Analisis Integrasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Pembelajaran Ilmu Pendidikan Alam dan Sosial (IPAS) Pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar

Wandri Ramadhan, sedya sentosa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengintegrasian nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pengumpulan data peneliti menggunakan teknik pengamatan/observasi, dokumentasi dan wawancara informan. Peniliti memilih guru kelas IV SDN Adisucipto 1 Yogyakarta dikode dengan (P1) yang dirahasiakan identitasnya. Penelitian Ini menggunakan analisis data mengacu pada model Milles dan Huberman terdiri dari reduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Temuan dalam penelitian ini yaitu adanya upaya dalam pengintegrasian nilai-nilai keislaman dalam mata pelajaran IPAS Pada Kurikulum Merdeka melalui Pertama Nilai Pendidikan Islam di SDN Adisucipto 1 Yogyakarta, Kedua Integrasi Nilai-Nilai Keislaman di SDN Adisucipto 1 Yogyakarta, Ketiga Pembelajaran Ilmu Pendidikan Alam dan Sosial (IPAS) dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Keempat Implementasi Nilai Keislaman dalam Pembelajaran IPAS di SDN Adisucipto 1 Yogyakarta. Kesimpulan dalam penelitian ini Nilai-nilai keislaman yang diintegrasikan dengan pembelajaran IPAS di kelas IV SDN Adisucipto 1 Yogyakarta peran pendidik sangat menjadi peran terpenting dalam pembelajaran, karena pendidik yang harus memiliki kemampuan untuk menginterasikan kedalam materi pembelajaran. Sementara itu tujuan dari pengintegrasian nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran IPAS dalam Kurikulum Merdeka adalah untuk menanamkan nilai-nilai keislaman untuk pedoman dalam menjalankan kehidupan dimasayarakat dimasa sekarang dan kedepanya.


Full Text:

PDF

References


Ainia, Dela Khoirul. 2020. “‘Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter.’” Jurnal Filsafat Indonesia 3(3):95–101.

Akbar, Muhammad Ilham. 2021. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Berbasis Merdeka Belajar Di SD Anak Saleh Malang.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Amalia, Fitri, Rasa A. Anggayudha, and Kusumawardhani Aldilla. 2021. Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial. pertama. edited by Mely Rizki Suryanita. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Amri M Nurhadi, Rasyidin Al, and Imran Ali. 2017. “Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pembelajaran Biologi Di SMA Islam Al Ulum Terpadu Medan.” Edu Riligia 1(4):487–501.

Annisa Rohimah. 2022. “Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak SDN 104231 Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4:1707–15.

Ansori, Raden Ahmad Muhajir. 2016. “Strategi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Peserta Didik.” Jurnal Pusaka: Media Kajian Dan Pemikiran Kalam 8:14–32.

Aprima, Desy, and Sasmita Sari. 2022. “Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD.” Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan 13(1):95–101.

Arfani, Laili. 2016. “Mengurai Hakikat Pendidikan, Belajar Dan Pembelajaran.” Pelita Bangsa Pelestari Pancasila 11(2):81–97.

Asri, M. 2017. “Dinamika Kurikulum Di Indonesia.” Modelling: Jurnal Program Studi PGMI 4(2):192–202.

Azizah, Amirah Al May. 2021. “Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pembelajaran Ips Pada Kurikulum 2013.” Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam 3(1):23. doi: 10.33474/elementeris.v3i1.10496.

Binti Khalid, Ainor Syuhadah, and Intan Delsa Putri. 2020. “Analisis Konsep Integrasi Ilmu Dalam Islam.” Wardah 21(1):35–49. doi: 10.19109/wardah.v21i1.5822.

Dacholfany, M. Ihsan. 2015. “Reformasi Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Era Globalisasi: Sebuah Tantangan Dan Harapan.” Akademika 20.

Daga, Agustinus Tanggu. 2021. “Makna Merdeka Belajar Dan Penguatan Peran Guru Di Sekolah Dasar.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 7(3):1075–90. doi: 10.31949/educatio.v7i3.1279.

Direktorat Sekolah Dasar. 2022. “Pembelajaran IPAS Dalam Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.” Https://Ditpsd.Kemdikbud.Go.Id/. Retrieved (https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/hal-hal-esensial-kurikulum-merdeka-di-jenjang-sd).

Fakhruddin, Udi, Ending Bahrudin, and Endin Mujahidin. 2018. “Konsep Integrasi Dalam Sistem Pembelajaran Mata Pelajaran Umum Di Pesantren.” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 7(2):214. doi: 10.32832/tadibuna.v7i2.1394.

Fitriyah, Chumi Zahroul, and Rizki Putri Wardani. 2022. “Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 12(3):236–43. doi: 10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243.

