Analisis Kemampuan Belief Matematika di Sekolah Dasar yang Menerapkan Kurikulum Merdeka
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh tiga hal, yaitu: pada penelitian terdahulu ditemukan rendahnya kemampuan belief matematika pada peserta didik. Yang kedua, hasil program PISA terkhusus bidang matematika yang mana untuk bidang matematika, Indonesia menempatkan posisi ke-72 dari 77 negara yang mengikuti program tersebut. Yang ketiga, hasil wawancara dengan guru wali kelas di tiga sekolah dasar yang menerapkan kurikulum merdeka. Hasil wawancara tersebut menunjukkan bahwa kemampuan belief matematika peserta didik yang masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan belief matematika di SD yang menerapkan kurikulum merdeka. SD yang diteliti yaitu UPT SD Negeri 007 Bangkinang, UPT SD Negeri 003 Bangkinang, dan SD Negeri 001 Sawah Baru. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Kualitatif dengan analisis data secara statistik deskriptif Kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan mewawancarai guru wali kelas di tiga sekolah dasar dan dengan memberikan angket Belief berupa 20 pertanyaan serta dokumentasi. Hasil perhitungan statistik menujukkan untuk kemampuan belief matematika di UPT SDN 007 Bangkinang 79.9, UPT SDN 003 Bangkinang 78.5, dan SDN 001 Sawah Baru 80.4. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan belief matematika di tiga SD ini berada pada kategori baik.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v6i2.25078
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Terindeks:
Dipublikasikan oleh:
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.