Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipa Make A Macth Pada Materi Fiqh Kelas IV di MI Taufiqiyah Kota Dumai

Safrianis Safrianis

Abstract


Abstract. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe make a match. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV B MI Taufiqiyah Kota Dumai dengan matapelajaran Fiqh yang berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi dan tes. Pada siklus I pelaksanaan pembelajaran diperoleh persentase sebesar 66,7 %, dan pada siklus II 88,9 %. Hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus I diperoleh sebesar 63,3 %, dan pada siklus II 86,7 %. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi fiqh.

Kata Kunci: Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi dan Widodo Supriono. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta :Rineka Cipta

Ana Juliani, Ali Mustadi & Intan Lisnawati. (2021). Make A Match Model for Improving the Understanding of Concepts and Student Learning Results. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE)| p-ISSN 2655-920x, e-ISSN 2656-2804Vol. 3 (1) (2021) 48-56

Arends, R. I., & Kilcher, A. (2010). Tea-ching for student learning: becoming an accomplished teacher. New York: Routledge

Depdiknas. (2003). Undang-undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Isjoni, 2009. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kurniasih, I. & Berlin, S. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesional Guru. Yogyakarta: Kata Pena.

Lampiran Keputusan Menteri Agama RI No. 165 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah

Maulani, Muhfriana Said. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Protista Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Takalar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar

Pederson, J. E. & Digby, A. (2013). Secon-dary School and Cooperative Learning: theory, Models, and Strategies. New York: Routledge.

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto Ngalim. (2009). Prinsip-prinsip & Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya

Thruston, A., Karagiannidou, E., Tolmie, A., Christie, D., Murray, P., Topping, K. (2010). Enhancing outcomes in school science for pupils during transition from elementary school using cooperative le-arning. Middle grades research journal, 5, 19-32.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v5i1.16849

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.