Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Tandun

Wiwin Setyowanti

Abstract


Penelitian merupakan Best Practise yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berorientasi Higher Order Thiking Skills (HOTS). Subjek dalam Best Practise ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tandun. Melalui Penyusunan RPP secara sistematis dan cermat, pembelajaran matematika dengan model pembelajaran PBL yang dilaksanakan tidak sekadar berorientasi HOTS, tetapi juga mengintegrasikan PPK, literasi, dan kecakapan abad 21. Pembelajaran dengan model pembelajaran PBL layak dijadikan best practise dalam pembelajaran yang berorientasi HOTS karena dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan transfer pengetahuan, berpikir kritis, dan pemecahan masalah.


Full Text:

PDF

References


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.2016.Buku Siswa Mata Pelajaran Matematika. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaa. Jakarta

Mulyana, Aina. ”Model Pembelajaran dalam kurikulum 2013”. 2018. https://ainamulyana.blogspot.com/2016/04/model-pembelajaran-dalam-kurikulum-2013.html

Pratiwi, U., & Fasha, E. F. (2015). Pengembangan instrumen penilaian hots berbasis kurikulum 2013 terhadap sikap disiplin. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 1(1), 123-142.

Ahmad, D. N. (2020). Analisis Sistem Penilaian Hots (Higher Order Thinking Skills) Dalam Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 8(1), 11-23.

Fanani, M. Z. (2018). Strategi pengembangan soal hots pada kurikulum 2013. Edudeena: Journal of Islamic Religious Education, 2(1), 57-76.

Nasution, N. R., & Surya, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. Jurnal Mahasiswa PPS, 1(1), 98-102.

Lubis, M. A., & Azizan, N. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika di SMP Muhammadiyah 07 Medan Perjuangan Tahun Pelajaran 2018/2019. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 6(02), 150-163.

Cahyanti, A. E. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Higher Order Thinking. In Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny (pp. 83-92).

Jailani, J., & Retnawati, H. (2017). Keefektifan pemanfaatan perangkat pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan HOTS dan karakter siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 23(2), 111-123.

Sugiyanto, S., Kartowagiran, B., & Jailani, J. (2015). Pengembangan Model Evaluasi Proses Pembelajaran Matematika Di SMP Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 19(1), 82-95.

Suryapuspitarini, B. K., Wardono, W., & Kartono, K. (2018, February). Analisis soal-soal matematika tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada kurikulum 2013 untuk mendukung kemampuan literasi siswa. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 876-884).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v6i2.26385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.