Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas Dan Hubungannya Dengan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar

uyun rifka azzahra

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran guru dalam pengelolaan kelas yang belum maksimal terlaksana yang diduga akan mempengaruhi motivasi belajar siswa di UPT SD Negeri 019 Muara Uwai. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan hubungan peran guru dalam pengelolaan kelas dengan motivasi belajar siswa Kelas III dan IV UPT SD Negeri 019 Muara Uwai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 siswa. Teknik pengambilan dan pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif statistik dan analiss korelasi product moment dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, peran guru dalam pengelolaan kelas termasuk kategori tinggi yaitu 76,04%. Motivasi belajar siswa termasuk kategori tinggi yaitu 83,20%. Sedangkan peran guru dalam pengelolaan kelas tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan motivasi belajar di UPT SD Negeri 019 Muara Uwai. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil koefisien korelasi sebesar 0,350 < 0,361 pada taraf signifikan 5% dan berada di koefisien interval 0,20-0,399 yang berarti mempunyai tingkat hubungan yang rendah

Full Text:

PDF

References


Arianti, A. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2)

Azman, Z. (2020). Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran. 2(2).

Buchari, A. (2018). Peran Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran Pendahuluan. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2)

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2)

Erwinsyah, A. (2017). Manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar. 5.

Fatimah Kadir, S. (2014). Keterampilan Mengelola Kelas dan Implementasinya dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Al-Ta’dib, 7(2)

Fatimah, Sari, R., & Dwi, K. (2018). Strategi Belajar & Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2)

Hakim, M. I., Zaini, M., Program, M., Pendidikan, S., Islam, A., & Kelas, P. (2022). Peran Guru PAI Dalam Pengelolaan Kelas yang Aktif, Efektif, dan Menyenangkan. Jurnal Kependidikan Dan Pemikiran Islam, 1(2).

Jember, I. (2017). Pendahuluan strategi pengelolaan kelas yang baik dan Keberhasilan pembelajaran dalam dapat diimplementasikan sesuai situasi kelas salah satu fakrornya Guru memiliki andil

Kusuma, Y. Y., Kelas, P., & Pelajaran tematik, M. (2020). Analisis Kesiapan Guru Kelas Dalam Pengelolaan Kelas Pada Mata Pelajaran Tematik Di SD Pahlawan. 3(2)

Lesi, A., Gita, F., Koryati, D., & Jaenudin, R. (2019). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X Program Lintas Minat Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 16 Palembang. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 6(1),

Maryam, M. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2)

Maylitha, E., Parameswara, Marsanda, C., Iskandar, Mochammad, F., & Farhan, M. (2023). Peran Keterampilan Mengelola Kelas dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. 05(02)

Mulyasidhi, G., Haq, M. S., Pendidikan, M., Pendidikan, F. I., & Surabaya, U. N. (2021). Manajemen Kelas dalam Kegiatan Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19.

Mutiaramses, Neviyarni, & Irda, M. (2021). Peran Guru dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. 06

Nasrah, & Muafiah, A. (2020). Jurnal Riset Pendidikan Dasar. 03(2), 207–213.

Nur, I. (2020). Peranan Guru Profesional dalam Peningkatan Prestasi Siswa dan Mutu Pendidikan Di Era Milenial. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(1

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0, November

Rosidah. (2018). Strategi Pengelolaan Kelas Efektif dan Efisien dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan Madrasah, 1(2)

Saptono, Y. (2016). Motivasi dan Keberhasilan Belajar Siswa. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1)

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung. In Alfabeta: Vol. Bandung.

Suharni, P. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1)

Sumar, W. T. (2020). Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Memberikan Pendidikan Dan Pengajaran Baik Secara Formal Maupun Non Formal ( Aziz ,. 1(4)

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, Siti, K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2)

Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pkn Peserta Didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1)




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v7i1.25633

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.