Bahasa Ilmiah Sebagai Sarana Berpikir Dalam Studi Islam Serta Implementasinya Pada Interpretasi Teks-teks Al-Qur’an

Fadhilah Nur Khaerati, Muflihah Muflihah, Muh. Alwi HS

Abstract


This article aims to discuss the role of language as a scientific tool in Islamic Studies, focusing on the exploration of means of interpreting the texts of the Qur'an. As the sacred book of Islam, the Qur'an possesses profound meanings that require deep understanding and careful interpretation. In this article, one of the scholarly methods used in the interpretation of Qur'anic texts as religious language, namely scientific language, is elaborated. This research is significant in presenting the texts of the Qur'an, which constitute religious language, as objects of study in scientific thinking. To achieve this goal, library-based research is utilized with a descriptive-analytical method, which involves describing and analyzing the data found using a qualitative approach. Several aspects are outlined, including Islam as the object of study, language as a means of scientific thinking, and scientific language as a means of interpreting the texts of the Qur'an (religious language). The results of this research find that there are two methods commonly used in interpreting the Qur'an from a linguistic perspective: semantics and hermeneutics. The interpretations derived from both methods are inseparable from the basic meanings and historical context of the texts, as well as the surrounding context of the interpreted texts. Despite their methodological differences in interpreting the Qur'anic texts, both methods employ scientific language that maintains the relationship between text and context, thus producing contextual and applicable interpretations in the modern-contemporary era. 

 

Abstrak: Artikel ini bertujuan untuk mendiskusikan peran bahasa sebagai sarana ilmiah dalam studi Islam, dengan fokus pada eksplorasi sarana interpretasi teks-teks Al-Qur’an. Sebagai kitab suci agama Islam, Al-Qur’an memiliki kedalaman makna yang membutuhkan pemahaman mendalam dan interpretasi yang cermat. Dalam artikel ini, diuraikan salah satu sarana berpikir ilmiah yang dapat digunakan dalam proses interpretasi teks Al-Qur’an sebagai bahasa agama, yaitu bahasa ilmiah. Penelitian ini signifikan dilakukan dalam rangka mengetengahkan teks-teks Al-Qur’an yang merupakan bahasa agama sebagai objek studi dalam berpikir ilmiah. Untuk mendapatkan hasil tersebut, digunakan penelitian berbasis kepustakaan (library research) dengan metode deskriptif-analisis, yakni mendeskripsikan data-data yang ditemukan sekaligus menganalisisnya, dengan mengunakan pendekatan kualitatif. Di dalamnya akan diuraikan beberapa hal, diantaranya Islam sebagai objek studi, bahasa sebagai sarana berpikir ilmiah, serta bahasa ilmiah sebagai sarana dalam interpretasi teks-teks Al-Qur’an (bahasa agama). Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa ada dua metode yang banyak digunakan dalam penafsiran al-Qur’an jika ditinjau dari aspek bahasa, yaitu semantik dan hermeneutika. Hasil interpretasi dari keduanya tidak terlepas dari makna dasar dan makna historis teks, serta konteks yang mengelilingi keberadaan teks yang diinterpretasikan. Dengan kedua metode ini, meskipun berbeda pada langkah-langkah metodisnya dalam menginterpretasikan teks Al-Qur’an, terlihat bahwa keduanya memiliki kesamaan dalam penggunaan bahasa ilmiah yang tidak melepaskan fungsi relasi teks dan konteks sehingga dapat menghasilkan interpretasi yang kontekstual dan applicable dalam era modern-kontemporer saat ini.


Keywords


Scientific language; Islamic studies; Interpretation; Semantics.

Full Text:

PDF

References


Al Hanif, Muhammad Nadiddin. ‘Islamic Studies Dalam Konteks Global Dan Perkembangannya di Indonesia’. TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, Dan Humaniora 2, no. 1 (28 April 2021) https://doi.org/10.33650/trilogi.v2i1.2863.

Azima, Fauzan. ‘Semantik Al-Qur’an (Sebuah Metode Penafsiran)’. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan 1, no. 1 (2017)

Bakhtiar, Amtsal. Filsafat Ilmu. Depok: Rajwali Pers, 2019.

Basri, Hasan. Berpikir dan Bernalar Matematis. Eureka Media Aksara, 2022. https://repository.penerbiteureka.com/publications/558950/.

Bloch, Bernard, and George L Trager. Out Line of Linguistic Analysis. Baltimore: Linguistic Society of America, 1942.

Broam, Joseph. Language and Society. Garden City: Doubleday and Company Inc, 1995.

Bulan, Derhana. ‘Semantik Al-Qur’an (Pendekatan Semantik Al-Qur’an Toshihiko Izutsu)’. Potret Pemikiran 23 (28 November 2019) https://doi.org/10.30984/pp.v23i1.801.

Burhanuddin, Salam. Logika Materiil Filsafat Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Rineka Cipta Bakhtiar, 2007.

Buyung, and Nunu Burhanuddin. ‘Sarana Berfikir Ilmiah (Bahasa, Logika, Matematika Dan Statistik)’. Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran 3, no. 1 (5 April 2023). http://ejournal-revorma.sch.id/index.php/mansa/article/view/38.

———. ‘Sarana Berfikir Ilmiah (Bahasa, Logika, Matematika Dan Statistik)’. Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran 3, no. 1 (5 April 2023). http://ejournal-revorma.sch.id/index.php/mansa/article/view/38.

Dewi, Intan Sari. ‘Bahasa Arab Dan Urgensinya Dalam Memahami Al-Qur’an’. Kontemplasi: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin 4, no. 1 (3 August 2016). https://doi.org/10.21274/kontem.2016.4.1.39-50.

