Penerapan Konseling Individu Dengan Komunikasi Terapeutik Islami Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa

Dede Parida, Enjang Enjang AS, Lilis Satriah, Ujang Miftahudin

Abstract


Permasalahan kepercayaan diri berdampak pada hilangnya minat siswa dalam mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki oleh siswa. Maka dari itu masalah kepercayaan diri harus segera diatasi segera agar siswa dapat segera mengoptimalkan berbagai potensinya. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan konseling individu dengan komunikasi terapeutik islami dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa. Metode yang digunakan yaitu menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskripsi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa konseling individu dengan komunikasi terapeutik islami terbukti efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa. Adapun Implementasi komunikasi terapeutik yang berlandaskan prinsip--prinsip komunikasi terapeutik Islam yaitu  Qoulan Sadida, Qoulan Baligha, Qoulan Ma’rufa, Qoulan Karima, Qoulan Layyina, Qoulan Maysura pada seluruh kegiatan komunikasi terapeutik baik pada tahap awal, tahap tengah (kerja) dan tahap akhir (action) melalui penerapan ini menunjukan hasil yang baik dengan meningkatnya kepercayaan diri siswa.

Keywords


Konseling Individu, Kepercayaan diri siswa, Komunikasi terapeutik Islami

Full Text:

PDF

References


Arifin, J. Z., Ramdani, C., & Khoirunnisa, I. (2023). PEMAHAMAN SANTRI TREHADAP KITAB AKHLAQU LILBANIN BAB ADABUT TILMIDZ MA`A USTADZIHI (ADAB ATAU SOPAN SANTUN MURID TERHADAP GURUNYA) HUBUNGANNYA DENGAN PERILAKU MEREKA SEHARI-HARI). Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1–7.

AS, E. (2009). Komunikasi Konseling. Penerbit Nuansa.

Basyiroh, I., Miftahudin, U., & Latif, A. (2023). PENGARUH PERKEMBANGAN FISIK YANG SEHAT TERHADAP KESUKSESAN AKADEMIK ANAK. Cipulus Edu: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 42–50. https:https://journal.albadar.ac.id/

Fardiana, A., Haqi, R., Anwar, K., Miftahudin, U., Sugandi, M., Jamil, Z. L., Saefumilah, S., Al Badar, S., & Purwakarta, C. (2024). MANAJEMEN MADRASAH DI YAYASAN ANWARIYAH SUKAJAGA. In Jurnal Pusat Penelitian & Pengabdian Masyarakat (Vol. 3, Issue 1). https://journal.albadar.ac.id/index.php/burangrang

Furrie, W. (2019). Pelatihan Komunikasi Efektif bagi Guru-Guru BK SMA di Wilayah Kota Depok, dengan Tema “Membangun Komunikasi Efektif dengan Siswa/Remaja Kekinian. Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 94–99.

Gunarsa, S. D. (1983). Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. BPK Gunung Mulia.

Herdiyana, R., & Miftahudin, U. (2024). Harapan Orangtua Terhadap Anak Pra-Sekolah Dapat Dilihat Dari Perspektif Psikologi Perkembangan Anak. Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 37–48.

Hidayat. (2002). Metodologi Penelitian. Mandu Majur.

Jahari, J., Erihadiana, M., Miftahudin, U., Syaf, S., & Sunan Gunung Djati Bandung, U. (2023). ANALISIS SARANA DAN PRASARANA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU (SMA IT) DAARUSSALAAM SUKABUMI. In Expectation: Journal of Islamic of Education Management (Vol. 1, Issue 1). https://journal.albadar.ac.id/index.php/JIM

Keperawatan Profesional, J., Syarif Hidayatullah, M., Khotimah, H., & Adi Nugroho, S. (2020). Hubungan Komunikasi Terapeutik Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Puskesmas Tapen Kabupaten Bondowoso. Jurnal Keperawatan Profesional (JKP), 8.

Lauser, P. (2006). Kepribadian, Alih Bahasa. Bumi Aksera.

Miftahudin, U., & Husni, J. (2024). Manajemen Evaluasi Pesantren: Dulu, Kini dan Nanti. AL GHAZALI: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 31–43. https://doi.org/10.69900/ag.v4i1.207

Miftahudin, U., Udin, T., Wijaya, A., Rahmatiani, L., Sumiartini, S., & Setiawati, I. (2023). Dasar Dasar Pendidikan. PT. Literasi Nusantara Abadi Group.

Minarsih, W. (2017). Pendampingan kelas ibu hamil melalui layanan bimbingan dan konseling islam untuk mengurangi kecemasan proses persalinan. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 12(2), 12(2), 277–296. https://www.jowonews.com

Moleong, J. L. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Penerbit Remaja Rosda Karya.

Ramdani, C., Miftahudin, U., & Latif, A. (2023). Peran Keluarga Dalam Pendidikan Karakter. Banun: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 12–20.

Ramdani, C., & Zaman, B. (2022). Parents’ Perceptions of “Caring Children” During the Covid-19 Pandemic. 6th International Conference of Early Childhood Education (ICECE-6 2021), 107–109.

Sapta Wati, E., Zaman, B., & Ramdani, C. (2024). Parents’ Perception of Their Role in Character Education for Early Childhood in Indonesia. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 8(2), 2549–4163. https://doi.org/10.32585/jurnalkomdik.v8i2.5226

Sari, K. A., Prayitno, & Karneli, Y. (2021). Pelayanan Profesional Guru Bimbingan Konseling Dalam Meminimalisir Kesalahpahaman Tentang Bimbingan Konseling Di Sekolah. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 3(1), 36–49.

Sinaulan, R. L. (2016). KOMUNIKASI TERAPEUTIK DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Urnal Komunikasi Islam, 6(1), 129–157.

Siregar, N. S. S. (2021). Komunikasi Terapeutik Bernuansa Islami. Skopindo Media Pustaka.

Sugandi, M., Miftahudin, U., & Yanuar, A. T. (2023). SUKSESI KEPEMIMPINAN PONDOK PESANTREN SALAFIYAH (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN MIFTAHULHUDA AL-MUSRI’ CIANJUR, JAWA BARAT). Cipulus Edu: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 28–41. https:https://journal.albadar.ac.id/

Suherman, S. (2019). Dimensi-dimensi Komunikasi Efektif dalam Relasi Bimbingan dan Konseling. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(3), 169–178. https://doi.org/10.30653/001.201933.112

Willis, S. S. (2013). Konseling Individual Teori dan Praktek . CV. Alfabeta.

Yuliani, W. (2018). METODE PENELITIAN DESKRIPTIF KUALITATIF DALAM PERSPEKTIF BIMBINGAN DAN KONSELING. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.22460/q.v2i1p21-30.642

Zahro, Z. L., Wardani, K. W. R., & Pasiska. (2021). Komunikasi Therapeutic Community Pasien Penyalahguna Narkoba Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 3(1), 42–62. https://www.harianbhirawa.co.id/darurat-phk-

Zamroni, E., Gudnanto, & Rahardjo, S. (2023). MENELAAH PERSPEKTIF PENGGUNA LAYANAN DAN SEJAWAT PROFESI TENTANG PROFIL PRIBADI KONSELOR EFEKTIF. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 9(1), 61–75. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ittizaan.v7i2.32301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Indexed By:

  


Creative Commons License

Al-Ittizaan Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 site stats

View My Stats