Analisis Pembelajaran Daring Menggunakan WhatsApp Grup (WAG) di SD Muhammadiyah 002 Penyasawan

Yusri Adi

Abstract


Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran pembelajran yang di laksakan secara daring di SD Muhammadiayah sudah berjalan dengan cukup baik dengan memanfaatkan fitur-fitur yang terdapat didalam WhatsApp seperti seperti foto, media, voice note, dokumen. Dan ada beberapa kendala dalam pembelajran daring ini seperti  peserta didik tidak mengumpulkan tugas, tugas yang di kerjakan oleh orang tua dan ketebatasan peserta didik dalam menjeaskan secara terperinci sebuah materi.

Full Text:

PDF

References


A.Bahasoan, W. Ayuandiani, M. Mukhram, A.Rahmat.(2020) Effectiveness of Online Learning In Pandemic Covid-19. International Journal Of Science, Technology & Management.

Astini, N. K. (2020). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran tingkat sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. LAMPUHYANG, 11(2), 13-25.

Alaby, M. A. (2020). Media sosial whatsapp sebagai media pembelajaran jarak jauh mata kuliah ilmu sosial budaya dasar (ISBD). Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 3(2), 273-289.Basori. (2013). Pemanfaatan Social Learning Network “Edmodo” dalam Membantu Perkuliahan Teori Bodi Otomotif di Prodi PTM JPTK FKIP UNS. JIPTEK, VI, 99–105.

Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas whatsapp sebagai media belajar daring.Jurnal Basicedu, 4(4).

doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v 4i4.445.

Jamaluddin, D., Ratnasari, T., Gunawan, H., Paujiah,. (2020). Covid-19 Pandemic Period Online Learning in Prospective Teachers, Obstacles, So lutions, and Projections. Scientific Papers, Research Institute and Community Service, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2020.

Kurniawati, N., Maolida, E. H., & Anjaniputra, A. G. (2018). The Praxis of Digital Literacy in the EFL Classroom: Digital-Immigrant vs digital-native teacher. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 8(1), 28–37.

https://doi.org/10.17509/ijal.v8i1.11459

Putria, H., Maula, L. H., Uswatun, D. A. (2020). Analysis of the Online Learning Process (DARING) During the COVID-19 Pandemic for Elementary School Teachers. Jurnal Basicedu. 4(4), 861-872. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Sugiyono, (2017), Quantitative Research Methods, Qualitative and R & D Bandung, Alfabeta

Sofyana, L., Rozaq, A. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Informatika. 8(1), 81-86. 10.23887/janapati.v8i1.17204.

S. F. E. S. A. Fattah.(2015) "The Effectiveness of Using WhatsApp Messenger as One of Mobile Learning Techniques to Develop Students’ Writing Skills," J. Educ. Pract., vol. 6, no. 32, pp. 115–127.

Utomo, S. W., Utilization of Whatsapp Applications in Problem-Based Learning for International Accounting Courses at PGRI Madiun University. Journal of Educational Technology. 6(2), 199-211.

https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n2.p199--211.

Yensy, NA, 2020, Effectiveness of Mathematical Statistics Learning through Whatsapp Group Media Reviewed from Student Learning Outcomes (COVID Pandemic Period 19).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v5i1.15002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.