Pengembangan E-Modul Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Mata Pelajaran Ips Kelas Vi Di Madrasah Ibtidaiyah Kota Pekanbaru

NURHADI NURHADI NURHADI

Abstract


ABSTRAK.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan E-Modul Berbasis Discovery Learning. Modul elektronik berbasis discovery learning dapat dimaknai sebagai bahan ajar modul yang ditampilkan menggunakan media elektronik.materi yang disajikan di dalam modul adalah fleksible, update, isi atau konten keberkaitan, keshahihan dan mudah digunakan (User Friendly). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis discovery learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman IPS peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Kota Pekanbaru yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini mengembangkan bahan ajar guru dalam mengembangkan bentuk soal untuk tes hasil belajar siswa yang mampu meningkatkan cara berpikir siswa dalam menjawab soal yang membutuhkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas V SD di Kota Pekanbaru. Terdapat 10 langkah Penelitian Pengembangan menurut Borg dan Gall dalam Sugiyono, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba produk, (9) revisi produk, dan (10) pembuatan produk masal. Berdasarkan hasil penelitian data yang diperoleh dari penelitian dan pengembangan ini adalah bahan ajar e-modul yang dihasilkan telah dikembangkan dengan model Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono yang meliputi tahapan potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Pada tahap validasi produk yang dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan ahli bahasa diperoleh nilai rata-rata dengan kriteria sangat baik.Respon peserta didik  dalam uji coba terbatas terhadap e-modul berbasis Discovery Learning  diperoleh nilai rata-rata skor 3,64 dengan kriteria sangat Praktis.

Kata Kunci :Pengembangan, E-Modul Berbasis Discovery Learning, Meningkatkan Kemampuan, Mata Pelajaran IPS.


Full Text:

PDF

References


I Wayan Cong Sujana, “Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia”, Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 4 No. 1 (2019), p. 29, https://doi.org/10.25078/aw.v4i1

Furdan Rahmadi, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Berorientasi Pada Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematika”, PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 10 No. 2 (2015), p. 137, https://doi.org/10.21831/pg.v10i2.9133.

Arifah Budiarti et al., “Pengaruh Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Scientific Berbasis E-Book Pada Materi Rangkaian Induktor Terhadap Hasil Belajar Siswa”, Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), Vol. 2 No. 2 (2017), p. 21, https://doi.org/10.25273/jupiter.v2i2.1795.

Fhina Haryanti and Bagus Ardi Saputro, “Pengembangan Modul Matematika Berbasis Discovery Learning Berbantuan Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Segitiga”, KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1 No. 2 (2016), p. 147, https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol1no2.2016pp147-161.

I Wayan Wira Aryanta et al., “Meningkatkan Kooperatif STAD Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Passing Control Sepak Bola”, E-journal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Vol. 7 No. 1 (2017), p. 1–11,.

Sodiq Anshori, “Kontribusi Ilmu Pengetahuan Sosial Dalam Pendidikan Karakter”, Jurnal Edueksos, Vol. III No. 2 (2014), p. 59–76,.

Ardilla Elfira Safitri, “Pengembangan Modul Pembelajaran IPS Dengan Tema Penyimpangan Sosial Di Kalangan Masyakarat Tanah Air Sebagai Bahan Ajar Siswa Smp Kelas Viii”, Social Studies, Vol. 5 No. 1 (2016), p. 1–14,.

Faizah Ulumi Firdausi and Puspita Pebri Setiani, “Pengembangan Modul E-Learning Berbasis Web Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Pada Mahasiswa Ikip Budi Utomo Malang”, Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), Vol. 2 No. 11 (2018), p. 1203–1217,.

Akbar Handoko et al., “Pengembangan Modul Biologi Berbasis Discovery Learning (Part of Inquiry Spectrum Learning-Wenning) Pada Materi Bioteknologi Kelas XII IPA Di SMA Negeri 1 Magelang Tahun Ajaran 2014/2015”, Jurnal Inkuiri, Vol. 5 No. 3 (2016), p. 144–154,.

Yun Ismi Wulandari et al., “Implementasi Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIs I SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015”, BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, Vol. 1 No. 2 (2015), p. 1–21,.

Sukmadinata, Nana Syaodih., Metode Penelitian Pendidikan.(Bandung: PT. Remaja Rosdyakarya, 2010)

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih, 2010. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: PT. Remaja Rosdyakarya.

Sa’dun Akbar, Instrumen Perangkat Pembelajaran, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v5i1.15256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.