Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL), Somatic Auditory Visualitation Intellectually (SAVI), dan Talking Stick dengan Metode Bernyanyi di Sekolah Dasar
Abstract
Permasalahan penelitian rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal tersebut disebabkan pembelajaran masih bersifat konvensional dan satu arah, pembelajaran belum menerapkan model yang fokus pada peningkatan pengalaman belajar, dan pembelajaran kurang menarik dan menyenangkan dikarenakan model dan metode pembelajaran yang kurang bervariasi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan model pembelajaran BERNYANYI. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Belitung Selatan 4 Banjarmasin, berjumlah 20 siswa. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas guru disetiap pertemuan hingga mencapai kriteria “Sangat Baik”, peningkatan aktivitas siswa disetiap pertemuan hingga mencapai kriteria “Sangat Aktif”, peningkatan hasil belajar siswa disetiap pertemuan hingga mencapai ketuntasan klasikal 80%. Berdasarkan hasil diperoleh maka dapat ditarik keimpulan bahwa adanya peningkatan pada aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model BERNYANYI.
Full Text:
PDFReferences
Agusta, A. R., Lestari, N. C., Suriansyah, A., Nofirman, & Rukhmana, T. (2022). Pendidikan Inspiratif Era Cybernetics (Strategi Menjadikan Iklim Pembelajaran Bermakna di Era Digital). Jurnal Pendidikn Dan Konseling, 4(5), 4303–4311. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf
Agusta, A. R., Suriansyah, A., & Pratiwi, D. A. (2020). Kesiapan Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Menggunakan Metode Pembelajaran Online pada Masa Pandemi COVID-19 Ditinjau dari Pengetahuan dan Kemampuan Guru dalam Mengemas Perangkat Pembelajaran. Web-Seminar Nasional Pendidikan (Sumber Elektronis) “Akreditasi Sebagai Sarana Penguatan Mutu Pendidikan Nasional,” 3(April), 49–58. https://repo-dosen.ulm.ac.id/bitstream/handle/123456789/24835/Prosiding Semnas 27 juni 2020_DIANI.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Aminah, S. (2022). Penggunaan Model Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Bumi dan Alam Semesta Siswa. Jurnal PELITA, 2(1), 29–34. https://pusdig.my.id/pelita/article/view/210/114
Bina, N. S., Ramadhani, R., & ... (2022). Digitalisasi Pembelajaran Bermakna Melalui Perancangan Video Animasi Berbasis Powtoon Animation Bagi Guru Sekolah Dasar. JMM (Jurnal Masyarakat …, 6(4), 2615–2628. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/8889%0Ahttps://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/download/8889/pdf
Cantona, I. G. E., & Sudarma, I. K. (2020). Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media Mind Mapping Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 290. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26631
Febbriana, I. M. R. An., Ardana, I. K., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Word Square Berbasis Kearifan Lokal terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar PGSD Unduksha, 7(2), 150. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17656
Kurniawan, I. K., Parmiti, D., & Kusmariyatni, N. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 80. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28959
Lestari, N. F. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Savi (Somatic, Auditory, Visual, Intellectualy) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dan Mengembangkan Keterampilan 4C Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 86–91. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.601
Maimunah, Muliani, & Suriansyah Ahmad. (2020). Pengembangan Kemampuan Kerjasama Menggunakan Kombinasi Model Kepala Bernomor Dengan Kegiatan Bermain Konstruktif Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Seminar Nasional Kolaborasi PGSD, Magister Manajemen Pendidikan, PG PAUD, Dan Magister PG PAUD Universitas Lambung Mangkurat, 49–62. https://conference.ulm.ac.id/index.php/sndikdas/PS2DMP/paper/download/112/5
Maulana, Z., Fauzi, Z. A., & Asniwati. (2019). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Tema Daerah Tempat Tinggalku Muatan PPkn Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Problem Based Learning, Mind Mapping Dan Word Square Di Kelas IV SDN Sungai Pantai 2 Barito Kuala. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(2), 167. https://rumahjurnal.net/index.php/PS2DMP/article/view/793
