Pengembangan Soal Tes Pemahaman Konsep Zat Tunggal dan Campuran untuk Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian bermaksud mengembangkan instrumen tes merupakan topik yang hangat untuk diteliti. Tes memiliki peranan penting untuk mengukur kemampuan siswa. Berdasarkan riset penulis terdapat beberapa penelitian yang mengembangkan instrumen pemahaman konsep untuk berbagai topik Ilmu Pengetahuan Alam dan berbagai jenjang pendidikan. Namun belum ada penelitian yang mengembangkan instrumen tes pemahaman konsep zat tunggal dan campuran untuk siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah instrumen tes pemehaman konsep yang dapat diguankana untuk mengukur sejauh mana tingkat pemahaman konsep siswa khusunya pada materi zat tunggal dan campuran. Proses pengembangan soal ini dimualia dengan selfevaluation, prototyping dan Field test. Proses penilaian oleh validator pakar dan guru meunjukkan isntrumen layak untuk digunakan. Sementara hasil uji coba menunjukkan terdapat 12 butir soal valid dengan tingkat reliabilitas 0,864. Komposisi soal terdiri dari 3 soal mudah, 7 soal sedang dan 2 soal sukar.
Full Text:
PDFReferences
Amini, R., & Saniyah, S. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Picture And Picture di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 835–841. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.769
Aningsih, & Sarah Agustina, S. (2021). Model Picture And Picture Sebagai Solusi Untuk Mneingkatkan Pemahaman Konsep Pada Mata Pelajaran IPA Materi Siklus Air Siswa Sekolah Dasar. PEDAGOGIK, IX(1), 34–42. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results
Aras, N. F., Lestari, M., Hidayat, A., Rahayu, S., & Agus, A. (2021). Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Melalui Inkuiri Terbimbing di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 943–951. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.850
Ayu Yunita, K., Suadyana, I. ngenah, & Manuaba, I. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 1(1), 70–78. https://doi.org/10.23887/ijerr.v1i1.14625
Azzahra, N., Pratomo, S., & Sumiati, T. (2019). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 14(2), 109–116. https://doi.org/10.17509/md.v14i2.14329
Barkah, E. a. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Ipa Siswa Kelas Iv Sdn. Berajah Jurnal, 2(2), 287–292.
Docktor, J. L., & Mestre, J. P. (2014). Synthesis of discipline-based education research in physics. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 10(2), 1–58. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.10.020119
Fitriana, A. W., & Yuberti, Y. (2019). Pembelajaran Fisika Berbasis PEO (Predict-Observe-Explain) Menggunakan Metode Eksperimen Ditinjau dari Pemahaman Konsep Fisika. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 254–261. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4350
Fitriani, L. I., & Putra, N. M. D. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Pilihan Ganda Tiga Tingkat untuk Mengidentifikasi Pemahaman Konsep Siswa MAN Blora pada Materi Gelombang Bunyi. UPEJ Unnes Physics Education Journal. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/view/46650
Hidayanti, N. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Pemahaman Konsep Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) Materi Sistem Gerak …. digilib.uns.ac.id. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/95910/
Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124
Kadek, N., Susanti, E., & Khair, B. N. (2022). Analisis Tingkat Pemahaman Konsep Ipa Siswa Kelas V Sdn. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6, 686–690.
Latukau, M. (2022). Pembelajaran IPA Dengan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(23), 351–362.
Nofinadya, S. A. (2020). Pengembangan instrumen diagnostik four-tier untuk mengidentifikasi pemahaman konsep siswa SMA pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. repository.um.ac.id. http://repository.um.ac.id/id/eprint/194207
Prananda, G., Saputra, R., & Zuhar, R. (2020). JURNAL IKA VOL 8 No. 2. Ika : Ikatan Alumni Pgsd Unars, 8(2), 304–314.
Priyadi, R., & Suryanti, K. (2017). Pengembangan Instrumen Tes Pemahaman Konsep Hukum Gravitasi Universal. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 2(2), 36–41.
R. Landis, J. ., & G. Koch, G. (1977). The Measurements of Observer Aggreement for Categorical Data. Biometric, 33(1159).
Sari, I. F. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Two-Tier Multiple Choise Berbantukan ISPRING Suite 10 Untuk Mengukur Pemahaman Konsep Materi Fungi. repository.syekhnurjati.ac.id. http://repository.syekhnurjati.ac.id/7324/
Tessmer, M. (2013). Planning and Cinducting Formative Evaluation: Inproving the Quality of Education and Training. Routledge.
Tri Pudji Astuti. (2019). Model Problem Based Learning dengan Mind Mapping dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Proceeding of Biology Education, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.9
Tyas, R. A. (2023). Pengembangan Instrumen Penilaian Pemahaman Konsep IPA Terintegrasi Erupsi Gunung Berapi. 10(1), 89–99.
Widia, & Sartina, F. (2020). Desain Percobaan Ipa Dengan Bahan Dari Lingkungan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. PENDIKDAS: Jurnal Pendidikan Dasar, 01(01), 1–5.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v7i1.29267
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Terindeks:
Dipublikasikan oleh:
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.