Implementasi Projek P5 Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Terhadap di Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi projek P5 Tema Gaya Hidup Berkelanjutan di MI. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif, dengan menggunakan wawancara, dokumentasi dan angket. Serta analisis data menggunakan triangulasi teknik, sumber dan data. Didapatkan hasil dari kegiatan P5 Tema Gaya Hidup Berkelanjutan dilakukan dengan tahapan pembentukan tim atau petugas fasilitator projek P5, tahapan identifikasi kesiapan sekolah, tahapan menentukan tema umum P5, tahapan menentukan topik khusus dan spesifik, serta tahapan untuk merancang modul projek P5. Adapun kegiatan yang muncul dalam proses implementasi P5 di MI tersebut yakni : 1) Bertanggung jawab pada konsumsi energi (pengenalan mengenai bagaimana hemat konsumsi energi dalam kehidupan sehari-hari seperti air, listrik d.l.l serta kegiatan berkunjung salah satu sekolah SMK yang berkonsentrasi tentang pertanian dan pengolahan hasil makanan, serta pembiasaan hidup sehat dengan berolahraga); 2) Mengonsumsi makanan organic (yakni sayur-sayuran serta makanan yang sehat yang juga dijual ketika gelar karya market day berupa sayur-sayuran dan makanan sehat hasil kolaborasi kelas dan wali murid); 3) Mendaur ulang botol bekas sebagai media untuk kegiatan menanam; 4) Saling berbagi mengenai gaya hidup berkelanjutan pada teman sejawat (dengan kegiatan diskusi dikelas maupun diluar kelas mengenai gaya hidup sehat, yakni makanan sehat dan badan yang sehat).
Full Text:
PDFReferences
Annur, Saipul. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan. Palembang: Noerfikri.
Eko Susilo, Madyo, dkk. (1990). Dasar-dasar Pendidikan. Semarang : Effhar Publishing.
Hardiansyah, R. R., & Pradana, R. Y. (2019). Dinamika perubahan kurikulum di indonesia. seminar nasional-jurusan administrasi pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Hidayati, Arina. Implementasi P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Di Mi Ikhlasiyah Palembang. JMPAI: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam. Vol.2, No.3 Mei 2024.
Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2020). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1).
Madhakomala, Kurikulum Merdeka dalam Prespesktif Pemikiran Pendidikan Paulo Freire. Jurnal Pendidikan, Vol.8 No.2 (2022).
Maulida, Utami, D.K.K, Gaya Hidup Berkelanjutan Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar.
Moleong, Lexy J. 2019. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Remaja Rosda Karya.
Nurhayati, d.k.k. Sustainable Life Style Masyarakat Perkotaan (Studi Tentang Gaya Hidup Berkelanjutan Masyarakat Perkotaan di Riau). Jurnal Sorot. Volume 11, Nomor 2, Oktober 2016.
Okpatrioka, d.k.k. Inovasi Penanaman Karakter Gotong Royong Berbasis Penguatan Profil Pelajar Pancasila(P5) pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal GARUDA: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Filsafat. Vol. 1. No. 3. 2023.
Permendikbudristek No. 12 tahun 2024 tentang Kurikulum pada PAUD, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Menengah.
Ratri Widya, Nabila d.k.k, Astuti Analisis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SD. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol.7. No. 3 (2023).
Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Tumembouw, Clowdy, 2023, Apa Itu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, https://bgpsulawesiutara.kemdikbud.go.id/2023/03/10/apa-itu-projek-penguatan-profil- pelajar-pancasila/ Diakses pada 20 Januari 2024
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v7i2.31506
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Terindeks:
Dipublikasikan oleh:

el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. situs toto togel toto