Pengembangan Video Animasi Geometri Kelas II di Sekolah Dasar

Thio Adha Pratama, Jesi Alexander Alim, Neni Hermita

Abstract


Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk video animasi materi geometri bangun datar untuk peserta didik kelas II sekolah dasar yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau research and development/R&D dengan model pengembangan Plomp. Model pengembangan ini memiliki 3 fase penelitian, yaitu Preliminary Research Phase, Development or Prototyping Phase, dan Assasement Phase. Setelah produk video animasi selesai dikembangkan, kemudian dilakukan tahapan validasi produk dengan 3 orang ahli. Ketiga ahli tersebut adalah ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Adapun hasil dari tahapan validasi produk ini, media video animasi mendapatkan skor rata-rata keseluruahan dari ketiga ahli yaitu 0,86 dengan kategori sangat valid. Setelah mendapatkan kategori valid pada tahapan validasi produk, kemudian dilakukan uji praktikalitas dengan guru dan peserta didik kelas II sekolah dasar untuk mengetahui tingkat kepraktisan dari produk video animasi yang dikembangkan. Adapun hasil penilaian pada tahapan uji praktikalitas dengan guru, produk video animasi mendapatkan rata-rata skor 94,86% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan hasil penilaian uji praktikalitas peserta didik, produk video animasi mendapatkan rata-rata skor 92,84% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil dari serangkaian pengujian tersebut, dapat diambil suatu kesimpulan bahwa produk video animasi yang dikembangkan ini telah memenuhi kriteria validitas dan praktikalitas. Dengan demikian, produk video animasi materi geometri bangun datar ini sudah dapat digunakan sebagai media pada pembelajaran materi bangun datar untuk peserta didik kelas II sekolah dasar.

Full Text:

PDF

References


Adi, W. A., & dkk. (2019). Pengembangan Media Animasi untuk Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Vol 3 No 3, 288-294.

Afridzal, A. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Media Gambar Dan Video Animasi Pada Materi Karangan Deskripsi Di Kelas III SD Negeri 28 Banda Aceh. Jurnal Tunas Bangsa, 5(2), 231-247

Anwar, S., & Anis, M. B. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash Profesional pada Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 3 No 1, 1-118.

Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 9(1), 9-18.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2016). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI. Muallimuna, 2(1), 47-66.

Eliyah. (2019). Validitas tes sebagai media ukur ketepatan evaluasi mengukur pencapaian tujuan pembelajaran di sd/mi. Jurnal Ilmiah Edukatif. 5(1).

Hadi, S. (2017). Efektivitas penggunaan video sebagai media pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar 2017 (pp.96-102).

Hafid, A. (2011). Sumber dan Media Pembelajaran. Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 6(2), 69-78.

Mamonto, Fandi., Umar, M. K., Pramata, D. D., (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA SMP Menggunakan Model Pembelajaran Koopeatif Student Teams Achiement Divisions (STAD) Siswa Berkebutuhan Khusus. Jambura Physics Journal, 3(1).

Mania, S. (2008). Observasi sebagai alat evaluasi dalam dunia pendidikan dan pengajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(2), 220-233.

Ni’matuzahroh, S., & Prasetyaningrum, S. (2018). Observasi: Teori dan Aplikasi dalam Psikologi (Vol. 1). UMMPress.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmi-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.

Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9-19.

Purwadewi, R., & Ruqoyyah, S. (2021). Kemampuan pemahaman pada materi bangun datar untuk siswa kelas II di sekolah dasar melalui metode inkuiri berbantuan media kertas lipat. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(1), 9-15.

Saadah, I. D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Video Animasi dengan Menggunakan Adobe After Effect. Skripsi.

Situmorang, J. R. (2012). Pemanfaatan internet sebagai new media dalam bidang politik, bisnis, pendidikan dan sosial budaya. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1).

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wuryanti, Umi., & Kartowagiran, Badung. (2016). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter. 6(2).

Yeni, E. M. (2015). Kesulitan belajar matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar(JUPENDAS), 2(2).

Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi peran guru pendidikan agama islam sebagai konselor dalam mengatasi masalah belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 79-96.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v5i2.18907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.