Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Tari Zapin Tradisional Melayu Riau Pada Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya
Rahma Sapitri, Zufriadi -
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar LKPD pembelajarann Seni Budaya dan Prakarya tari zapin tradisional Melayu Riau yang valid dan layak. Penelitian yang dilakukan aalah jenis penelitian pengembangan menggunakan metode 4-D dengan empat tahap pengembangan, yaitu pendefinisian (difine), perancangan (design). Pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Pengumpulan data menggunakan validasi angket kepada tiga validator dan angket kelayakan kepada satu orang guru dan dua puluh dua peserta didik. Teknik analisis data berupa data kuantitatif yang berasal dari perhitungan validasi skor penelitian dan lembar angket respon guru an peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa LKPD pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya tari zapin tradisional Melayu Riau berbasis kearifan lokal memenuhi kriteria sangat valid dan sangat layak dengan presentase validator ahli media sebesar 93%, validator ahli materi sebesar 75%, validator ahli bahasa sebesar 82%, respon guru sebesar 96%, respon peserta didik tahap one to one sebesar 95%, dan respon peserta didik tahp uji coba terbatas sebesar 91%