Program Kampus Mengajar 4 di SD Negeri 1 Rawagatel Kabupaten Cirebon Provinsi Jawa Barat

Sumarni Sumarni, Sasi Purwati, Regita Febrianti, Rini Suciyani, Saefi Fadillah, Sarah Agid Anggraeni

Abstract


Kampus mengajar 4 Tahun 2022 berfokus pada peningkatan kemampuan lietrasi dan numerasi. Sekolah dasar yang menjadi sasaran adalah sekolah dasar yang berdasarkan nilai ANBK. Salah satu sekolah sasaran yang menjadi fokus utama dalam peningkatan kualitas pendidikan adalah SD Negeri 1 Rawagatel, kecamatan. Arjawinangun Kabupaten Cirebon Jawa Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mendesekripsikan kegiatan mahasiswa kampus mengajar 4 di SD N 1 Rawagatel, mulai dari kegiatan awal penugasan, kegiatan penugasan dan evaluasi penugasan. Kegiatan kegiatan yang didedksirpsikan pada penelitian ini di fokuskan pada kegiatan program literasi dan numerasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan pendekataan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi kegiatan mahasiswa dalam melaksanakan program kegiatan kampus mengajar 4 di SDN 1 Rawagatel. Analisis data menggunakan teknik triangulasi data yang melitupi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Program kerja literasi diantaranya adalah program visit library, pembelajaran melalui kartu huruf, pembelajaran di luar kelas, pembelajaran dengan games ABC lima dasar dan pembelajaran dengan menggunakan buku bacalah. Program kerja numerasi diantaranya, pembelajaran dengan media ludo math, pembelajaran dengan aplikasi math games, Pembelajaran dengan mengelompokkan bilangan ganjil dan genap, pembelajaran dengan menggunakan kartu bola, Pembelajaran dengan menggunakan puzzle angka, Pembelajaran dengan menggunakan tabel perkalian dan pembagian. Selain itu lietrasi juga dilakukan dengan adaptasi teknologi kepada siswa melalui pengenalan laptop dan penggunaan microsof word serta diadakannya gerakan literasi sekolah.

Full Text:

PDF

References


Agung, I., Yufridawati, Sulistyo, F. D., Susanto, A. B., & Efaria, L. (2019). Strategi pengimbasan pembelajaran kreatif guru penggerak. Jakarta.

Annisa, A. A., Kirana, H., Ristanury, T. S., Hilman, D. R., Angreini, A., Melisa, P., & Ardianto, F. (2021). Literasi, Numerasi dan Adaptasi Teknologi Kampus Mengajar 2 di Sekolah dasar Negeri 1 Sumbawa kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan. Suluh Abdi : Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 55–64.

Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–220.

Cahyani, N., & Mustadi, A. (2021). Learning Motivation of Elementary School Children: Is It Possible to be Increased Using The Teams Games Tournament Model? Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 12(2), 183–198. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v12i2.583

Fidesrinur, Shah, A. H., & Amelia, Z. (2022). Peran Dosen Pembimbing Lapangan G alam Meningkatkan Efektifitas Program Kampus Mengajar. Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 7(2), 73–82.

Fitriyani, N. N., Kusuma, R. M., & Supriadi, Y. N. (2022). PKM Peran Mahasiswa Kampus Mengajar 3 dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi Peserta Didik di Sekolah Dasar. International Journal of Community Service Learning, 6(2), 240–248.

Hamzah, R. A. (2021). Pelaksanaan kampus mengajar angkatan i program merdeka belajar kemdikbud di sekolah dasar. Dedikasi, 1(20), 1–8.

Kemdikbud. (2017). Gerakan Literasi nasional. Jakarta.

Kemdikbud. (2022). Buku Panduan Kampus Mengajar Angkatan 3 Tahun 2022. (D. P. Sari, Sena Oddy, & S. Hartinah, Eds.) (Januari 20). Jakarta: Program Kampus Mengajar Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Catatan.

Larasaty, B. M., Mustiani, & Pratini, H. S. (2018). Peningkatan kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII SMP Bopkri 3 Yogyakarta melalui pendekatan PMRI berbasis PISA pada materi pokok SPLDV. In Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia (pp. 622–633).

Lestari, S., Fatonah, K., & Halim, A. (2021). Mewujudkan Merdeka Belajar: Studi Kasus Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar Swasta di Jakarta. JURNALBASICEDU, 5(6), 6426–6438.

Muyassaroh, I., Masrurah, S. N., Oktaviani, R. P., Bangsa, U. P., & Yarsi, U. (2022). Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 3. Attractive : Innovative Education Journal, 4(2), 200–216.

Nainggolan, E., Artha, B. Y., & Susanti, S. (2022). Peranan Mahasiswa mengimplementasikan Literasi bahasa Melalui Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar Negeri 200207 Padangsidempuan. Jurnal Handayani, 13(1), 130–134.

Rahmadani, A., Syariful, & Restavia, O. (2022). Dampak Program Kampus Mengajar Terhadap Keterampilan Pemberian Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar: Studi Kualitatif pada Mahasiswa BKI Universitas Al-azhar Indonesia. Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 7(1), 66–72.

Sitopu, J. W. (2022). Pelaksanaan Kampus Mengajar Di SDIT Ashabul Kahfi kabupaten Deliserdang. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, VII(1), 39–50.

Sumarni, Adiastuty, N., & Syafari, R. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Kalkulator Online untuk Meningkatkan Literasi Matematika Bagi Guru-guru di Kabupaten Cirebon. Al-Khidmat: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 56–66.

Sumarni, S. (2016). Tinjauan Korelasi Antara Kemampuan Koneksi Matematis Dan Self-Regulated Learning Matematika Siswa Yang Pembelajarannya Melalui Learning Cycle 5E. JES-MAT (Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika), 2(1), 83–98. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v2i1.283

Sumarni, S., & Pitriani, P. (2018). Profil keterampilan mengembangkan media pembelajaran matematika mahasiswa calon guru matematika. In Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia (pp. 910–918).

Wisnujati, N. S., & Dkk. (2021). Merdeka Belajar Merdeka Mengajar. (A. Karim & J. Simarmata, Eds.) (1st ed.). Medan: Yayasan Kita Menulis.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v6i1.21445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.