Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Strategi Think, Predict, Read, Connect untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar

Diah Permata Sari, Safrizal Safrizal

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil analisis bahan ajar membaca pemahaman di kelas VI Sekolah Dasar (SD) ditemui beberapa permasalahan tentang bahan ajar menulis narasi salah satunya bahan ajar yang digunakan belum memuat tahapan membaca yang semestinya serta bahan ajar belum dikembangkan secara maksimal. Hal tersebut dapat menyebabkan guru harus mampu mengembangkan bahan ajar sebagai sarana dalam membantu proses pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan membaca peserta didik. Tujuan yang hendak dicapai dalam upaya pengembangan bahan ajar ini adalah menghasilkan bahan ajar membaca pemahaman  yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: tahap Analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan Evaluasi (Evaluation). Data penelitian dari uji validitas diperoleh melalui lembar validasi bahan ajar. Data kepraktisan diperoleh dari melalui lembar keterlaksanaan RPP, penilaian respon guru dan penilaian peserta didik. Keefektifan dilihat dari aktivitas, penilaian proses membaca pemahaman, dan penilaian hasil membaca pemahaman. Berdasakan uji validitas diperoleh data bahwa persentase rata-rata bahan ajar dari validator ahli dan validator praktisi. Persentase validator ahli adalah 91,5% dengan kategori sangat valid dan persentase praktisi pendidikan adalah 91,9% dengan kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas dari keterlaksanaan RPP diperoleh persentase 90,1% dengan kategori sangat praktis. Penilaian respon guru diperoleh persentase 90,3% dan penilaian respon peserta didik adalah 88,8% dengan kategori sangat praktis. Efektifitas bahan ajar dilihat dari aktivitas peserta didik diperoleh rata-rata persentase 82,5% dengan kategori sangat baik. Dari penilaian proses membaca pemahaman diperoleh persentase 83,3% dengan kategori sangat tinggi. Dari penilaian hasil membaca pemahaman diketahui bahwa persentase ketuntasan hasil membaca pemahaman peserta didik cenderung meningkat. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahan ajar membaca pemahaman menggunakan strategi TPRC (Think, Predict, Read, Connect)  di kelas VI Sekolah Dasar yang dikembangkan dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Full Text:

PDF

References


Abbas, S. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Abidin, Y. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Ahmad, A. Z. 2012. Perencanaan Pembelajaran dari Desain sampai Implementasi. Yogyakarta:Pedagogia

Allen, K. E. & L. R. 2008. Profil Perkembangan Anak. Terjemahan oleh Valentino. 2010. Jakarta: Indeks.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Cochrane, K. 2009. Teaching Reading-An Action Research Model. Practically Primary. Vol 14. Number 3. October 2009

Dahlan, D. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Quantum Learning pada materi system pencernaan untuk Sekolah Menengah Atas. Tidak diterbitkan. Padang: Universitas Negeri Padang

Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Danim, S. 2010. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: CV. Alfabeta

Depdiknas. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

-------. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

-------. 2009. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Diklat Bimtek/KTSP.

Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta

Edo. 2015. The Effectiveness of TPRC Strategy for Teaching Reading Comprehension of Descriptive Texts. Antologi UNNES Desember 2015

Emzir. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hartinah, S. 2010. Pengembangan Peserta Didik. Bandung: Refika Aditama.

Huda, M. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada. Jossey-Boss Education.

Kemendiknas. 2011. Model Bahan Ajar Matematika untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Dirjendikdas Kemendiknas.

Kolic, J. V. & Bajšanski. I. 2006. Metacognitive Strategies and Reading Comprehension in Elementary School Students. European Journal of Psychology of Education European Journal of Psychology of Education 2006, Vol. 2006, Vol. XXI, nº 4, 439-451 XXI, nº 4, 439-451 © 2006, ISPA © 2006, ISPA. Bajšanski University of Rijeka, Croatia University of Rijeka, Kroasia

Lenski, dkk. 2011. Reading and Learning Strategies. Kendal Hunt Publishing Company.

Majid, A. 2007 perencanaan Pembelajaran Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nurgiyantoro, B. 2012. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Ortlieb, E. 2013. Using Anticipatory Reading Guides to Improve Elementary Students’ Comprehension. International Journal of Instruction International Journal of Instruction July 2013 Vol.6, No.2 Juli 2013. Vol.6, No.2 e-ISSN: 1308-1470 e-ISSN: 1308-1470. Monash University, Australia

Pringgawidagda, S. 2002. Strategi Penguasaaan Berbahasa. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa

Putra, N. 2012. Research and Development, Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Rahim. F. 2007. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar.Jakarta:Bumi Aksara

Redway, K. 1992. Membaca Cepat.(Terjemahan Dandan Riskomar). Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo

Rudell, M. R. 2005. Teaching Content Reading and Writing. USA: Wiley

Saddhono, K & St.Y.Slamet. 2012. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori & Aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati

Sanjaya, W. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Santrock, J. W. 2007. Perkembangan Anak. Terjemahan oleh Mila Rachmawati dan Anna Kuswanti. 2007. Jakarta: Erlangga.

Semiawan, C. R. 2008. Catatan Kecil tentang Penelitian dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sethna, M. 2011. Literacy Skill and Strategies for Content Area Teachers. Ebook

Setyosari, P. 2010. Metode Penelitian dan Pengembangan. Jakarta:Kencana

Soenarto, 2008. Penelitian Pengembangan Research & Development (R&D) Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Yogyakarta: UNY.

Somadoyo, S. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta:Graha Ilmu

Sudjana, H.D. 2010. Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto. 2007. Pengembangan KTSP dengan Perspektif Manajemen Visi. Jakarta: Matapena

Tarigan, H. G. 2008. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Taufina. 2015. Keterampilan Berbahasa dan Apresiasi Sastra Indonesia di SD. Padang: Sukabina Press

Thiagarajan, S., Semmel, D.S., & Melvyn I.S Istructional Develompment for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Center for Innovation in Teaching the Handicapped. Indiana University Bloomington, Indiana.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Uno, H. B. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Upton, P. 2012. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga

Widodo, C. S. & Jasmadi. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Elex Media Kompetindo.

Yuldirim, K. & A. S. 2012. Silent And Oral Reading Fluency: Which One Is The Best Predictor Of Reading Comprehension Of Turkish Elementary Students. International Journal on New Trends in Education and Their Implications October 2012 Volume: 3 Issue: 4 Article: 07 ISSN 1309-6249. Gazi University Ankara- Turkey

Yusuf, S. LN. 2009. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v4i2.13822

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.