Noorhapizah, Nur’alim, Agusta, A. R., & Fauzi, Z. Ah. (2019). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DALAM MENEMUKAN INFORMASI PENTING DENGAN KOMBINASI MODEL DIRECTED INQUIRY ACTIVITY (DIA), THINK PAIR SHARE (TPS) DAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS V SDN PEMURUS DALAM 7 BANJARMASIN. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(2), 101–116. https://rumahjurnal.net/index.php/PS2DMP/article/view/787
Norhaniah, & Tindangen, M. (2022). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMBELAJARAN TEMATIK YANG MENYENANGKAN MELALUI METODE BERNYANYI PADA SISWA KELAS V. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU TAHUN 2021, 105–111. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/1022/685
Pratiwi, E. M., Gunawan, & Ermiana, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 381–386. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.466
Purwanti, R., Suriansyah, A., Aslamiah, & Dalle, J. (2018). European Journal of Education Studies INTRODUCING LANGUAGE ASPECT ( ENGLISH ) TO EARLY CHILDHOOD THROUGH THE COMBINATION OF PICTURE AND PICTURE MODEL , TALKING STICK MODEL , FLASHCARD MEDIA , AND MOVEMENT AND SONG METHOD IN B1 GROUP AT MATAHARIKU BILINGUA. European Journal of Education Studies, 5(7), 26–34. https://doi.org/10.5281/zenodo.1494188
Purwanti, R., Talia, Y. N., Aslamiah, & Meliha. (2019). Implementasi Model Problem Solving, Somatic, Auditory, Visualization And Intelectually (SAVI) Dan Course Review Horray (CRH) Untuk Meningkatkan Aktifitas Siswa Kelas VA Di SDN Pasar Lama 1 Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(1), 127–138. https://www.rumahjurnal.net/index.php/PS2DMP/article/view/809
Rahayu, A., Nuryani, P., & Riyadi, A. R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Savi Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 102–111.
Rosdiani, Nasir, M., & Nurfathurrahman. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Aktivitas Bertanya Siswa Kelas VIII SMPN 2 Donggo Tahun Pelajaran 2021/2022. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 8–11. http://jurnal.jomparnd.com/index.php/jp/article/view/20/28
Saputra, D. D., Tahir, M., & Ermiana, I. (2022). Pengaruh Metode Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Kelas V Di Sdn 12 Ampenan Tahun Ajaran 2021. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.29303/pendas.v3i1.84
Sari, R. D. K., & Arifin, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV MI Miftahul Ulum Kraton pada Tema 6. MODELING: Jurnal Program …, 9, 281–291. http://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1206%0Ahttps://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/download/1206/732
Suhaimi, & Nasidawati. (2020). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Materi Bangun Ruang Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning, Numbered Head Together Dan Course Review Horay Dengan Media Bangun Ruang Kelas V/C Sdn Handil Bakti. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(2), 74–86. https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/jpl/article/view/1184/595
Suriansyah, A., Agusta, A. R., Ngadimun, Yakoob, M. F. M., Sin, I., Hussin, S., Wiyono, B. B., Hayati, R. P., Maulidah, Ihsan, M. A. N., & Rizaliannor, M. A. (2022). The Innovative Blended Learning Model Gawi Manuntung To Increase Society 5 . 0 Skills In Elementary School Students. Journal of Positive School Psychology, 6(9), 4111–4136.
Suriansyah, A., Amelia, R., & Fitriyani, H. A. (2019). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL THINK PAIR AND SHARE (TPS), MIND MAPPING DAN COURSE REVIEW HOORAY (CRH) PADA SISWA KELAS IV SDN PEMAKUAN KABUPATEN BANJAR. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(2), 25–32. https://www.rumahjurnal.net/index.php/PS2DMP/article/view/779
Suriansyah, A., Amelia, R., & Lestari, M. A. (2019). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL), Think Pair And Share (TPS) dan Teams Games Tournament (TGT) di Kelas VB SDN Teluk Tiram 1 Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(1), 27–36. https://www.rumahjurnal.net/index.php/PS2DMP/article/view/797
Wowor, E. C., Tumewu, W. A., & Mokalu, Y. B. (2022). Implementasi Repetitive Method Melalui Kegiatan Refleksi Dalam Pembelajaran. Soscied, 5(2), 272–279. https://jurnal.poltekstpaul.ac.id/index.php/jsoscied/article/view/545/391
Yustanti, N. L. P. I., Sudika, I. W., & Winangun, I. M. A. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V. Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD STAHN Mpu Kuturan Singaraja, 2(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v6i2.24963
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Terindeks:
Dipublikasikan oleh:
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.