Hubungan Literasi Baca Tulis Dengan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV Upt SD Negeri 019 Tanjung Sawit

nurmala sari

Abstract


Permasalahan yang terjadi di UPT SD Negeri 019 Tanjung Sawit masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep baik setelah kegiatan literasi maupun setelah proses pembelajaran dilakukan terutama di kelas IV. Adapun tujuan dari penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan dari kegiatan literasi baca tulis dengan kemampuan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di UPT SD Negeri 019 Tanjung Sawit, pengambilan sampel dilakukan dengan nonprobability sampling yaitu sampling jenuh. Data dianalisis dengan menggunakan uji korelasi product moment. Hasil dari data analisis statistik deskriptif diperoleh nilai rata-rata variabel literasi baca tulis berada pada kategori baik, yaitu sebesar 74%, dan besaran variabel kemampuan pemahaman konsep berada pada kategori baik, yaitu sebesar 65%. Kemudian koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,349 dan setelah dikonsultasikan dengan r tabel pada taraf signifikansi 5% dengan N= 34, sehingga dapat diketahui nilai r hitung lebih besar dari nilai r tabel (0,349 ≥ 0,338) yang berarti terdapat hubungan antara literasi baca tulis dengan keterampilan pemahaman konsep siswa kelas IV UPT SD Negeri 019 Tanjung Sawit.

References


AAmalia, N. (2022). Korelasi Literasi Baca-Tulis dan Literasi Budaya terhadap Kemampuan Membaca dan Bersosialisasi Siswa Kelas IV SDN Dukuh Rejo Kabupaten Tanah Bumbu. Universitas Islam Negeri Antasari.

Berliana, A. O. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Penanaman Minat Baca Dan Disiplin Siswa Kelas IV SD Negeri Tegalsari 02 Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang. Universitas Negeri Semarang.

Cahyono, A. H., & Ardhyantama, V. (2020). Pengembangan Literasi Baca Tulis Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar Rahmah Pacitan. ALPEN: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 8–16. https://doi.org/10.24929/alpen.v4i1.36

Devi, D. A. P. P. S., Widana, I. W., & Sumandya, I. W. (2022). Pengaruh penerapan ice breaking terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas XI di SMK Wira Harapan. Indonesian Journal of Educational Development, 3(2), 240-247. https://doi.org/10.5281/zenodo.7032283

Ifadah, A. S. (2020). Literasi : Pemahaman Konsep Budaya Literasi Baca - Tulis Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 04(2), 290–296.

Iwantara, I. w, Sadia, I. w, & Suma, I. k. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Video Youtube Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Motivasi Belajar Dan Pemahaman Konsep Siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 4(1), 1–13. https://www.neliti.com/id/publications/122399/pengaruh-penggunaan-media-video-youtube-dalam-pembelajaran-ipa-terhadap-motivasi.

Kemendikbud. (2016). Gerakan Literasi untuk Tumbuhkan Budaya Lietrasi. In Jendela Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurniawan, R., & Parnawi, A. (2023). Manfaat Literasi Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(1), 184–195.

Lestari, L. D., Ratnasari, D, & Usman. (2022). Profil Kemampuan Literasi Bahasa, Lierasi Budaya Dan Kewargaan Pada Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Indonesia Journal of Educational Development, 3(3),312-319. DOI: 10.5281/zenodo.7365078

Linanda, T., & Hendriawan, D. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Baca Tulis Siswa Kelas V Dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Persada, V(1), 49–56.

Maryono, Pamela, I. S., & Budiono, H. (2022). Implementasi Literasi Baca Tulis dan Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 491–498.

Miftaqulzanah. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMP. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Mutji, E. J., & South, L. (2021). Literasi Baca Tulis Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 103–113.

Oktavia, N., Tanzimah, & Suryani, I. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tentang Teks Narasi Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan, 6(1), 203–211.

Rahmawati. (2020). Komunitas Baca Rumah Luwu Sebagai Inovasi Sosial Untuk Meningkatkan Minat Baca Di Kabupaten Lawu. DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 2(4), 158-168.https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus.

Safitri, M. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Melatih Pemahaman Konsep Siswa. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(3), 237–244. https://doi.org/10.30738/.v5i3.1234.

Safitri, Muharrami, L. K., Hadi, W. P., & Wulandar, A. Y. R. (2021). Faktor Penting dalam Pemahaman Konsep Siswa SMP : Two-Tier Test Analysis. Jurnal Natural Science Educational Research, 4(1), 46–55.

Samsir, I. (2020). Hubungan Budaya Literasi dengan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV SDN Sudirman II Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar [Universitas Muhammadiyah Makassar]. https://all3dp.com/2/fused-deposition-modeling-fdm-3d-printing-simply-explained/.

Sari, P. A. P. (2020). Hubungan Literasi Baca Tulis Dan Minat Membaca Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 141–152.

Saryono, D., Ibrahim, G. A., Muliastuti, L., Akbari, Q. S., Hanifah, N., Mirtahussururi, Nento, M. N., & Efgeni. (2017). Materi Pendukung Literasi Baca Tulis: Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Setyaningrum, D. (2018). Pelaksanaan Kegiatan Literasi Sekolah di SMP Negeri 1 Yogyakarta. JurnalPend. Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 125–135.

Shabrina, & Kuswanto, H. (2018). Android-assisted mobile physics Learning Through Indonesian Batik Culture: Improving Students’ Creative Thinking and Problem Solving. International Journal of Instruction, 11(4), 287–302. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11419a.

Solikhah, I. (2015). Reading and Writing as Academic Literacy in EAP Program of Indonesian Leaners. Jurnal Dinamika Ilmu, 15(2), 325–341. https://doi.org/10.21093/di.v15i2.261.

Suandewi, P. M., Putrayasa, I. B., & Gunatama, G. (2019). Hubungan Budaya Literasi (Baca-Tulis) Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Denpasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(2), 265–274.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, CV.

Zulkarnain, I., & Budiman, H. (2019). Pengaruh Pemahaman Konsep Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Research and Development Journal of Education, 6(1), 18. https://doi.org/10.30998/rdje.v6i1.4093.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v7i1.25602

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.