Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Canva pada Materi Bagian Tubuh Tumbuhan di Kelas V Sekolah Dasar

Oriza Satifa, mimi hariyani

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya inovasi berupa media pembelajaran yang tepat untuk proses pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan video pembelajaran berbasis canva. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dan menggunakan desain pengembangan ADDIE. Dalam penelitian ini melibatkan 2 orang pakar yaitu dosen dan guru wali kelas untuk memvalidasi produk yaitu validasi media dan validasi materi. Sedangkan untuk menilai praktikalitas menggunakan instrumen praktikalitas media untuk melihat keefektifan media tersebut dengan melibatkan 20 orang siswa pada salah satu sekolah dasar di kota Pekanbaru. Data diambil dengan menggunakan pertemuan langsung dengan responden. Data dianalisis menggunakan SPSS versi 26 secara deskriptif untuk menggambarkan hasil dari penilaian media tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah untuk instrumen validasi diketahui hasil validasi media (3,59%) berada pada kategori “layak” dan validasi materi (3,73%) berada pada kategori “layak” sedangkan untuk nilai pretest (69,25) dan postest (82,50). Hasil dari penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa media video pembelajaran berbasis canva pada materi bagian tubuh tumbuhan layak digunakan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Biassari, I., Putri, K. E., & Kholifah, S. (2021). Peningkatan hasil belajar matematika pada materi kecepatan menggunakan media video pembelajaran interaktif di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2322-2329.

Deriyan, L. F. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI CAPCUT DI KELAS V SD. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA, 7(1), 1-10.

Fitri, F., & Ardipal, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6330-6338.

Ibrahim, dkk. 2005. Media Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang.

Ilsa, A., Farida, F., & Harun, M. (2021). Pengembangan video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi powerdirector 18 di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 288-300

Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa sdn meruya selatan 06 pagi. Edisi, 3(2), 312-325.

MARLIANI, L. P. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Paedagogy: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 1(2), 125-133.

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan, 3(2), 64-72.

Pamungkas, W. A. D., & Koeswanti, H. D. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 346-354.

Pitriani, N. R. V., Wahyuni, I. G. A. D., & Gunawan, I. K. P. (2021). Penerapan Model Addie Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Lectora Inspire Pada Program Studi Pendidikan Agama Hindu. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 515-532.

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan skala Likert dan skala dikotomi pada kuesioner online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128-137.

Rejeki, R., Adnan, M. F., & Siregar, P. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 4(2), 337-343.

Riyanto, N., Asmara, A. P., & Purbalingga, B. (2018). Penilaian Kualitas Media Audio Visual Tentang Karakteristik Larutan Asam Basa untuk Siswa SMA/MA. Jurnal Pendidikan Sains, 6(1), 73-85.

Roulina, P. E. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 11(2), 170-178.

Subekti, F. Y. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Materi Persamaan Linear Satu Variabel Dengan Kinemaster Pro. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP), 2(1), 16-25.

Sugiyono. 2009. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syofian, S., Setiyaningsih, T., & Syamsiah, N. (2015). Otomatisasi metode penelitian skala likert berbasis web. Prosiding Semnastek.

Warsita, B. (2013). Evaluasi media pembelajaran sebagai pengendalian kualitas. Jurnal Teknodik, 092-101.

Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh media video pembelajaran terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari keaktifan siswa. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v8i1.28218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.