Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar menurut Aliran filsafat Progresivisme

Herlini Puspika Sari

Abstract


Artikel ini membahas tentang pengembangan kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar dari perspektif aliran filsafat progresivisme. Metode penulisan yang digunakan adalah kajian pustaka dengan pendekatan hermeneutik untuk mendeskripsikan dan menginterpretasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengembangan Kurikulum konsep merdeka belajar di Sekolah Dasar sesuai dengan prinsip-prinsip progresivisme yang menekankan pada kebebasan dan kemerdekaan peserta didik dalam mengembangkan minat, bakat, dan kompetensi yang dimiliki. Konsep ini memberikan pandangan baru dalam pendidikan di Sekolah Dasar dan di Indonesia, praktik merdeka belajar juga mengarah pada pengembangan sesuai dengan minat dan bakat yang membentuk individu berkarakter.

Full Text:

PDF

References


Agus Burhan. (2023). MADZHAB FILSAFAT PROGRESIVISME DALAM PENDIDIKAN. As-Salam, 8(1). https://www.journal.stai-yamisa.ac.id/index.php/assalam/article/view/80

Ahmad Taufik. (2019). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Al- Ghiroh, 17(2). https://jurnal.staibsllg.ac.id/index.php/el-ghiroh/article/view/106

Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 399–407. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749

Desyandri, A. F. (2023). PANDANGAN PROGRESIVISME PENDIDIKAN TERHADAP KONSEP “MERDEKA BELAJAR.” Pendas, 8(1). https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/6965

Dewi Anggreini, E. P. (2022). Peran guru dalam menghadapi tantangan implementasi merdeka belajar untuk meningkatkan pembelajaran matematika pada era omicron dan era society 5.0. 75–87.

Efendi, P. M., Muhtar, T., Herlambang, Y. T., Pgsd, M., Upi, K., Pgsd, M., Upi, K., Pgsd, M., & Upi, K. (2023). Relevansi Kurikulum Merdeka Dengan Konsepsi Ki Hadjar Dewantara : Studi Kritis Dalam Perspektif Filosofis-Pedagogis. 6(2), 548–561. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5487

Fadlillah, M. (2017). Aliran Progresivisme dalam Pendidikan di Indonesia. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 17–24. https://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/article/view/322

Fitri Widyastari, Najamuddin Petta Solong, H. (2023). Model Pengembangan Kurikulum PAI. Ar-Risalah, 1(2). https://ejournal.iaingorontalo.ac.id/index.php/Ar-Risalah/article/view/812

Indonesia, K. P. dan K. (2019). Mendikbud Tetapkan Empat Pokok Kebijakan Pendidikan “Merdeka Belajar. Www.Kemdikbud.Go.Id.

Insani, F. D. (2019). SEJARAH PERKEMBANGAN KURIKULUM DI INDONESIASEJAK AWAL KEMERDEKAAN HINGGA SAAT INI. As-Salam, 8(1). http://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/assalam/article/view/132

Jems Sopacua, M. R. F. (2022). The Emancipated Learning Concept of Education in Progressivism Philosophy Perspective. potret pemikiran, 26(1). http://journal.iain-manado.ac.id/index.php/PP/article/view/1413

Lidia Susanti, Eva Handriyantini, A. H. (2023). GURU KREATIF INOVATIF ERA MERDEKA BELAJAR. books.google.com.

Mas’ud Muhammadiah et al. (2023). Pendidikan Berbasis Filsafat. Azkiya Publishing.

Nanuru, R. F. (2013). Progresivisme Pendidikan dan Relevansinya di Indonesia. Jurnal UNIERA, 2(2), 132–143.

Noventari, W. (2020). Konsepsi Merdeka Belajar Dalam Sistem Among Menurut Pandangan Ki Hajar Dewantara. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Kewarganegaraan, 15(1), 290–307. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/pknp.v15i1.44902

Nuraeni. (2023). ANALISIS KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DAN KAMPUS MERDEKA DALAM FILSAFAT. Journal Transformation of Mandalika, 4(7). https://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jtm/article/view/1903

Pattimura, U., Poka, I., Ambon, K. T., & Yogyakarta, U. N. (2022). Konsep Pendidikan Merdeka Belajar Perspektif Filsafat Progresivisme. 26(1), 1–14.

Ragil Dian Purnama Putri, Sri Tutur Martaningsih, Mulyo Prabowo, R. R. (2023). Konsep merdeka belajar pada sekolah dasar ditinjau dari perspektif filsafat progresivisme. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 6(1). http://www.journal2.uad.ac.id/index.php/fundadikdas/article/view/7169

Siti Mustaghfiroh. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Studi Guru dan Pembelajaran, 3(1). https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/248

Sri Wahyuni, Desriyandri Desriyandri, Y. E. (2023). Konsep Merdeka belajar menurut Pandangan Filsafat Progretivisme John Dewey. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1). https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/11459

Stief Aristo Walewangko, Hadi Ignatius Untu, Christoforus Adri Pieter Koleangan, D. A. (2022). Kurikulum Pendidikan: Konsep Dasar, Landasan, Komponen, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi dan Dinamika Perkembangannya di Indonesia. books.google.com.

Sulistiawati, A., Khawani, A., Yulianti, J., Kamaludin, A., & Munip, A. (2022). Implementasi profil pelajar pancasila melalui proyek bermuatan kearifan lokal di SD Negeri. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5(3), 195–208. trayuhttps://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i3.7082

Yuliani. (2020). Dalam konteks pengembangan kurikulum pendidikan, aliran filsafat progresivisme menekankan pentingnya fleksibilitas dan dinamisme dalam kurikulum. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Yusuf Baruta. (2023). ASESMEN PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA: Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. books.google.com.

Zed. (2004). Metode Penelitian Kepustakaaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v6i2.25328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.