Pengaruh Konsep Diri Terhadap Coping Stress Siswa Kelas X di Sekolah Menengah Atas
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Addzaky, K. U. (2024). Perkembangan peserta didik SMA (Sekolah menengah atas). Jurnal Ilmiah Nusantara, 1(3), 75–85.
Adiwijaya, S., Harefa, A. T., Isnaini, S., Raehana, S., Mardikawati, B., Laksono, R. D., Saktisyahputra, S., Purnamasari, R., Ningrum, W. S., & Mayasari, M. (2024). Buku Ajar Metode Penelitian Kualitatif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Bariyyah, K., Atmoko, A., Zen, E. F., Apriani, R., & Maizura, N. (2024). Optimalisasi Peran Guru Bimbingan dan Konseling melalui Cognitive Behavior Stress Management untuk Mendukung Peer Counselor dalam Penanggulangan Stres Akademik Siswa. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 116–125.
Danudiredja, E. D. (2018). Perspektif Kepemimpinan Ideal. Deepublish.
Dewi, F. N. R. (2021). Konsep diri pada masa remaja akhir dalam kematangan karir siswa. Journal of Guidance and Counseling, 5(1), 46–62.
Fitriani, A., & Halomoan, A. (2025). Konsep Diri Siswa dan Siswi MTs Alkautsar Depok Melalui Komunikasi Interpersonal. Syntax Idea, 7(5), 733–751.
Harahap, M., & Lubis, S. A. (2024). Penerapan Teknik Konseling Individu Dalam Menurunkan Stres Akademik Siswa Disekolah Pesisir. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 15(2).
Hendra, R., Setiyadi, B., & Bahri, Z. (2022). Coping Stres dalam Aktivitas Belajar pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Telanaipura Kota Jambi. Indonesian Educational Administration and Leadership Journal (IDEAL), 4(2).
Ikhwan, H. S. (2024). Perilaku Organisasi: Konsep, Pendekatan dan Pemecahan Masalah. LPMI.
IRAWADI, A. (2024). Pengaruh Stres Akademik terhadap Kesehatan MentalMahasiswa di Masa Pandemi. Literacy Notes, 2(1).
Irianto, M. A., Rahman, F., & Abdillah, H. Z. (2021). Konsep diri sebagai prediktor resiliensi pada mahasiswa. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 10(1), 1–10.
Jimatul Rizki, N. (2022). Teori Perkembangan Sosial dan Kepribadian dari Erikson (Konsep, Tahap Perkembangan, Kritik & Revisi, dan Penerapan). Epistemic: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 153–172.
Judijanto, L., Wibowo, G. A., Karimuddin, K., Samsuddin, H., Patahuddin, A., Anggraeni, A. F., Raharjo, R., & Simorangkir, F. M. A. (2024). Research design: Pendekatan kualitatif dan kuantitatif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achmad, T. A. (2021). Metode penelitian kuantitatif. Deepublish.
Lazarus, R. S., & Folkman, S. (1984). Stress, Appraisal, and Coping. New York: Springer Publishing Company.
Megawaty, T., & Herman, S. (2024). Eksplorasi Pertumbuhan Spiritual Dan Perkembangan Manusia Pada Anak-Anak Dan Remaja: Perspektif Teologi. SOLA GRATIA: Jurnal Teologi Biblika Dan Praktika, 4(2).
Nurmaliyah, F. (2014). Menurunkan stres akademik siswa dengan menggunakan teknik self-instruction. Jurnal Pendidikan Humaniora, 2(3), 273–282.
Paat, G. B., Mandang, J. H., & Sengkey, M. M. (2023). Strategi Coping Remaja Wanita Dari Keluarga Broken Home Di Kota Tomohon. Psikopedia, 4(3), 185–192.
Pambudhi, Y. A., Abas, M., Marhan, C., & Fajriah, L. (2022). Strategi coping stress mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Amal Pendidikan, 3(2), 110–122.
Prasetiyo, D. A. (2024). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Stress Mahasiswa Psikologi Universitas Muhammadiyah Gresik. Jurnal Psimawa: Diskursus Ilmu Psikologi Dan Pendidikan, 7(2), 140–144.
Pratiwi, M. R., & Yanuarsari, D. H. (2021). Konten media edukasi anak berbasis self concept theory. Ekspresi Dan Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 75–86.
Pratiwi, W. H., & Syafiq, M. (2022). Strategi mengatasi dampak psikologis pada perempuan yang menikah dini. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 9(7), 61–72.
Prayitno, S. R., Rendisfa, M. A., Amelia, R. F., Nurlailita, M. Z. G., As-Suhaily, M. Z. R., & Aini, D. K. (2024). Psikoedukasi Strategi Coping Stress Pada Mahasiswa Anggota Divisi Media Informasi dan Komunikasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(10), 4799–4803.
Putri, A., & Yuline, Y. (2021). Stress akademik dan coping mahasiswa menghadapi pembelajaran online di masa pandemi covid-19. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 7(2), 55–61.
Rachman, P. A. (2022). Mental Baik Saat Pandemik. Jejak Pemikiran Pemuda Indonesia Tentang Kesehatan Mental Dan Covid-19, 54.
Raharjo, S. T. (2022). Mahasiswa yang bekerja: problem focused coping dengan academic burnout. Jurnal Sudut Pandang, 2(12), 175–192.
Rahmah, H. A., & Khoirunnisa, R. N. (2023). Coping stress for students who studying while working. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 10(1), 18–28.
Rahman, F. A., Nirwana, H., & Putriani, L. (2023). Hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan kematangan emosi siswa sekolah menengah atas. Counseling and Humanities Review, 3(1), 1–7.
Rozali, Y. A., Tiarti, S., & Widiastuti, N. (2021). Pengaruh Konseling Teman Sebaya terhadap Peningkatan Regulasi Diri pada Mahasiswa Skripsi. Intervensi Kemampuan Regulasi Diri, 75.
Saragih, H. T. (2024). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Kesejahteraan Psikologis Siswa. Circle Archive, 1(4).
Sari, Y. (2024). Perkembangan Identitas Remaja Mencari Jati Diri Di Era Digital. Circle Archive, 1(4).
Sarwono, A. E., & Handayani, A. (2021). Metode kuantitatif. Unisri Press.
Siburian, I. T., & Tambunan, D. M. (2024). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dan Stress Level Dengan Mekanisme Koping Pada Remaja Usia Pertengahan Di SMA Parulian 1 Medan. Indonesian Trust Nursing Journal, 2(3), 64–76.
Suhardin, S. (2021). Pelayanan Pendidikan Di Rumah Berbasis Ramah Anak Di Era Pandemi Covid-19 Koping Strategi Dan Konsep Diri Orang Tua Siswa. Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 16–37.
Sukaesih, S. (2023). Pengaruh Interaksi Sosial Teman Sebaya Terhadap Kemandirian Remaja di Sekolah Menengah Atas. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(4), 1099–1116.
Umjani, S. U. (2024). Dampak Positif Coping Stress terhadap Kesehatan Mental Remaja. ISTISYFA: Journal of Islamic Guidance and Counseling, 1(2).
Wijianto, B. (2024). Analisis konsep diri pada siswi SMKN 1 Sragen. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 178–185.
Zahwa, F. K., & Hanif, M. (2024). Strategi Efektif Mengatasi Stres Akademik melalui Manajemen Waktu untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi (JIPP), 2(4), 142–148.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ittizaan.v8i2.37897
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexed By:
Al-Ittizaan Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.