Pengaruh Model Guided Discovery Learning Terhadap Pemecahan Masalah Matematis Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Zulfia Listiawani Tia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided discovery learning terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 01 Kandis yang terdiri dari kelas V B dan VC, dimana kelas V C menjadi kelas eksperimen dan kelas V B menjadi kelas kontrol yang dilakukan dengan menggunakan tes. Hasil pengujian statistik untuk data kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol dengan menggunakan uji t sebagai uji hipotesis, yaitu hasil t hitung > t tabel dimana t hitung = 1,45 dan t tabel=1,05 dengan taraf signifikansi 5%. Sedangkan untuk data motivasi belajar pada taraf signifikansi 𝛼 = 0,05 diperoleh thitung sebesar 5,72 dengan nilai signifikansi 0,000 sedangkan ttabel sebesar 4,45. Karena thitung > ttabel (5,72 > 4,45) dan signifikansi < 0,05 (0,000< 0,05) sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model guided discovery learning terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar matematika siswa.

Kata Kunci: Model guided discovery learning, motivasi belajar, pemecahan masalah


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, R., & Kadarisma, G. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Smp Kelas VII Pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1072–1082. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.334

Arifin, S., Kartono, K., & Hidayah, I. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Model Problem Based Learning Disertai Remedial Teaching. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 8(1), 85–97. https://doi.org/10.24235/eduma.v8i1.3355

BSNP. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar SMA/MA. BSNP.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Perkembangan. PT Rineka Cipta.

Eka, F., Joko, S. A., & Arinta, R. K. (2022). PENGARUH MODEL IMPROVE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika (JMPM), 4, 2.

Fitria, A. C., Sulistyaningsih, D., & Prihaswati, M. (2014). Keefektifan Metode Guide ddiscovery Learning Bernuansa Multiple Intelligences Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 1(2), 1–6. http://jurnal.unimus.ac.id

Krismony, N. P. A., Parmiti, D. P., & Japa, I. G. N. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Mengukur Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 249. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28264

Meyanti, R., Bahari, Y., & Salim, I. (2019). Optimalisasi Minat Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Solving. Proceedings International Conference on Teaching and Education (ICoTE), 2(2), 262. https://doi.org/10.26418/icote.v2i2.38239

Mulyati, T. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 1–20.

Natallia, D., Yasin, M., & B, A. (2020). Penerapan Model Guided Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi IPA di Kelas V SD Negeri 11 Konda. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar Volume, 2, 51–62.

Nurhasanah, D. S., & Luritawaty, I. P. (2021). Model Pembelajaran REACT Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 71–82. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1027

Nurrahman, A., Caswita, & Sutiarso, S. (2017). Pengembangan Lkpd Dengan Menggunakan Model Penemuan Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 5(11).

Safitri, A. O., Handayani, P. A., & Yunianti, V. D. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9106–9114.

Sapoetra, B. P., & Hardini, A. T. A. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1044–1051. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.503

Susilwaty, E. (2022). Efektivitas Penggunaan Model Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Dengan Memanfaatkan Software Geogebra Pada Mahasiswa Stkip Budidaya Binjai. Jurnal Serunai Matematika, 14(1), 06–14. https://doi.org/10.37755/jsm.v14i1.556

Wayan, N. A., & Rini Purwati, N. K. (2020). Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Karakteristik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Emasains, IX(1), 1–8.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v7i2.30855

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.