Hamka, A., and K. Z. Saputro. 2022. “Konsep Integrasi Ilmu Ke-MI An Dengan Ilmu Islam.” JIEES: Journal of Islamic Education at … 3(1):1–12.

Heri, Deden, and Uus Ruswandi. 2022. “S Konsep Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Lembaga Pendidikan.” Jurnal Dirosah Islamiyah 4(2):255–67. doi: 10.47467/jdi.v4i2.920.

Ikhwan, Afiful. 2014. “Integrasi Pendidikan Islam (Nilai-Nilai Islami Dalam Pembelajaran).” Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 2(2). doi: 10.21274/taalum.2014.2.02.179-194.

Istiqomah, Novita, and Khamim Zarkasih Putro. 2021. “Konsep Integrasi Ilmu Ke-MI-an Dengan Ilmu Islam.” Madrosatuna : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 5(1):37–46.

Julaeha, Siti. 2019. “Problematika Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Karakter.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7(2):157. doi: 10.36667/jppi.v7i2.367.

Kemendikbud. 2003. UNDANG-UNDANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. Jakarta.

Laksana, Sigit Dwi. 2016. “Urgensi Pendidikan Islam Dalam Perubahan Sosial Di Masyarakat.” Aristo 4(2):47. doi: 10.24269/ars.v4i2.188.

Latipah, Nurlia, Bakhrul Ulum, and Falahun Niam. 2020. “Analisis Integrasi Nilai Pendidikan Islam Pada Kurikulum Tadris IPA IAIN Bengkulu.” At-Ta’lim 19(1):132–44. doi: 10.29300/atmipi.v19.i1.3843.

Mahlianurrahman, Mahlianurrahman. 2020. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbsasis Kurikulum 2013.” Attadib: Journal of Elementary Education 4(1):1. doi: 10.32507/attadib.v4i1.625.

Mayasari, Eka. 2015. “Urgensi Pendidikan Islam Terhadap Pengembangan Fitrah Manusia.” Serambi Tarbawi 3(2):41–60.

Munawarah, and Nurhayati Ali. 2016. “Penerapan Nilai-Nilai Ajaran Islam Dalam Pembelajaran Umum (.” Istiqra’ III(29):207–16.

Muslam, H. 2011. “Globalisasi Dalam Pendidikan (Desain Kurikumum Yang Harus Dikembangkan Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi).” Wahana Akademika 12(3):4–12.

Nikmah, Shofiatun, Harto Nuroso, and Fine Reffiane. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Shared Berbantu Media Pop- Up Book Terhadap Hasil Belajar.” Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran 2(2):264. doi: 10.23887/jp2.v2i2.17920.

Nurul Indana dan Noor Fatiha. 2020. “NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM (Analisis Buku Misteri Banjir Nabi Nuh Karya Yosep Rafiqi).” Ilmuna 2.

Rijali, Ahmad. 2019. “Analisis Data Kualitatif.” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17(33):81. doi: 10.18592/alhadharah.v17i33.2374.

Rohmah, Naily. 2019. “Integrasi Kurikulum Dan Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Membentuk Sikap Religius Siswa.” EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 9(2):197–218. doi: 10.54180/elbanat.2019.9.2.197-218.

Sakir, Moh. 2016. “Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional.” Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan 12(1):103. doi: 10.21154/cendekia.v12i1.370.

Salim, Kalbin. 2014. “Pengaruh Globalisasi Terhadap Dunia Pendidikan.” University Teknologi Malaysia (January):1–11.

Sandi Kurniawan. 2021. “Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Dan Kebangsaan Dalam Pendidikan Pesantren.” Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Sunarti Narti, and Husaini Ratmiati. 2021. “Integrasi Nilai Religius Dalam Pembelajaran MI/SD Untuk Membangun Karakter Siswa.” El-Ibtidaiy:Journal of Primary Education 4(1):65. doi: 10.24014/ejpe.v4i1.12372.

Syarifuddin, Syarifuddin, and Nurmi Nurmi. 2022. “Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX Semester Genap SMP Negeri 1 Wera Tahun Pelajaran 2021/2022.” JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA 2(2):35–44. doi: 10.53299/jagomipa.v2i2.184.

Taufiq, Bekti. 2017. “Identifikasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Pemberdayaan Masyarakat Pada PNPM Mandiri.” Jurnal Penelitian 11(1):69. doi: 10.21043/jupe.v11i1.2171.

Umar Sidiq dan Moh. Miftachul Choir. 2019. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Vol. 53. edited by Anwar Mujahidin. Ponorogo: Nata Karya.

Yahdi*, Muhammad. 2010. “Fungsi Pendidikan Islam Dalam Kehidupan Manusia.” Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 113:211–25.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v6i1.20416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.