Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 018 Kasikan Kecamatan Tapung Hulu

Nursakinah -, Syarifuddin -, Herlina -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui Pendekatan Matematika Realistik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran Matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan dan 21 siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 018 Kasikan. Sedangkan objek penelitian ini adalah Pendekatan Matematika Realistik dan kemampuan pemecahan Masalah Siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis statistik deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diketahui bahwa penerapan Pendekatan Matematika Realistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan Masalah Siswa. Hal ini dapat dilihat pada sebelum tindakan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa hanya mencapai 63,67 atau masih tergolong dalam kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat menjadi 76,38 yang berada pada kategori cukup karena berada pada rentang 71-80%. Kemudian pada siklus II juga terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa menjadi 87,90 tergolong kategori baik karena berada pada rentang 81-90%. Artinya hasil kemampuan pemecahan masalah dengan penerapan Pendekatan Matematika Realistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V SDN 018 Kasikan Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar

Full Text:

PDF

References


Alawiyah Hidayatul, Melly Andriani. 2020. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan

Masalah pada Pelajaran Matematika Melalui Strategi Pembelajaran

Peningkatan Kemampuan Berfikir pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah

Al Wathaniyah Tualang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. El-Ibtidaiy:

Journal of Primary Education, Vol. 3 No. 2

Arikunto Suharsimi, dkk. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi

Aksara.

Ningsih Seri. 2014. Realistic Mathematics Education: Model Alternative Pembelajaran

Matematika Sekolah, Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.1 No. 2

Ridwan. 2015. Skala Pengukuran Variabel-Variabel. Bandung: Alfabeta.

Setiani Niluh, dkk. 2015. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik

terhadap Semangat Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Pada

SDLB. B.N. SIDAKARYAˮ, E-Journal Program Pascasarjana

Universitas Pendidikan Ganesha Program Ganesha Program Studi

Penelitian dan Evalusi Pendidikan Vol.5 No.1

Wijaya Candra, Syahrum. 2013. Penelitian Tindakan Kelas Melejitkan Kemampuan

Penelitian Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru. Bandung:

Citapustaka Media Perintis. Cetakan 1

Yusuf Munir. 2018. Pengantar Ilmu Pendidikan, Palopo: IAIN PALOPO




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v6i2.25119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.