Strategi Guru dalam Menerapkan Profil Pelajar Pancasila Pada Nilai Beriman dan Bertakwa Kepada Tuhan di SD

Hofipah Hofipah Rizkihah Rizkiyah, Muhammad Fauzan Muttaqin, Putri Rahayu S

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi strategi guru dalam menerapkan nilai-nilai keimanan dan ketakwaan pada profil pelajar pancasila di SD, penelitian ini dilakukan di SD Daqu Internasional. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian pada SD Daqu Internasional yaitu tentang bagaimana strategi guru dalam menerapkan nilai beriman dan bertakwa kepada Tuhan pada profil pelajar pancasila menunjukkan bahwasannya strategi guru dapat di implementasikan pada kegiatan-kegiatan sekolah yang sudah terprogram yaitu guru menerapkan kepada siswa serta mengamalkan Daqu Method: 1) Sholat Berjamaah, Jaga Hati dan Jaga Sikap 2) Tahajjud, Dhuha, dan Qobliyah Badiyah 3) Menghafal dan Tadabbur Al-Qur'an 4) Sedekah dan puasa sunah 5) Mengajar dan Mengajar 6) Do’a, Mendo’akan, dan minta dido’akan 7) Ikhlas, Sabar, Syukur, dan Ridho. Implikasinya bagi sekolah akan terciptanya peserta didik yang berakhlak mulia itulahkuci dari beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa pada profil pelajar pancasila.

Full Text:

PDF

References


Kahfi, A. (2022). Implementasi profil pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap karakter siswa di sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138–151.

Karmedi, M. I., Firman, F., & Rusdinal, R. (2021). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah Selama Pandemi Covid-19. Journal of Education Research, 2(1), 44–46.

Lase, F., Nirwana, H., Neviyarni, N., & Marjohan, M. (2020). The differences of honest characters of students before and after learning with a model of learning of intelligent character. Journal of Educational and Learning Studies, 3(1), 41.

Moşteanu, N. R. (2021). Teaching and learning techniques for the online environment. how to maintain students’ attention and achieve learning outcomes in a virtual environment using new technology. International Journal of Innovative Research and Scientific Studies, 4(4), 278–290.

Muttaqin, M. F. (2020). Implementası Penguatan Pendıdıkan Karakter Berbasıs Budaya Sekolah Pada Sekolah Dasar. JISPE Journal of Islamic Primary Education, 1(1), 37–42.

Muttaqin, M. F., & Hariyadi, S. (2020). Implementasi penguatan pendidikan karakter berbasis lingkungan masyarakat pada Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(1), 1–7.

Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai kearifan lokal: projek paradigma baru program sekolah penggerak untuk mewujudkan profil pelajar pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648.

Rahiem, M. D. H. (2021). Remaining motivated despite the limitations: University students’ learning propensity during the COVID-19 pandemic. Children and Youth Services Review, 120, 105802.

Rahayu, P.S., & Setiyadi, D. (2022). Upaya Meningkatkan Self Efficacy dan Prestasi Siswa Menggunakan Metode Saintifik Di Kelas IV SD Kota Tangerang. Jurnal Elementaria Edukasia 5 (2), 127-137

Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81–95.

Rohmah, N. N. S., Narimo, S., Widyasari, C., & others. (2023). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Berkebhinekaan Global Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254–1269.

Sabil, H., Asrial, A., Syahrial, S., Robiansah, M. A., Zulkhi, M. D., Damayanti, L., Kiska, N., Silvia, N., & Ubaidillah, U. (2021). Online Geoboard Media Improves Understanding of Two-dimensional Flat Shape Concepts in Elementary School Students. International Journal of Elementary Education, 5(4), 685–691.

Seno, U., Narimo, S., Fuadi, D., Widyasari, C., & others. (2022). Implementation of Local Wisdom Based Learning in Realizing Pancasila Student Profiles in Elementary Schools. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(4).

Sharma, S. (2013). Qualitative approaches in mathematics education research: Challenges and possible solutions. Education Journal, 2(2), 50–57.

Singh, B. (2019). Character education in the 21st century. Journal of Social Studies (JSS), 15(1), 1–12.

Sutama, D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, PTK, Mix Method, R&D). CV Jasmine. Kartasura. Sukoharjo.

Suttrisno, S., & Rofi’ah, F. Z. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Guna Mengoptimalkan Projek Penguatan Pelajar Pancasila Madrasah Ibtidaiyah Di Bojonegoro. Pionir: Jurnal Pendidikan, 12(1).

Veronika, A. C. (2023). Strategi Pembelajaran dalam Mewujudkan Nilai Beriman dan bertakwa kepada Tuhan dalam Profil Pelajar Pancasila. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(3), 85–90.

Wetekam, J., Hechavarr’ia, J., López-Jury, L., & Kössl, M. (2022). Correlates of deviance detection in auditory brainstem responses of bats. European Journal of Neuroscience, 55(6), 1601–1613.

Widiyono, A., Minardi, J., & Nuraini, L. (2022). Pengembangan Diology Water Cycle dalam Memperkuat Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 13(2), 131–138.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v7i1.29112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.