Minat Baca dan Motivasi Belajar Siswa Sebagai Prediktor Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi pada Siswa Kelas V Seklah Dasar
Abstract
Bahasa berfungsi sebagai sarana dalam menyampaikan ide, gagasan, dan perasaan yang tertuang dalam bentuk tulisan, sehingga membutuhkan pengalaman baca dengan frekuensi dan waktu yang lebih banyak, serta memiliki perbendaharaan kosakata. Minat baca dan motivasi belajar merupakan beberapa factor untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat baca, motivasi belajar dan secara bersama-sama minat baca dan motivasi belajar dapat menjadi predictor terhadap kemampuan menulis siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 007 Gunung Kijang.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, tes, wawancara, dan observasi. Item angket yang diberikan telah dianalisis validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) minat baca dapat menjadi predictor kemampuan menulis karangan deskripsi siswa, dengan persentase pengaruh minat baca terhadap kemampuan menulis siswa adalah sebesar 64,3 %, (2) motivasi belajar dapat menjadi predictor kemampuan menulis siswa, dengan persentase pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi siswa adalah sebesar 61,3%, (3) minat baca dan motivasi baca dapat menjadi predictor kemampuan menulis karangan deskripsi, dengan persentase pengaruh minat baca dan motivasi belajar terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi siswa adalah sebesar 71,6 %.
Full Text:
PDFReferences
Areej, A. (2012). The Effect of Motivation on Jordanian 10th Grade Students’ Writing Skill in English. European Scientific Journal; October edition vol. 8, No.22 ISSN: 1857 – 7881 (Print) e - ISSN 1857- 7431. Jordan – Alkarak: Mutah University.
Cox, K. E., dan Guthrie, J. T. (2001). Motivational and Cognitive Contributions to Students’ Amount of Reading. Contemporary Educational Psychology, 26(1), 116-131.
Hamalik, O. (2011). Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Hasani. (2005). Ihwal Menulis. Banten: Untirta Press.
Hidi, S., & Harackiewicz, J. M. (2000). Motivating the academicallyun motivated: A critical issue for the 21st century. Review of Education-al Research, 70,151–179.
Muhammad, Maryam. (2016). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol. 4 No. 2
Mutiatun, N, Mutiatun. (2017). Language Learning Strategies, Motivation, and Writing Achievement of Indonesian EFL Students. Arab World English Journal (AWEJ) Volume.8 Number.1 March, 2017
Nafiah, A. Hadi. (1981). Anda Ingin jadi Pengarang. Surabaya: SIC
Rahim, F. (2009). Pengajaran Membaca di SD. Jakarta : Bumi Aksara.
Rozana, Syahrul, Irfani Basri. (2018). Kontribusi Motivasi Belajar dan Penguasaan Kosakata Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa SMA. Volume XIV , Nomor 1, Januari 2018 LINGUA Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang
Satini, Ria, Atmazaki, Abdurahman. (2015). Hubungan Minat Baca dan Motivasi Belajar Dengan Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Padang. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran Volume 2 Nomor 1, Februari 2015
Schunk. 2012. Motivasi dalam Pendidikan Teori, Penelitian, dan Aplikasi.Jakarta: PT.Indeks
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Syarifudin, F. (2020). Pengaruh Minat Baca dan Membaca Pemahaman Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek Pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Margaasih Kabupaten Bandung. Vol 3 No 2 (2020): Vol. III, No. 2, September 2020 .
Tarigan, H,G. (2008). Menulis sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung. Angkasa
Wulan, P. (2018). Pengaruh Minat dan Motivasi Membaca Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas XII SMK Negeri 9 Samarinda. LOA Vol. 13, Nomor 1, Juni 2018
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v6i1.20234
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Terindeks:
Dipublikasikan oleh:
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.