Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V dengan Menggunakan Model ARIAS di UPT SDN 022 Ranah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa di kelas V UPT SDN 022 Ranah. Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca pemahaman bahasa Indonesia siswa di kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian tindalan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini yaitu 1 orang guru dan 13 orang siswa, sedangkan objeknya adalah dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar dokumentasi dan lembar tes belajar selama pembelajaran berlangsung dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil tes yang dilakukan pada siklus 1 pertemuan I menunjukkan ada 4 orang siswa (30, 76%) dari 13 siswa yang termasuk tuntas dengan kategori sangat kurang baik (<60), dan pada siklus 1 pertemuan II menunjukkan ada 8 orang siswa (61, 53%) dari 13 siswa yang termasuk tuntas dengan kategori kurang baik (<60), sedangkan pada siklus II pertemuan I menunjukkan ada 10 orang siswa (76, 92%) dari 13 orang siswa yang termasuk tuntas dengan kategori baik (80-90%), dan pada siklus II pertemuan II menunjukkan ada 12 orang siswa (92, 3%) dari 13 orang siswa yang termasuk tuntas dalam kategoti sangat baik (90-100%). Dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS maka dapat meningkatkan Keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V UPT SDN 022 Ranah.
Kata kunci: Keterampilan membaca pemahaman, ARIAS.
Full Text:
PDFReferences
Adiartanti. (2011). Kelebihan dan Kekurangan Model Pembelajaran ARIAS. Jakarta: Rineka Cipta.
Arianto, A., Lubis, L. S. P., & Anwar, W. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS Terhadap Kemampuan Menganalisis Struktur Teks Prosedur oleh Siswa Kelas XI SMA. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 1–8. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v7i2.80
Dan, J., Net, T., Servis, T., & Bola, A. (2022). =2,81 Lebih Besar Dari T. 22(1), 51–59.
Hadi, N. (2017). Aktualisasi Pembelajaran Tematik Integratif di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Melalui Model Pembelajaran ARIAS. Islamic Teacher Journal, 292.
Hertina, S. A. ., Parwati, N., & Astawa, I. W. P. (2013). Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Smp Melalui Penerapan Model Pembelajaran Arias. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 7(1), 60–67. https://doi.org/10.23887/jppm.v7i1.2818
Hidayah, N. (2015). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 130–204.
Hindayani, N. K. S., Sumantri, M., & Parmiti, P. D. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, dan Satisfaction) Terhadap Hasil Belajar Matematika Di SD. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 1(1), 1–11.
Ilham, R., Mufarizuddin, M., & Joni, J. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Penerapan Model Kooperatif Think Pair Share Di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 139. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1480
Istiqoh, Nurul. 2020. “Peningkatan Kemampuan Menulis Pantun Dengan Model Think Pair Share di Kelas VII-A MTs Pesantren Pembangunan Majenang Kabupaten Cilacap Tahun Pembelajaran 2018/2013.” Jurnal Diksatrasia 4(1):22–29.
Laily, I. F. (2014). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v3i1.8
Marlina, R. (2017). Upaya Meningkatkan Membaca Pemahaman Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Learning Starts With a Question Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 7 Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin. PEMBAHSI Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Volume 7, No. 1, Tahun 2017, 7(1), 55–68.
Marta, R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Pendekatan Problem Solving Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 24–37.
Pajar, J., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Universitas, F., Volume, R., Cetak, I., & Online, I. (2018). PENGGUNAAN MEDIA KOMIK BERBAHASA INGGRIS PEMAHAMAN BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS VIII SMPN 3 TELUK KUANTAN Sasti Karmiani. 2(November), 883–890.
Pembelajaran, M. (2003). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran. 1.
Putra, R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Arias Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Negosiasi Smkn1 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 6(8), 215869.
Rahman, M dan Sofan Amri. (2014). Model Rahman, Muhammat dan
Sofan Amri. (2014). Model Pembelajaran Arias (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) Terintegratif Dalam Teori dan Praktik Untuk Menunjang Penerapan Kurikulum2015. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.
Ratna, R. M., Firdiani, D., & Syarif, I. (2021). Penerapan Model
Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, dan Satisfaction) dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 138 Kulinjang. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah
Dasar , 2(2), 109–117. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i2.2883
Sekolah, S., & Negeri, D. (2022). Arus Jurnal Pendidikan ( AJUP ) Strategi Pembelajaran pada Kemampuan Membaca Pemahaman.
Siswa, P., Putri, A. R., Ardianti, S. D., & Ermawati, D. (2022). Model Scramble Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca. 8(3), 1132–1139. https://doi.org/10.31349/educatio.v8i3.3162.
Susilo, S. V. (2016). Metode Pembelajaranpengetahuan Awal Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 150. https://doi.org/10.21009/jpd.071.13.
Umrah, S. M. (2013). Efektifitas Model Arias Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Berprestasi Siswa Kelas X MA
Miftahussalam Demak. Jurnal Pendidikan Vol.1 No.3. UIN Wali Songo. Semarang.
Suwandi, P. S., & Pd, M. (2013). Pendidikan Dan Latihan Profesi Guru ( PLPG ) Penelitian Tindakan Kelas Oleh : Panitia Sertifikasi Guru Rayon 113 UNIVERSITAS Sebelas Maret Surakarta A . Ihwal Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta PT. Aneka Karya, 17.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v6i2.25333
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Terindeks:
Dipublikasikan oleh:
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.