Implementasi Projek P5 Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Terhadap Di Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi projek P5 Tema Gaya Hidup Berkelanjutan di MI. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif, dengan menggunakan wawancara, dokumentasi dan angket. Serta analisis data menggunakan triangulasi teknik, sumber dan data. Didapatkan hasil dari kegiatan P5 Tema Gaya Hidup Berkelanjutan dilakukan dengan tahapan pembentukan tim atau petugas fasilitator projek P5, tahapan identifikasi kesiapan sekolah, tahapan menentukan tema umum P5, tahapan menentukan topik khusus dan spesifik, serta tahapan untuk merancang modul projek P5. Adapun kegiatan yang muncul dalam proses implementasi P5 di MI tersebut yakni : 1) Bertanggung jawab pada konsumsi energi (pengenalan mengenai bagaimana hemat konsumsi energi dalam kehidupan sehari-hari seperti air, listrik d.l.l serta kegiatan berkunjung salah satu sekolah SMK yang berkonsentrasi tentang pertanian dan pengolahan hasil makanan, serta pembiasaan hidup sehat dengan berolahraga); 2) Mengonsumsi makanan organic (yakni sayur-sayuran serta makanan yang sehat yang juga dijual ketika gelar karya market day berupa sayur-sayuran dan makanan sehat hasil kolaborasi kelas dan wali murid); 3) Mendaur ulang botol bekas sebagai media untuk kegiatan menanam; 4) Saling berbagi mengenai gaya hidup berkelanjutan pada teman sejawat (dengan kegiatan diskusi dikelas maupun diluar kelas mengenai gaya hidup sehat, yakni makanan sehat dan badan yang sehat).
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v7i2.31506
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Terindeks:
Dipublikasikan oleh:
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.