Penanaman Nilai-Nilai Keagamaan Melalui Ekstrakulikuler Kesenian Hadrah Di Mi Al-Jabbar

fadhilatun Ni'mah, mohammad salik

Abstract


Hadrah merupakan kesenian lokal yang memiliki peran penting dalam dakwah islam. Peran ektrakulikuler hadrah dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan yang merupakan tujuan dari penelitian ini, di MI Al-Jabbar. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif fenomenologi. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu penanaman nilai-nilai keagamaan berupa nilai religius yang diungkapkan melalui pembiasaan berdoa, dan nilai akhlak yang ditampilkan melalui pembiasaan sikap sholat lima waktu. Kesimpulannya, kegiatan hadrah menjadi solusi dalam menanamkan nilai keagamaan utamanya dalam hal religius dan akhlak, ditengah maraknya budaya negative yang beredar disekitar siswa. Nilai keagamaan yang ditanamkan pada ektrakulikuler hadrah yaitu nilai religius dan nilai akhlak. Nilai religius diimplementasikan melalui pembiasaan membaca doa sebelum dan sesudah kegiatan, pembiasaan kalimat tayyibah, ikut berpartisipasi dalam kegiatan hari besar seperti isra’ miraj. Sedangkan dalam nilai akhlak diimplementasikan melalui pembiasaan sholat dhuha dan sholat dhuhur secara berjama’ah.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v7i2.31836

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.