Penerapan Model Student Facilitator and Explaining untuk Meningkatkan Percaya Diri pada Muatan Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru

wulan kurnia sari, Herlina -, Syarifuddin -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan percaya diri pada muatan pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru melalui model student facilitator and explaining. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 28 siswa. Objek penelitian ini adalah model student facilitator and explaining dan percaya diri siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model student facilitator and explaining dapat meningkatkan percaya diri siswa. Hal ini diketahui sebelum tindakan percaya diri siswa diperoleh dengan rata-rata persentase 55.3% berada pada kategori “Kurang Baik”. Pada siklus I diperoleh percaya diri siswa dengan rata-rata persentase 70.3% berada pada kategori “Kurang Baik”. Pada siklus II diperoleh percaya diri siswa dengan rata-rata persentase 85.2% berada pada kategori “Baik”. Atinya percaya diri siswa sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model student facilitator and explaining dapat meningkatkan percaya diri siswa pada muatan pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru.

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.Adam dan Mbirimujo. (1990). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.Agus Saifuddin, dkk. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) Dengan Menggunakan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Lintas Minat Ekonomi Di SMA Negeri 02 Batu. Vol 8. No 1.Agus Suprijono. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Puataka Belajar.Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.Alfitri Asmaul Husna. (2012). Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Teknik Diskusi Kelompok Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Talangpadang Tahun Pelajaran 2011/2012. Lampung: FKIP Universitas Lampung.Anas Sudijono. (2018). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Wali Pers.Aris Shoimin. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2913. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.Aya Mamlu’ah. (2019). Konsep Percaya Diri Dalam Al-Qur’an Surat Ali Imran Ayat 139. Vol 01. No 01.Bardanius Gapi. (2015). Membangun Percaya Diri Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Prosiding Seminar Nasional.Centi P.J. (1995). Mengapa Rendah Diri. Yogyakarta: Kanisius 1995.Dendi Indra Rosidin. Pengembangan Self Confidence pada Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar.Drs. H. Enang Sudrajat. (2007). Al-Quran Tajwid dan Terjemahan dengan Asbabun Nuzul dan Hadits Sahih. Bandung: PT Sygma Examedia Arkanleema.Elaine Campbell. (2015). Student as Facilitators: an Evaluation of Student-led group work, Practitioner Research in Higher Educatio. Vol 9. No 1.Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. (2015). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bisnis dan Manajemen. Malang: Surya Pena Gemilang.Ghufron Nur dan Risnawati Rini. (2011). Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.Mardia Hayati dan Nurhasnawati. (2014). Desain Pembelajaran. Pekanbaru: CV Mutiara Pesisir Sumatra.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v7i1.29420

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.