Dongeng Anak Berbahasa Jawa “si Jlitheng” dan Relevansinya dengan Pembelajaran Bahasa Jawa Sekolah Dasar

Restu Yulia Hidayatul Umah, Ulum Fatmahanik

Abstract


Karya sastra berciri khas tersendiri yang berhubungan dengan kehidupan anak-anakdisebut dengan sastra anak. Dongeng anak “si Jlitheng” merupakan sastra anak berbahasa Jawa yangdikarang oleh Impian Nopitasari diterbitkan oleh Babon tahun 2020 yang berjumlah 52 halaman dan terdiri dari 4 dongeng anak. Dongeng ini merupakan dongeng fabel sederhana berbahasa Jawa. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang dongeng anak berbahasa Jawa “si Jlitheng” dan mendeskripsikan relevansinya dengan pembelajaran Bahasa Jawa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Library Research. Hasilnya keempat dongeng dalam buku dongeng anak berbahasa Jawa si Jlitheng memiliki 5 nilai karakter Pendidikan yang dapat dipelajari oleh anak sekolah dasar, di antaranya karakter religius, peduli sosial, mandiri, bersahabat, dan tolong menolong. Kemudian keempat dongeng dalam buku Dongeng Anak berbahasa Jawa Si Jlitheng memiliki unsur instrinsik masing-masing yang mana dapat diintegrasikan dan disesuaikan ke dalam kompetensi pembelajaran Bahasa Jawa yang akan dicapai.


Full Text:

PDF

References


Agung, Putry, and Yulistyas Dwi Asmira. “Pengembangan Model Pendidikan Karakter Peduli Sosial Melalui Metode Bermain Peran Di Tk Tunas Mekar Indonesia Bandar Lampung.” Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 02 (2018): 139–58. https://doi.org/10.31326/jcpaud.v1i02.195.

Arafik, Muh. Pembelajaran Bahasa Jawa Di Sekolah Berbasis Karakter. Malang: Universitas Negeri Malang, 2011.

Kawasari, Meka Nitrit. “’Nguri-Nguri Budaya Jawa’ Melalui Pemertahanan Bahasa Jawa Di Media Massa.” International Seminar "Language Maintenance and Shift II, 2012.

Mulyana. Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Daerah Dalam Kerangka Budaya. Yogyakarta: Tiara Wacana, 2008.

Musfiroh, Tadkiroatun, and Sri Tatminingsih. Bermain Dan Permainan Anak. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2017.

Nova, Deana Dwi Rita, and Novi Widiastuti. “Pembentukan Karakter Mandiri Anak Melalui Kegiatan Naik Transportasi Umum.” Jurnal Comm-Edu 2, no. 2 (2019): 113–18.

Nurgiyantoro, Burhan. “Kontribusi Sastra Anak Dalam Pembentukan Kepribadian Anak.” Cakrawala Pendidikan No. 2 (2004).

———. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2013.

Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 9 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan, n.d.

Rahmawati, Kiki, and Laila Fatmawati. “Penanaman Karakter Toleransi Di Sekolah Dasar Inklusi Melalui Pembelajaran Berbasis Multikultural.” Inovasi Pendidikan, 2020, 293–302.

Sari, Milya, and Asmendri. “Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA.” Natural Science : Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA 6, no. 1 (2020): 43.

Sartini, Ni Wayan. “Menggali Nilai Kearifan Lokal Budaya Jawa Lewat Ungkapan (Bebasan, Saloka, Dan Paribasa).” Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 2009.

Sudjarwadi. Strategi Pembelajaran Bahasa Jawa Bagi Anak-Anak. Semarang: Kongres Bahasa jawa IV, 2010.

Supartinah. “Peningkatan Penguasaan AKsara Jawa Pada Siswa Kelas IV SD Pendekatan Cooperative Learning Teknik Jigsaw Dan Media Kartu AKsara.” PPSD-PGSD FIP UNY, 2010.

Tubiyono. “Kebijakan Pemerintah Daerah Tentang Pemakaian Bahasa Lokal: Studi Kasus Pemerintah Kota Surabaya Pada Era Otoda.” Mabasan Vol. 2 No. (2008).

Umah, Restu Yulia Hidayatul. “Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar.” In 4th Annual Conference for Muslim Scholars, 818–25, 2022.

Wyn, Ni, Nik Lisa, I Wyn Sujana, I Ngh Suadnyana, Pendidikan Guru, Sekolah Dasar, and Universitas Pendidikan Ganesha. “Hubungan Antara Sikap Komunikatid Sebagai Bagian Dari Pengembangan Karakter Dengan Kompetensi Inti Pengetahuan IPS Siswa.” Jurnal Mimbar Ilmu 23, no. 2 (2018): 158–66.

Zakariah, Azkari, Vivi Afriani, and M. Zakariah. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Action Research (Research and Development (R and D)). Kolaka: Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v5i2.19433

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.