Pola Asuh Orangtua dalam Menanamkan Karakter Jujur Melalui Watak Bawor Banyumasan

Tri Yuliansyah Bintaro, Puji Yanti Fauziah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pola asuh orangtua dalam menanamkan karakter jujur melalui watak Bawor Banyumasan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data pada penelitian ini yaitu guru kelas IV, 5 siswa kelas IV SD UMP beserta orangtuanya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah nontes, dengan jenis wawancara dan angket. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Dalam melakukan gaya pengasuhan keluarga siswa 1, 2, dam 3 memiliki kesamaan yaitu komunikasi terjalin baik antara anak dan orangtua. Anak-anak selalu terbuka dan jujur dalam segala hal. Kegiatan apapun yang dilakukan oleh anak pasti orangtua mengetahuinya. Orangtua memberikan sebuah reward terhadap anak ketika anak mendapatkan prestasi. Dalam melakukan gaya pengasuhan keluarga siswa 4 ini masuk dalam kategori pola asuh permisif. Disini siswa 4 diberikan kebebasan dalam setiap tindakannya, kurangnya komunikasi orangtua dengan anak, tidak ada control terhadap anak, apapun kemauan anak dipenuhi asal anak tidak menangis. Dalam melakukan gaya pengasuhan keluarga siswa 5 ini mauk dalam kategori pola asuh otoriter. Siswa 5 diberikan control yang ketat dari orangtua, adanya control pertemanan yang sangat ketat sehingga orangtua lebih memilih anak untuk sibuk les dibandingkan bermain dengan teman-teman sebayanya. Selain itu, komunikasi antara anak dan orangtua ini masih kurang, orangtua yang menerapkan pola asuh otoriter ini tidak segan-segan menghukum jika anaknya salah, sehingga membuat siswa 5 ini ketakutan ketika melakukan kesalahan, akibatnya ia sering tidak jujur atas kesalahannya. Kesimpulannya, maka pola asuh demokratis ini dapat menghasilkan karakter jujur seperti yang dimiliki oleh Wayang Bawor. Anak yang dibesarkan dalam lingkungan pola asuh demokratis tidak akan ragu berkata jujur karena sikap orangtua yang terbuka dan memberikan kesempatan pada anak untuk menyampaikan pendapatnya

Keywords


Pola Asuh Orangtua, Karakter, Jujur, Bawor, Banyumasan

References


Alfansyur, Andarusni, and Mariyani. 2020. “Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial.” Historis 5(2):146–50.

Ayun, Qurrotu. 2017. “Pola Asuh Orang Tua Dan Metode Pengasuhan Dalam Membentuk Kepribadian Anak.” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 5(1):102. doi: 10.21043/thufula.v5i1.2421.

Chusna, Puji Asamaul. 2017. “Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Media Komunikasi Sosial Keagamaan.” Jurnal Dinamika Penelitian :Media Komunikasi Sosial Keagamaan. Volume 17,(Chusna, Puji Asamaul.):hal. 315-330.

Djuharnedi, D. 2019. “Pendidikan Kejujuran Dalam Perspektif Hadits Dalam Kitab Shahih Muslim ( Kajian Materi Dan Metode Pembelajaran ).” Jurnal Pendidikan Dan Keislaman 7(Vol 7 No 2 (2019): Jurnal Pendidikan dan Keislaman):1–16.

Dornbusch, Sanford M., Philip L. Ritter, P. Herbert Leiderman, F. Donald, Sanford M. Dornbusch, Philip L. Ritter, P. Herbert, Donald F. Roberts, and Michael J. Fraleigh. 1987. “The Relation of Parenting Style to Adolescent School Performance Roberts and Michael J . Fraleigh Published by : Wiley on Behalf of the Society for Research in Child Development Stable URL : Http://Www.Jstor.Org/Stable/1130618 REFERENCES Linked References.” Child Development 58(5):1244–57.

Firdausi, Rofiqoh, and Nanik Ulfa. 2022. “Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Bululawang.” MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah 3(2):133–45. doi: 10.19105/mubtadi.v3i2.5155.

Garcia, Oscar F., Maria C. Fuentes, Enrique Gracia, Emilia Serra, and Fernando Garcia. 2020. “Parenting Warmth and Strictness across Three Generations: Parenting Styles and Psychosocial Adjustment.” International Journal of Environmental Research and Public Health 17(20):1–18. doi: 10.3390/ijerph17207487.

Hadi, Sumasno. 2016. “Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif Pada Skripsi.” Jurnal Ilmu Pendidikan 22(1):74–79.

Hafidz, Nur, and Fitria Azizah Nurul. 2021. “Penguatan Nilai Karakter Anak Usia Dini Dalam Tokoh Wayang Bawor.” Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE) 5(1):40–48.

Indah, Firdayanti, and Nadyah. 2023. “Jurnal Midwifery.” Akademi Bidan 1(2):68–78. doi: 10.24252/jmw.v5i2.41095.

Inten, Dinar Nur. 2017. “Penanaman Kejujuran Pada Anak Dalam Keluarga.” Jurnal FamilyEdu III(1):35–45.

Iswatiningsih, Daroe. 2019. “Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Di Sekolah.” Jurnal Satwika 3(2):155. doi: 10.22219/satwika.vol3.no2.155-164.

Juanda, Juanda. 2019. “Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Sastra Klasik Fabel Versi Daring.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(1):39. doi: 10.31004/obsesi.v3i1.126.

