Analisis Kebutuhan dan Tantangan Kurikulum Prototipe Terhadap Pengembangan Soft Skill Siswa di SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin

Norhidayah -, Noor Alfulaila

Abstract


Kurikulum merupakan ruhnya di dunia Pendidikan, mengembangkan kurikulum merupakan sebuah keharusan untuk semua Lembaga Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan kurikulum prototipe terhadap sekolah dalam mengembangkan Soft Skill siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman. Hasil temuan yang didapatkan peneliti yaitu kurikulum prototipe ini dianggap mampu memulihkan pembelajaran diakibatkan pandemi covid-19 dengan memberikan suasana belajar yang menyenangkan dan tidak tergesa-gesa. Sehingga dengan adanya kurikulum prototipe ini mampu memberikan fasilitas untuk siswa agar bisa mempelajari sesuatu sesuai dengan kemampuan dan bakat siswa.

Full Text:

PDF

References


Akbar, Sa’dun, 2009. Pengembangan Model Pembelajaran Nilai dan Karakter Berbasis Nilai-nilai Kehidupan di Sekolah Dasar: Hasil Penelitian Hibah Strategis Nasional Tahun-1, Fokus: Identifikasi Masalah-Masalah Pembelajaran Nilai dan Karakter di SD Jawa Timur.

Akbar, Sa’dun, 2009. Pengembangan Model Pembelajaran Nilai dan Karakter berbasis Nilai-Nilai Kehidupan di SD, Laporan Penelitian Hibah Strategis Nasional Tahun-1 dengan Fokus: Identifikasi Masalah-masalah Pembelajaran Nilai dan Karakter di SD Jawa Timur.

Akbar, Sa’dun, 2010. Pengembangan Model Pembelajaran Nilai dan Karakter berbasis Nilai-Nilai Kehidupan di SD, Laporan Penelitian Hibah Strategis Nasional Tahun-2 dengan Fokus: Ujicoba Model dalam Skala Terbatas di Malang.

Bafadal, Ibrahim, 2007. Pendidikan Dasar: Kontribusi, Artikulasi, Reorientasi, dan Akselerasi, Teks Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam Bidang Manajemen Pendidikan Dasar, 22 Februari. Malang: UM.

Ditjen Pendidikan Dasar, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar. 2012. Grand desain Revitalisasi Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendiknas

Akbar, Sa’dun, 2011. Revitalisasi Pendidikan Karakter Sekolah Dasar, Naskah Pidato Pengukuhan Guru Besar. Malang: Universitas Negeri Malang.

Akbar, Sa’dun, 2011. Pengembangan Model Pembelajaran Nilai dan Karakter berbasis Nilai-Nilai Kehidupan di SD, Laporan Penelitian Hibah Strategis Nasional Tahun-3 dengan Fokus: Ujicoba Model dalam Skala luas di Malang




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v6i1.21343

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.