Dozan, Wely, and Muhammad Turmudzi. ‘Konsep Hermeneutika Sebagai Metodologi Interpretasi Teks Al-Quran’. MAGHZA: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 4, no. 2 (25 December 2019) https://doi.org/10.24090/maghza.v4i2.3470.

Habsy, Bakhrudin All. ‘Seni Memehami Penelitian Kuliatatif dalam Bimbingan dan Konseling : Studi Literatur’. Jurnal Konseling Andi Matappa 1, no. 2 (August 2017)

Hidayat, Komaruddin. Memahami Bahasa Agama. Jakarta: Paramadina, 1996.

Ichwan, Moch. Nur. Meretas Kesarjanaan Kritis Al-Qur’an: Teori Hermeneutika Nasr Abu Zayd. Jakarta: Teraju, 2003.

Izhar, Izhar, Sholikhin Sholikhin, and Sofian Hadi. ‘Logika Sebagai Peretas Konstruksi Tuturan Imperatif Literal’. Prasasti: Conference Series, 3 December 2015. https://doi.org/10.20961/pras.v0i0.91.

Izutsu, Toshihiku. God and Man in The Qur’an; Semantic of The Qur’anic Weltanschauung. Kuala Lumpur: Academic Art & Printing Service, 2002.

Jr, E.D. Hirsch. Validity in Interpretation. New Haven and London: Yale University Press, 1967.

Lubab, Nafiul. ‘Urgensi Pendekatan Semantik Dalam Tafsir (Studi Pemikiran Toshihiko Izutsu)’. HERMENEUTIK 11, no. 1 (24 May 2019): 97. https://doi.org/10.21043/hermeneutik.v11i1.4504.

Mahmudi, Ikhwan. ‘Bahasa Sebagai Sarana Berpikir Ilmiah: Analisis Pembelajaran Bahasa Kontekstual’. At-Ta’dib 4, no. 1 (2009). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v4i1.570.

Martin, Richard C. ‘Islam and Religious Studies’. In Approaches to Islam in Religious Studies. USA: Arizona University Press, 1985.

Maulidya, Anita. ‘Berpikir Dan Problem Solving’. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab 4, no. 1 (2018). https://doi.org/10.30821/ihya.v4i1.1381.

Mustofa, Imron. ‘Jendela Logika Dalam Berfikir; Deduksi Dan Induksi Sebagai Dasar Penalaran Ilmiah’. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 6, no. 2 (29 December 2016): 1–21. https://doi.org/10.54180/elbanat.2016.6.2.1-21.

Prytherch, Ray. Harrod’s Librarians Glossaary. England: Gower, 1995.

Rahman, Fazlur. Islam. Translated by Ahsin Mohammad. Bandung: Penerbit Pustaka, 1984.

———. Islam and Modernity; Transformation of an Intellectual Tradition. Chicago: University of Chicago Press, 1982.

Rijal, Muhammad, and Idrus Sere. ‘Sarana Berfikir Ilmiah’. BIOSEL (Biology Science and Education): Jurnal Penelitian Science Dan Pendidikan 6, no. 2 (27 December 2017): 176–85. https://doi.org/10.33477/bs.v6i2.170.

Santoso, Slamet Iman. ‘Fungsi Bahasa, Matematika Dan Logika Untuk Ketahanan Indonesia Dalam Abad 20 Di Jalan Raya Bangsa-Bangsa’. In Ilmu Dalam Perspektif, edited by Jujun S.Suriasumantri. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 1999.

S.Suriasumantri, Jujun. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2010.

Sukmawati, U. Sulia, Khairul Katsirin, Chusnul Chotimah, and Eman Suherman. ‘Konsep Dasar Dalam Merancang Penelitian Studi Islam: Memahami Objek Penelitian’. AL-FIQH: Journal of Islamic Studies 1, no. 1 (2023): 11–19.

Sunaryo, Wowo. Taksonomi Berpikir. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Suriasumantri, Jujun S. Ilmu dalam Perspektif. Yayasan Obor Indonesia, 1999.

Suroso, Eko. ‘Bahasa Sebagai Sarana Berpikir Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013’, 1 June 2013. http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/3360.

Syafaq, Hammis, Amin Tohari, Nurul Asiya Nadhifah, Umi Hanifah, and Marli Candra. Pengantar Studi Islam. Surabaya: Nuwaila Ahsana, 2021.

Syamsuddin, Sahiron. Hermeneutika Dan Pengembangan Ulumul Quran. Yogyakarta: Pesantren Nawasea Press, 2009.

———. ‘Metode Penafsiran dengan Pendekatan Ma’na cum Maghza’, 1–18. Yogyakarta: Lembaga Ladang Kata, 2020. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40730/.

Syauqi, ML. ‘Hermeneutika Double Movement Fazlur Rahman Dan Signifikansinya Terhadap Penafsiran Kontekstual Al-Qur’an’. Rausyan Fikr: Jurnal Ilmu Studi Ushuluddin Dan …, no. Query date: 2023-06-22 18:16:24 (2022). https://jurnal.iainpalu.ac.id/index.php/rsy/article/view/977.

Tim Redaksi. KBBI. 2nd ed. Jakarta: Balai Pustaka, 1991.

Zayd, Nasr Hamid Abu. Naqd Al-Khithăb al-Dĭnĭ. Kairo: Sĭnă li al-Nasyr, 1992.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/alqudwah.v1i1.22840

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Editorial Office Board :

The Qur'anic and Tafsir Science Study Program and the Hadith Science Study Program. Faculty of Ushuluddin State Islamic University Sultan Syarif Kasim Riau.

Jl. H.R. Soebrantas No. 155 KM 18, Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293 PO.Box. 1004 Telp. 0761-562051 Fax. 0761-562051 Web: https://fush.uin-suska.ac.id/

Flag Counter