Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Berbasis Etnomatematika Pada Materi Bangun Datar untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Yasmin Jelita, Zetra Hainul Putra, Zufriady Zufriady

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan research and development yang memiliki tujuan untuk mengembangkan suatu produk yaitu media pembelajaran Pop-Up Book berbasis etnomatematika  pada materi bangun datar untuk siswa   kelas IV Sekolah Dasar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini yaitu model 4-D. Model ini memiliki 4 tahapan yang dimulai dengan pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development) dan   penyebarluasan (desseminate). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 79 Pekanbaru pada siswa kelas IV B semester genap tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, angket validasi dan angket praktikalitas. Instrumen penelitian yang digunakan telah melalui proses validasi dengan validator, sedangkan penelitian akhir yang dilakukan menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran Pop-Up Book berbasis etnomatematika pada materi bangun datar untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Dari hasil validasi dan praktikalitas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Pop-Up Book berbasis etnomatematika pada materi bangun datar untuk siswa kelas IV sekolah dasar dinyatakan sangat valid dan sangat layak digunakan.

Full Text:

PDF

References


Arsyad. Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Pancasila.

Arjuna, Dien dan Brenda Febry. 2019. Analisis Teknik dan Perkembangan Buku Pop-Up Book. Jurnal Narada, 6(1), 129-144.

Bluemel, N. L. & Taylor, R. H. 2012. Buku Pop-Up Sebuah Panduan untuk Guru dan Pustakawan. Santa Barbara: ABC-CLIO. http://books.google.co.id/ (diunduh pada 10 Februari 2017).

Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media Dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur. Laksita Indonesia, August, 26. file:///E:/Renc Skripsi/AniCahyadiPengembanganMedia.Pdf.

Dula, Stefani Nadia. 2017. Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Materi Bentuk Permukaan Bumi Sdn Mangunsari Semarang: Universitas Pendidikan, 1(3), 221-228. Negeri Semarang.

Fendrik, M., Marsigit., & Muhammad, N. W. 2020. Analysis of Riau Traditional Game-based Ethnomatematics in Developing Mathematical Connection Skills of Elementary School Students II Kogretim Online Jurnal, 19(3).

Irawan, A., & Hakim, M. R. 2021. Kepraktisan Media Pembelajaran Komik Matematika Pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs. Jurnal Pythagoras, 10(1), 91-100.

Jalinus dan Ambiyar. (2016).Media dan Sumber Belajar .Jakarta:Kencana.

Kurniawati Eriptha. 2018. Penerapan Media Pop Up Raksasa Untuk Mengembangan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Betet Kediri. Jurnal program studi PGRA 8(1).

Lismayanti, Meri dan Afreni Hamidah, Avita Anggreini. 2016. Pengembangan Buku Pop Up Sebagai Media Pembelajaran Padamateri Crustacea Untuk SMA Kelas X. Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Sains, 18(1), 44-48.

Muslim dan Aji Heru. 2020. Media Pembelajaran PKN di SD. Jawa Tengah: CV. Pena Persada.

Ramadhani Rahmi. 2016. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Yang Berorientasi Pada Model Problem Based Learning”. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif 7(2): 116–22.

Sanjaya, Wina. 2014. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta : Kencana.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.

Sukirwan, Astriani, & Mulyono. 2018. Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Bangun Datar pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan, 3(8), 1095-1100.

Umam, Nanang Khoirul, Afakhrul Masub Bajkhtiar dan Hardian Iskandar. 2019. Pengembangan Pop-up Book Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Slempitan. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 01-11.

Wahyuni, A. 2014. Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Yanto, D. T. 2019. Praktikalites Media Pembelajaran Intraktif Pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 1(2), 75-82.

Yunita Dwi dan Astuti Wijayanti, 2017. Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Keaktifan Siswa Jurnal LP3M. 3(2), 153-160.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v7i1.25598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.