Analisis Kesulitan Peserta Didik Kelas I dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Operasi Hitung Pengurangan di SDN Babarsari
Abstract
Penelitian ini menginvestigasi kesulitan belajar siswa kelas satu di SDN Babarsari, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, khususnya dalam konteks operasi bilangan. Menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes untuk memahami fenomena ini secara mendalam. Temuan menyoroti beberapa faktor penyebab kesulitan belajar, termasuk kurangnya minat belajar, motivasi yang rendah, gaya pengajaran yang dianggap membosankan, dan kekurangan fasilitas pembelajaran. Hasil analisis tes menunjukkan penurunan kemampuan siswa saat beralih dari representasi konkret ke abstrak, serta kesulitan dalam memahami soal cerita. Dalam konteks ini, pendekatan pembelajaran yang melibatkan pemodelan konkret diperlukan untuk memperkuat pemahaman konsep operasi bilangan. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif dalam mengatasi kesulitan belajar matematika di tingkat sekolah dasar.
References
Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar Teori, Diagnosis, Dan Remediasinya. PT. Rineka Cipta. .
Chusna, F. A. (2016). Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas SD Negeri 1 Pangenrejo Kecamatan Purworejo,.
Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan , 17(1), 66–79.
Masroza, F. (2013). Prevalensi Anak Berkesulitan Belajar Di Sekolah Dasar Se Kecamatan Pauh Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(1).
Muijs, D., & Reynolds, D. (2008). Effective Teaching: Teori dan Aplikasi. Pustaka Pelajar.
Runtukahu, T., & Kandou, S. (2014). Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Ar-Ruzz Media.
Sholehah, L. M. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi. Jurnal Wacana Akademika, 1(2), 152.
Siregar, N. R. (2017). Persepsi Siswa pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan pada Siswa yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1(1).
Slamet. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. PT. Rineka Cipta.
Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v7i2.29255
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Terindeks:
Dipublikasikan oleh:
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.