STEM Tingkatkan HOTS (Higher Other Thinking Skills) Mahasiswa PGSD Pada Matakuliah Konsep Dasar IPA Fisika
Abstract
Dalam revolusi 4.0 mahasiswa dituntut untuk memiliki suatu keterampilan dalam menyelesaikan suatu permasalahan didunia kerja sesuai dengan kompetensi lulusan yang telah ditetapkan oleh program studi PGSD. Permasalahan yang ditemui selama ini, beberapa mahasiswa kurang memiliki kemampuan dalam memecahkan suatu permasalahan dalam pengerjakan soal yang diberikan oleh dosen, kebanyakan mahasiswa kurang tertarik dalam mengerjakan tugas yang berkaitan dengan perhitungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pendekatan STEM terhadap keterampilan pemecahan mahasiswa pada mahasiswa PGSD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 44 orang. Teknik analisas data yang digunakan adalah teknik statistik dengan program SPSS versi 16.00. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistic sederhana. Hasil penelitian menunjukkan nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 20,015 > 2,176 dengan taraf signifikan = 0,05. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan STEM terhadap keterampilan pemecahan masalah pada mahasiswa. Implikasi dari hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi dan masukan bagi Dosen dalam memilih dan menggunakan strategi yang tepat sehingga mampu meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dalam Matakuliah Konsep Dasar IPA Fisika di Perguruan Tinggi.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Astuti, N. H., Rusilowati, A., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Model Polya Materi Getaran, Gelombang, Dan Bunyi Siswa SMP. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 9(1), 1–8.
Faoziyah, N. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pendekatan STEM Berbasis PBL. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(Vol 11 No 1), 50–64. https://doi.org/10.23969/pjme.v11i1.3942
Jolly, A. (2014). Six Characteristics of a Great STEM Lesson. Education Week, 3–4.
Lolanessa, L., Kaniawati, I., & Nugraha, M. G. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Pendekatan STEM dalam Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Fisika, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/wapfi.v5i1.23452
Memnun, D. S., Hart, L. C., & Akkaya, R. (2012). A Research on the Mathematical Problem Solving Beliefs of Mathematics , Science and Elementary Pre-Service Teachers in Turkey in terms of Different Variables. International Journal of Humanities and Social Science, 2(24), 172–184. www.ijhssnet.com
Prahani, B. K., Suprapto, N., Suliyanah, Lestari, N. A., Jauhariyah, M. N. R., Admoko, S., & Wahyuni, S. (2018). The Effectiveness of Collaborative Problem Based Physics Learning (CPBPL) Model to Improve Student’s Self-Confidence On Physics Learning. Journal of Physics: Conference Series, 997(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/997/1/012008
Ratnaningdyah, D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Novick Dipadukan Dengan Strategi Cooperative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA. Wahana Fisika.
Simamora, R. E., Rotua Sidabutar, D., & Surya, E. (2017). Improving Learning Activity and Students’ Problem Solving Skill through Problem Based Learning (PBL) in Junior High School. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 33(2), 321–331. http://gssrr.org/index.php?journal=JournalOfBasicAndApplied
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitaf, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Torlakson, T. (2014). Innovate: A Blueprint For Science, Technology, Engineering, and Mathematics in California Public Education. State Superintendent of Public Instruction.
Yusuf, A. M. (2017). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. PT Fajar Interpratama Mandiri.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v6i1.22006
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Terindeks:
Dipublikasikan oleh:
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.