Penerapan Strategi Pembelajaraan Kooperatif Tipe Snowball Drilling untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Sekolah dasar

susiba -, Herlina -, Syarifuddin -, Anggraini Rahmita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa pada muatan pelajaran IPA melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Drilling di kelas V SD IT Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang subjeknya adalah seorang guru dan 28 orang siswa kelas V SD IT Darul Hikmah. Objeknya adalah Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Drilling dan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Pengumpulan data dilakukan melalui melalui Teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Sementara analisis datanya menggunakan Teknik deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Drilling dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Hal tersebut tergambar dari grafik hasil belajar mereka, dimana nilai rata-rata tes pemahaman konsep siswa sebelum tindakan hanya mencapai 54,08 atau tergolong “pemahaman kurang”. Setelah menerapkan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Drilling pada siklus I pemahaman konsep siswa meningkat dengan rata-rata 60,84 atau tergolong “pemahaman cukup”. Pada siklus II pemahaman konsep siswa meningkat dengan rata-rata 79,33 atau tergolong “pemahaman baik”.

Full Text:

PDF

References


Abd Rahman, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, Yumriani, Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-unsur Pendidikan, (Jurnal Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam) Volume 2, Nomor 1, Juni 2022, ISSN: 2775-4855.

Agung Cipto Pratomo, “Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Snowball Drilling Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sistem Pemindah Tenaga Kompetensi Memelihara Tranmisi Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan Smk Negeri 1 Gantiwarno, Klaten Tahun Ajaran 2010/2011”, Skripsi, (Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2011).

Ahmad Tafsir, Pendidikan Agama dalam Keluarga, (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2002)

Anderson L. W. & Kratwohl. Kerangka Pembelajaran Untuk Pembelajaran, dan Asesmen, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010).

Dede Salim Nahdi, Devi Afriyuni Yolanda, dan Nurul Fauziah Agustin, Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA (Jurnal Cakrawala Pendas) Vol. 4 No. 2 Edisi Juli 2018.

Dewi Agus Triani, Implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif, (Jurnal: P- ISSN: 1978-6948 e-ISSN: 2502-8650, Vol. 10 No. 2 Juli 2016).

Dwi Yanto, Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Drilling Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Antropologi Siswa Kelas XI Bahasa SMAN 1 Tawangsari Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014, (Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Juli 2014).

Erfi Irhamni, “Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Islamic Centre Al-Hidayah Kampar”, (Pekanbaru: Universitas Islam Sultan Syarif Kasim Riau, 2014).

Etin Sholihatin, Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS, (Jakarta: Bumi Aksara, 2007).

Hamalik, Oemar. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011).

Hudoyo. Pengembangan Kurikulum dan Pelaksanaannya di Depan Kelas, (Surabaya: Usaha Nasional, 2010).

Makki, Ismail dan Aflahah, Konsep Belajar dan Pembelajaran (Pemekasan: Duta Media, 2019).

Mimi Hariyani, “Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Menggunakan Modul Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa PGMI Pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran MI/SD”, (Pekanbaru: CV Mulia Indah Kemala, 2014).

Nurhadi, Pembelajaran Konstekstual dan Penerapannya dalam KBK, (Malang: Universitas Negeri Malang, 2003).

Prastowo, Andi. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, (Yogyakarta: Diva Press, 2013).

Purnama, N. I., Kusmayadi, T. A., dan Usodo, B. Ekperimentasi Model Jigsaw Snowball Drilling dan Peer Tutoting Snowball Drilling pada Materi Pokok Tabung, Kerucut, dan Bola Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. (Jurnal Elekteronik Pembelajaran Matematika. Vol. 2, No. 1, ISSN:2339- 1685, Tahun 2014).

Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010).

Reni Liyanti, Pengaruh Metode Snowball Drilling Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA Negeri 1 Belitung, (Skripsi, Palembang: UIN Raden Fatah, 2018).

Robyn M. Gillies, Cooperative Learning: Integrating theory and Practice, (Amerika: Sage Publications, 2007)

Sagala, Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajaran, (Bandung: Penerbit Afabeta, 2014).

Silberman, Melvin L. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif, (Bandung: Penerbit Nuansa Cendekia, 2009).

Reni Liyanti, Pengaruh Metode Snowball Drilling Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA Negeri 1 Belitung, (Skripsi, Palembang: UIN Raden Fatah, 2018)




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v7i1.30717

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.