meningkatkan Pembelajaran Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1

Lawe Alas Tahun Pembelajaran 2021/2022." Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan

Pengajaran 2.1 (2023)

Semi, Atar. Anatomi Sastra. (Padang: FBSS UNP, 1994).

Septeria Et Al. “Pengaruh Metode Copy the master terhadap Kemampuan Menulis Cerpen

Berbentuk Wag Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Kota Sukabumi”. Jurnal Ilmiah Bahasa

dan Sastra, 4(1). (2020).

Sinaga, Andin Nur. Pengaruh Metode Pembelajaran Copy the master terhadap Kemampuan

Menulis Cerpen oleh Siswa Kelas X Sma Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran

/2014. Diss. Unimed, (2014).

Sudjana, Nana. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v7i2.33251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.