Kuppens, Sofie, and Eva Ceulemans. 2019. “Parenting Styles: A Closer Look at a Well-Known Concept.” Journal of Child and Family Studies 28(1):168–81. doi: 10.1007/s10826-018-1242-x.

Kusdi, Solihin Slamet. 2019. “Peranan Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak.” AL-USWAH: Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Agama Islam 1(2):100. doi: 10.24014/au.v1i2.6253.

Madani, Hanipatudiniah. 2021. “Pembinaan Nilai-Nilai Kejujuran Menurut Rasulullah Saw.” Jurnal Riset Agama 1(1):145–56. doi: 10.15575/jra.v1i1.14346.

Marhayani, Dina Anika. 2018. “Pembentukan Karakter Melalui Pembelajaran Ips.” Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi 5(2):67. doi: 10.33603/ejpe.v5i2.261.

Martinez, Isabel, Fernando Garcia, Feliciano Veiga, Oscar F. Garcia, Yara Rodrigues, and Emilia Serra. 2020. “Parenting Styles, Internalization of Values and Self-Esteem: A Cross-Cultural Study in Spain, Portugal and Brazil.” International Journal of Environmental Research and Public Health 17(7). doi: 10.3390/ijerph17072370.

Masum, Nuraly, Aprily Syifa, Azkia Purwanti, and Adi Prehanto. 2022. “Pola Asuh Demokratis Terhadap Karakter Jujur Anak Usia Dini.” 6(1):129–34.

Messi, Messi, and Edi Harapan. 2017. “Menanamkan Nilai Nilai Kejujuran Di Dalam Kegiatan Madrasah Berasrama (Boarding School).” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan) 2(2):278–90. doi: 10.31851/jmksp.v2i2.1476.

Mudrikah, Laila Lathifatul. 2020. “Pola Asuh Single Parent Dalam Mengembangkan Moralitas Anak Di Desa Marga Mulya Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu.” Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam 2(2):7. doi: 10.24014/0.878941.

Munawwaroh, Azizah. 2019. “Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7(2):141. doi: 10.36667/jppi.v7i2.363.

Nikmah, Laelatul, Nurani Firda Amalia, and Nur Azizah. 2022. “Analisis Bimbingan Rohani Islam Dalam Menumbuhkan Karakter Anak Di Masa Depan.” Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam 5(1):11. doi: 10.24014/ittizaan.v5i1.15513.

Nuraeni, Fitri, and Maesaroh Lubis. 2022. “Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha 10(1):137–43. doi: 10.23887/paud.v10i1.46054.

Ochita Ratna Sari, and Trisni Handayani. 2022. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu.” Jurnal Cakrawala Pendas 8(4):1011–19. doi: 10.31949/jcp.v8i4.2768.

Prihatmojo, Agung, and Badawi Badawi. 2020. “Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Mencegah Degradasi Moral Di Era 4.0.” DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 4(1):142. doi: 10.20961/jdc.v4i1.41129.

Puspita Sari, Chintia Wahyuni. 2020. “Pengaruh Pola Asuh Otoriter Orang Tua Bagi Kehidupan Sosial Anak.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 2(1):76–80. doi: 10.31004/jpdk.v1i2.597.

Rindawan, I. Ketut, I. Made Purana, and Fransiska Kamilia Siham. 2020. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Pada Anak Dalam Lingkungan Keluarga.” Jurnal Pacta Sunt Servanda 1(2):53–63. doi: 10.23887/jpss.v1i2.361.

Sahithya, B. R., S. M. Manohari, and Raman Vijaya. 2019. “Parenting Styles and Its Impact on Children–a Cross Cultural Review with a Focus on India.” Mental Health, Religion and Culture 22(4):357–83. doi: 10.1080/13674676.2019.1594178.

Samiullah, Sarwar. 2017. “Influence of Parenting Style on Children’s Behaviour.” Journal of Education and Educational Development 4(1):94–110.

Santika, Tika. 2018. “Peran Keluarga, Guru, Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini.” JUDIKA (Jurnal Pendidikan UNSIKA) 6(2):77–86.

Saputra, Forma Widya, and Muhammad Turhan Yani. 2020. “Pola Asuh Orangtua Dalam Pembentukan Karakter Anak.” Kajian Moral Dan Kewarganegaraan 8(3):1037–51.

Soewargono, Werdi Agung. 2012. “Bawor Dan Kearifan Budaya Islam Jawa Banyumasan.” IBDA` : Jurnal Kajian Islam Dan Budaya 10(2):187–98. doi: 10.24090/ibda.v10i2.57.

Yumnah, Siti. 2019. “Pendidikan Karakter Jujur Dalam Prespektif Al- Qur’an.” PANCAWAHANA: Jurnal Studi Islam 14(1):27–38.

Yuniarti, Sri, and Mira Andriyani. 2017. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Anak Prasekolah Di R . A Almardiyah Rajamandala Bulan Juli 2016.” Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi 103–11.

Zulkhairi, Teuku. 2017. “Membumikan Karakter Jujur Dalam Pendidikan Di Aceh.” Jurnal Ilmiah Islam Futura 11(1):104. doi: 10.22373/jiif.v11i1.65.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ittizaan.v7i1.30773

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Indexed By:

  


Creative Commons License

Al-Ittizaan Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 site stats

View My Stats