Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Tari Zapin Tradisional Melayu Riau Pada Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya

Rahma Sapitri

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar LKPD pembelajarann
Seni Budaya dan Prakarya tari zapin tradisional Melayu Riau yang valid dan layak. Penelitian
yang dilakukan aalah jenis penelitian pengembangan menggunakan metode 4-D dengan empat
tahap pengembangan, yaitu pendefinisian (difine), perancangan (design). Pengembangan
(development), dan penyebaran (disseminate). Pengumpulan data menggunakan validasi angket
kepada tiga validator dan angket kelayakan kepada satu orang guru dan dua puluh dua peserta
didik. Teknik analisis data berupa data kuantitatif yang berasal dari perhitungan validasi skor
penelitian dan lembar angket respon guru an peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa
LKPD pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya tari zapin tradisional Melayu Riau berbasis
kearifan lokal memenuhi kriteria sangat valid dan sangat layak dengan presentase validator ahli
media sebesar 93%, validator ahli materi sebesar 75%, validator ahli bahasa sebesar 82%, respon
guru sebesar 96%, respon peserta didik tahap one to one sebesar 95%, dan respon peserta didik
tahp uji coba terbatas sebesar 91%




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v7i2.29584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.