Pengembangan Soal Matematika Berbasis Macromedia Flash 8 di Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal matematika berbasis macromedia flash 8 di kelas V SD pada materi operasi hitung pecahan yang valid dan praktis, Metode penelitian ini menggunakan model plomp dengan tiga tahapan yaitu fase pnelitian awal, fase pengembangan atau pembuatan prototipe, dan fase penilaian dengan pengumpulan data melalui observasi, teknik wawancara, dan angket. Analisis data berupa analisis data kualitatif deskriptif dan kuantitatif deskriptif, Produk yang dihasilkan terdiri dari 13 slide pengerjaan soal matematika. Soal matematika berbasis macromedia flash 8 di kelas V SD yang dikembangkan di validasi oleh satu ahli matematika dan satu ahli produk media, untuk menguji kepraktisan peneliti membagikan pertanyaan kepada guru dan peserta didik. Pengembangan soal matematika berbasis macromedia flash 8 sangat valid dengan skor rata-rata 87,05% dengan kategori sangat valid, hasil praktikalitas dari guru 87,49% kategori sangat praktis, dan 90,54% perolehan hasil skor praktikalitas dari peserta didik. Sehingga disimpulkan bahwa pengembangan soal matematika berbasis macromedia flash 8 di kelas V SD dapat digunakan sebagai alat evaluasi pembelajarn matematika.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v5i1.16780
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Terindeks:
Dipublikasikan oleh:
Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.