Pengembangan Media Power Point dan Spin Game dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar

Abel Nugraha Nugraha, Abel Nugraha Nugraha, Erlisnawati Erlisnawati, Eva Astuti Mulyani

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berupa Power Point dan Spin Game pembelajaran indahnya kebersamaan pada pelajaran IPS ilmu pengetahuan sosial di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implement, Evaluation yang dikemukakan oleh Robert Maribe pada tahun 2009. Penelitian dan pengembangan ini melibatkan ahli materi, dan ahli media sebagai validator ahli terhadap Power Point yang dikembangkan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menghitung rata-rata skor yang didapatkan dari validator ahli materi, dan ahli media serta rata-rata skor yang didapatkan dari uji coba produk yaitu respon guru dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa video yang dikembangkan dilihat dari materi dan bahasa yang dinilai oleh ahli materi mendapatkan skor 80,00% dengan kategori sangat valid, sedangkan dari segi media yang dinilai oleh ahli media mendapatkan skor 91,42% dengan kategori sangat valid. Secara keseluruhan Power Point yang dikembangkan termasuk pada kategori “Sangat Layak”. Untuk uji coba produk pada respon guru mendapatkan skor 94,76% dan pada respon siswa mendapatkan skor 85,61% dengan kategori “Sangat Baik”. Penelitian ini diharapkan dapat membantu peserta didik dalam belajar khususnya pada pelajaran IPS ilmu pengetahuan sosial, dapat meningkatkan daya minat peserta didik dalam belajar, menciptakan proses belajar yang menarik serta menunjukkan pada peserta didik bawah budaya ada yang disekitar dapat di pelajari untuk pengetahuan sosial.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, Susanto. 2015. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media

Maribe Branch Robert. 2009. Instructional design: the ADDIE Approach. New York . Spinger

Science and business media

Nazir, Moh. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nursid. Sumaatmadja. (2001). Metodologi Pengajaran Geografi. Jakarta : PT Bumi aksara.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D.

Bandung : Alfabeta .

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D.

Bandung : Alfabeta .

Somantri, Numan. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung:

Remaja Rosdakarya Offset.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS.Bandung : Rosda Karya.

Tafonao, Talizaro. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar

mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol 2 No. 2

Tegeh, I Made. Dkk . 2014. Model Penelitian Pengembangan. Singaraja :

Yogyakarta Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v5i2.18917

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.