Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar menurut Aliran filsafat Progresivisme
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Agus Burhan. (2023). MADZHAB FILSAFAT PROGRESIVISME DALAM PENDIDIKAN. As-Salam, 8(1). https://www.journal.stai-yamisa.ac.id/index.php/assalam/article/view/80
Ahmad Taufik. (2019). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Al- Ghiroh, 17(2). https://jurnal.staibsllg.ac.id/index.php/el-ghiroh/article/view/106
Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 399–407. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749
Desyandri, A. F. (2023). PANDANGAN PROGRESIVISME PENDIDIKAN TERHADAP KONSEP “MERDEKA BELAJAR.” Pendas, 8(1). https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/6965
Dewi Anggreini, E. P. (2022). Peran guru dalam menghadapi tantangan implementasi merdeka belajar untuk meningkatkan pembelajaran matematika pada era omicron dan era society 5.0. 75–87.
Efendi, P. M., Muhtar, T., Herlambang, Y. T., Pgsd, M., Upi, K., Pgsd, M., Upi, K., Pgsd, M., & Upi, K. (2023). Relevansi Kurikulum Merdeka Dengan Konsepsi Ki Hadjar Dewantara : Studi Kritis Dalam Perspektif Filosofis-Pedagogis. 6(2), 548–561. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5487
Fadlillah, M. (2017). Aliran Progresivisme dalam Pendidikan di Indonesia. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 17–24. https://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/article/view/322
Fitri Widyastari, Najamuddin Petta Solong, H. (2023). Model Pengembangan Kurikulum PAI. Ar-Risalah, 1(2). https://ejournal.iaingorontalo.ac.id/index.php/Ar-Risalah/article/view/812
Indonesia, K. P. dan K. (2019). Mendikbud Tetapkan Empat Pokok Kebijakan Pendidikan “Merdeka Belajar. Www.Kemdikbud.Go.Id.
Insani, F. D. (2019). SEJARAH PERKEMBANGAN KURIKULUM DI INDONESIASEJAK AWAL KEMERDEKAAN HINGGA SAAT INI. As-Salam, 8(1). http://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/assalam/article/view/132
Jems Sopacua, M. R. F. (2022). The Emancipated Learning Concept of Education in Progressivism Philosophy Perspective. potret pemikiran, 26(1). http://journal.iain-manado.ac.id/index.php/PP/article/view/1413
Lidia Susanti, Eva Handriyantini, A. H. (2023). GURU KREATIF INOVATIF ERA MERDEKA BELAJAR. books.google.com.
Mas’ud Muhammadiah et al. (2023). Pendidikan Berbasis Filsafat. Azkiya Publishing.
Nanuru, R. F. (2013). Progresivisme Pendidikan dan Relevansinya di Indonesia. Jurnal UNIERA, 2(2), 132–143.
Noventari, W. (2020). Konsepsi Merdeka Belajar Dalam Sistem Among Menurut Pandangan Ki Hajar Dewantara. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Kewarganegaraan, 15(1), 290–307. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/pknp.v15i1.44902
Nuraeni. (2023). ANALISIS KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DAN KAMPUS MERDEKA DALAM FILSAFAT. Journal Transformation of Mandalika, 4(7). https://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jtm/article/view/1903
Pattimura, U., Poka, I., Ambon, K. T., & Yogyakarta, U. N. (2022). Konsep Pendidikan Merdeka Belajar Perspektif Filsafat Progresivisme. 26(1), 1–14.
Ragil Dian Purnama Putri, Sri Tutur Martaningsih, Mulyo Prabowo, R. R. (2023). Konsep merdeka belajar pada sekolah dasar ditinjau dari perspektif filsafat progresivisme. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 6(1). http://www.journal2.uad.ac.id/index.php/fundadikdas/article/view/7169
Siti Mustaghfiroh. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Studi Guru dan Pembelajaran, 3(1). https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/248
Sri Wahyuni, Desriyandri Desriyandri, Y. E. (2023). Konsep Merdeka belajar menurut Pandangan Filsafat Progretivisme John Dewey. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1). https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/11459
Stief Aristo Walewangko, Hadi Ignatius Untu, Christoforus Adri Pieter Koleangan, D. A. (2022). Kurikulum Pendidikan: Konsep Dasar, Landasan, Komponen, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi dan Dinamika Perkembangannya di Indonesia. books.google.com.
Sulistiawati, A., Khawani, A., Yulianti, J., Kamaludin, A., & Munip, A. (2022). Implementasi profil pelajar pancasila melalui proyek bermuatan kearifan lokal di SD Negeri. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5(3), 195–208. trayuhttps://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i3.7082
Yuliani. (2020). Dalam konteks pengembangan kurikulum pendidikan, aliran filsafat progresivisme menekankan pentingnya fleksibilitas dan dinamisme dalam kurikulum. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Yusuf Baruta. (2023). ASESMEN PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA: Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. books.google.com.
Zed. (2004). Metode Penelitian Kepustakaaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v6i2.25328
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Terindeks:
Dipublikasikan oleh:
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.