Pengaruh Model Pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discussion, Explaining and Create) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 194 Pekanbaru

Khairunnisa Ramadhani, Gustimal Witri, Muhammad Fendrik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RADEC ( Baca, Jawab, Diskusi, Pertunjukkan, dan Ciptakan) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 194 Pekanbaru. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimental type non equivalent control group design. Subjek pada penelitian ini ialah siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VC sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan soal tes dan dokumentasi.Hasil yang ditemukan menunjukkan dengan menggunakan model pembelajaran RADEC dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V, hal tersebut dibuktikan dengan kreativitas hasil belajar siswa dikelas eksperimen dengan rata-rata 77,94 lebih tinggi dari kelas kontrol dengan rata-rata 63,89. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000< 0,05, sehingga diperoleh kesimpulan H a diterima dan H 0 ditolak. Jadi, dapat bermakna terdapat pengaruh model pembelajaran RADEC ( Baca, Jawab, Diskusi, Pertunjukan dan Ciptakan ) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 194 Pekanbaru. 

Kata kunci: Model pembelajaran RADEC, Hasil Belajar Matematika.


Full Text:

PDF

References


Anas Sudijono. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada.

Andini, S. R., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model RADEC pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1435–1443. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/960

Diana Widhi Rachmawati, M. I. A. G. (2021). Teori dan Konsep Pedagogik. Penerbit Insania.

Erna Yayuk. (2019). Pembelajaran Matematika SD (Ari Dwi Haryono (ed.)). UUM Press.

Fatma Nadia. (2018). Hubungan Metode Diskusi Dengan Hasil Belajar IPA. Jurnal Biolokus, 2, No.2 Ju, 5.

Fendrik, M. (2017). The Effect Of Media Visual In Three Dimensions Towards The Result Of Math Learning At Elementary School. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 6.

Guslinda, G., & Witri, G. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 1(1), 1. https://doi.org/10.31258/jta.v1i1.1-13

Hasnunidah, N. (2017). Metodoologi Penelitian Pendidikan. Academia.Edu, 1–97.

Husnidar, H., & Hayati, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 2(2), 67–72. https://doi.org/10.51179/asimetris.v2i2.811

I Putu Ade. (2022). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. DeePublish.

Ihwan Mahmudi, Muh. Zidni Athoillah, Eko Bowo Wicaksono, & Amir Reza Kusuma. (2022). Taksonomi Hasil Belajar Menurut Benyamin S. Bloom. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(9), 3507–3514. https://doi.org/10.55927/mudima.v2i9.1132

Nina Pratiwi Susanti. (2019). Penguasaan Konsep dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Model Pembelajaran Read-Answer-Discuss-Explain-And-Create (Radec) Pada Materi Pemanasan Global. Universitas Pendidikan Indonesia.

Nur Azizah. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Radec Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas Iii Upt Spf Sd Inpres Mangasa 1. Jurnal Basicedu.

Nuraida, D. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 51–60.

Sahan, P., Muin, A., & Jauhar, S. (2021). Hubungan antara Kebiasaan Membaca Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa di SD Inpres 12/79 Macanang. JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 35. https://doi.org/10.26858/pjppsd.v1i1.22954

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Cv.Alfabeta.

Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang 2016, 605–612.

Sundayana, R. (2020). Statistika Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Syahfutra, W., Ramadhan, S., & Akhyar, Y. (2020). Metodelogi Penelitian Pendidikan. 1–74.

Wahyu Sopandi, Atep Sujana, R. R. S. (2021). Model Pembelajaran RADEC Teori dan Implementasi di Sekolah (B. Maftuh (ed.); 1 ed.). Upi Press.

Wurarah, M. (2022). Implikasi Prior Knowledge,Persepsi Siswa Pada Kemampuan Guru dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Biologi: Studi Kasus Pada Siswa SMA Negeri di Kota Manado. CV. Bintang Semesta Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v6i2.23709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.