PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Intan Amalia, Yanti Yandri kusuma, Vitri Anggraini Hardi, Fadhilaturrahmi -, Sumianto -

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 010 Langgini Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar siswa pada pelajaran IPS materi benda dalam kegiatan ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran Time Token pada siswa kelas V SDN 010 Langgini. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2023. Instrumen penelitian ini menggunakan perangkat pembelajaran, rubrik penilaian, dan lembar observasi. Sedangkanteknik analisis data penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan data kualitatif. Subjek penelitian ini siswa kelas V yang berjumlah 12 orang, dengan jumlah laki-laki 7 orang, dan siswa perempuan berjumlah 5 orang. Teknik pengumpulan berupa dokumentasi, observasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keaktifan belajar siswa pada materi benda dalam kegiatan ekonomi kelas V SDN 010 Langgini pada siklus I pertemuan 1 dengan presentase 25% dengan nilai rata-rata 50,41 kategori (CA), dan dipertemuan 2 meningkat dengan presentase 33,33% dengan nilai rata-rata 60,83kategori (CA). pada siklus II pertemuan 1 keaktifan belajar siswa juga mengalami peningkatan mencapai 66,66% dengan nilai rata-rata 67,50 kategori (A), dipertemuan 2 keaktifan belajar siswa kembali meningkat dengan presentase 83,33% dengan nilai rata-rata 77,91 kategori (A). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Time Token dapat meningkatkan keaktifan belajar IPS pada materi benda dalam kegiatan ekonomi kelas V SDN 010 Langgini.Kata kunci: Keaktifan Belajar, Model Time Token, Benda dalam Kegiatan Ekonomi.

Full Text:

PDF

References


Astuti, W., & Kristin, F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 155–162.

Aunnurahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta.

Dadi, A. F. P., & Kewa, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Time Token Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar PPKn Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 357-366.

Dadi, A. F. P., & Kewa, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Time Token Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar PPKn Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 357-366.

Setyowiyanti, R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Time Token untuk MeningkatkanHasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Perning Mojokerto. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(8).

Sufairoh, S. (2017). Pendekatan Saintifik Dan Model Pembelajaran K-13. Jurnal Pendidikan Profesional, 5(3).

Suprijono, A. (2011). Model-Model Pembelajaran. Gramedia Pustaka Jaya.

Trianto. (2016). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta:PT.Bumi Aksara.

Winarti, W. (2013). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Penyusutan Aktiva Tetap Dengan Metode Menjodohkan Kotak. Dinamika Pendidikan, 8(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v6i2.24823

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.