Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning di Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
References
Gulo, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 334–341.
Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.
Jakni. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Alfabeta.
Kartikasari, A. D. (2022). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mapel Ipa Materi Perubahan Wujud Benda. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(1), 57–66. https://doi.org/10.30762/sittah.v1i1.2074
Kristiana, T. F., & Radia, E. H. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 818–826. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.828
Kusuma, Y. Y. (2021). Peningkatan Hasil Belajar SIswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1460–1467. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.753
Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran IPA Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 168–174. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333
Mirdad, J. (2020). Model-Model Pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran). Jurnal Sakinah, 2(1), 14–23.
Nugroho, I., & Imron, I. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Pada Keterampilan Proses Dan Karakter Islami Peserta Didik Dalam Pembelajaran Sains di Madrasah Ibtidaiyah. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(2), 130. https://doi.org/10.24252/auladuna.v6i2a3.2019
Prananda, G., Saputra, R., & Ricky, Z. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Media Lagu Anak Dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Ika: Ikatan Alumni PGSD UNARS, 8(2), 304–314.
Purnamawanti, C., Suliswiyadi, S., & Nugroho, I. (2018). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Kelas Terhadap Hasil Belajar IPA di MI Muhammadiyah Kalibanger Kabupaten Temanggung. Jurnal Tarbiyatuna, 9(1), 33–40.
Safrida, M., & Kistian, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri Peureumeue Kecamatan Kaway XVI. Bina Gogik, 7(1), 53–65.
Setyowanti, W. (n.d.). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Tandun. El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 6(2), 242–247.
Wibowo, W. A., & Wuryandani, W. (2020). The Impovement of Students’ Self-Confidence Though Problem Based Learning Implementation. Proceedings of the 4th International Conference on Learning Innovation and Quality Education, 1–6.
Yolanda, Y. (2018). Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learniing (Pbl) Di Sekolah Dasar. PAKAR Pendidikan, 16(2), 29–39. https://doi.org/10.24036/pakar.v16i2.43
Yuliani, S. H., Prasetyo, T., & Mawardini, A. (2022). Pengaruh Metode Mind Mapping Pada Daur Hidup Di Kelas Empat. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(1), 31–44. https://doi.org/10.30762/sittah.v1i1.2071
Yulistiana, & Setyawan, A. (2020). Analisis Pemecahan Masalah Pembelajaran IPA menggunakan Model Problem Based Learning SDN Banyujuah 9. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 590–597.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v7i2.29847
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Terindeks:
Dipublikasikan oleh:
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.