PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 37 PEKANBARU MELALUI STRATEGI SENTENCE JOURNAL

Putri Bela, Sukma Erni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran dengan strategi sentence jurnal  dalam meningkatkan hasil belajar IPS  pada tingkat SD. Dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus dan 4  kali tatap muka. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar secara bertahap dari hasil tes pertama dan kedua. Dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan guru terjadi optimalisasi tindakan mengikuti tahapan strategi sebanyak 97,2% pada tatap muka ke 4, diikuti dengan peningkatan kegiatan belajar siswa sebanyak 87,7%.   Hasil tes akhir setelah pembelajaran dilaksanakan adalah 83,3 % mencapai ketuntasan sesuai standar yang ditetapkan sekolah yakni 76.  Temuan penelitian tersebut menegaskan bahwa strategi sentence jurnal dapat digunakan sebagai salah satu strategi yang dapat meningkatkan hasil belejar IPS siswa tingkat sekolah  dasar

Full Text:

PDF

References


Anas Sudjono, Pengantar Statistik Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004)

Banks, A. James, Teaching Strategis for the Social Studies: Inquiry, Valueng and Decision –Making, (NewYork, Longman, 1990)

Depdiknas, Rambu-Rambu Ketuntasan Minimun Dan Analsis Hasil Pencapaian Standar, (Jakarta: 2004)

Dimyati dan Mudjono, Belajar Dan Pembelajaran, (Jakarta:Rineka Cipta ;2009)

Dr. H. Dalman, Keterampilan Menulis, (Jakarta:Rajawali Pers, 2015)

Emilia Susanti Dan Akmal, Pendidikan IPS Terpadu (Konsep & Pembelajaran), (Kreasi Edukasi; 2016)

Etin Solihatin, Strategi Pembelajaran PPKN, (Jakarta:Bumi Aksara;2012)

Fudyartanto, Ki RBS. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, (Jogyakarta: Global Pustaka Ilmu; 2002)

Kunandar, Guru Profesional,(Bandung: Rajawali Pers, 2010)

Langeveld,(Terj), Paedagogiek Teoritis/Sistematis, FIP-IKIP Jakarta, 1971; Fatsal 5, 5a.

Made Wena, Strstegi Pembelajaran Inovatif- Kontemporer, (Jakarta: Bumi Aksara; 2011)

Masdiana.,“Penggunaan Model Complete Sentence Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Listening Siswa Kelas IX C SMP Negeri 2 Tolitoli”, Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol.4 No. 5 ISSN 2354-614 X,

Muhammad Yaumi, Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran Disesuaikan Dengan Kurikulum 2013, (Jakarta: Kencana, 2013)

Muhibin Syah,Psikologi Belajar, (Jakarta:Rajawali Press; 2003)

____________, Psikologi Belajar, (Jakarta: Raja Grafindo Persada,2011)

Mulyono Abdurrahman, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, (Jakarta: Rineka Cipta; 2003)

Nashar, Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran, (Jakarta: Delia Press; 2014)

Ngalimun, Drs. H. Muhammad Fauzani,Dkk., Strategi dan Model Pembelajaran (Yogyakarta: Aswaja Pressindo,2016)

Prof. Dr. Bermawy Munthe, MA. Strategi Mengajar Aktif Kreatif Inovatif, (Yogyakarta: Suka Press Uin Sunan Kalijaga, 2014)

Romi Hasni, “Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Model Concept Sentence Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Materi Persiapan Kemerdekaan Indonesia Dan Perumusan Dasar Negara Siswa Kelas V Sd Negeri 012Kampung Panjang Kecamatan Kampar Utara”,Skripsi: Pustaka Uin Suska Riau, 2013.

Sakilah, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, (Pekanbaru: Kreasi Edukasi; 2017)

Sapriya, Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran, (Bandung, Remaja Rosdakarya;2009)

Sarwiji Suwandi, Model Assesmen Dalam Pembelajaran (Surakarta: Yuma Pustaka, 2010)

Slavin, Robert. E. Educational Pshicology, Theory Into Practice. (Prentice Hall:Engelwood (Liff); 1994)

Soekamto, T & Winataputra, U.S. Teori Belajar & Model- Model Pembelajaran, (Dirjen Pendidikan Tinggi Depdikbud)

Sri Hapsari,Dkk. Bahasa Indonesia, (Jakarta: PT Raja Grafindo Fersada,2013)

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: Rineka Cipta 2006)

________________, Penelitian Tindakankelas,(Jakarta:Rineka Cipta,2007)

_________________, Penelitian Tindakankelas,(Jakarta:Rineka Cipta,2012)

Undang- Undang RI No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional, (Bandung: Fokus Media, 2006)

Wina Sanjaya, Penelitian Pendidikan Jenis, Metode Dan Prosedur, (Jakarta: Kencana, 2013)

____________, Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), (Jakarta: Kencana, 2009)




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v3i2.10603

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.