Analisis Bimbingan Rohani Islam dalam Menumbuhkan Karakter Anak di Masa Depan
Abstract
Riwayat artikel:
Diterima 12 Juni 201x
Direvisi 20 Agustus 201x
Diterima 26 Agustus 201x
Bimbingan agama Islam penting bagi anak sejak dini. pemberian bimbingan rohani Islam dapat dilakukan melalui Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ). Karena pada kenyataannya anak yang kurang mendapat bimbingan rohani memiliki perilaku yang tidak baik, seperti berbohong, berdebat, keras kepala, dan masih banyak perilaku buruk lainnya yang dimiliki anak saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bimbingan spiritual Islami yang diberikan siswa usia sekolah dasar di TPQ Al-Hidayah Cilongok agar mampu menumbuhkan akhlak yang baik di masa yang akan datang. Data diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan Ustadz atau Ustadzah di TPQ Al-Hidayah.Hasil penelitian adalah: anak usia sekolah dasar di TPQ Al-Hidayah diberikan bimbingan spiritual islam melalui membaca Iqra atau Juz 'Amma, mengaji, mengaji kitab kuning. , tahlil, dan istighfar, menghafal surat-surat pendek yang nantinya akan disetorkan kepada Ustadz atau Ustadz di TPQ Al-Hidayah. Selain itu materi tentang akhlak atau akhlak Islami juga diberikan agar kelak kelak anak-anak usia sekolah dasar mampu menerapkannya dalam kehidupan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
References
Ahyadi, A. A. (2001). Psikologi Agama: Kepribadian Muslim Pancasila. Sinar Baru.
Amin, S. M. (2009). Ilmu Dakwah. Amzah.
Andesta, D. (2018). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Penyelenggaraan Pendidikan. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI, 4(1), 82–97. https://doi.org/10.19109/jip.v4i1.2269
Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital. BINTANG: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 35–48. https://doi.org/10.36088/bintang.v2i1.558
Anshari, E. S. (2004). Pokok-pokok pikiran tentang paradigma dan Sistem Islam (A. Anggoro (ed.)). Gema Insani.
Ar, H. S. (2021). Peran Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Anak di Era Globalisasi. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 19(2), 112–129. https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tadib/article/view/481
Aryanto, I. (2017). Pelaksanaan Bimbingan Perawatan Rohani Islam (Warois) untuk Memenuhi Kebutuhan Spiritual Pasien. Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 5(3), 241–260. http://jurnal.fdk.uinsgd.ac.id/index.php/irsyad/article/view/890
Fahmi, M. N., & Susanto, S. (2018). Implementasi Pembiasaan Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 7(2), 85–89. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v7i2.1592
Hermansyah, H., & Julaeha, S. (2020). Metode Pembiasaan Bimbingan Keagamaan Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Santri Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al Istiqomah. IKTISYAF: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Tasawuf, 2(1), 45–53. https://doi.org/10.53401/iktsf.v2i1.12
Istiana, L. (2021). Bimbingan Belajar di TPQ Al-Hidayah. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2). https://doi.org/10.31002/abdipraja.v2i2.4288
Mas’ula, M. (2015). Pengaruh Intensitas Mengikuti Bimbingan Rohani Islam terhadap Kepribadian Muslim pada Karyawan Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang [UIN Walisongo]. http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4804/
Murniyetti, M., Engkizar, E., & Anwar, F. (2016). Pola Pelaksanaan Pendidikan Karakter terhadap Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 156–166. https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12045
Musrifah, M. (2016). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Edukasia Islamika: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 119–133. http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/edukasiaislamika/article/view/772
Mustamim, M., Habiballah, A. I., & Alex, A. (2020). Pendampingan Pembelajaran pada Era New Normal di TPQ dan Bimbingan Belajar Tingkat SD/MI di Sidodadi. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 13–15. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_agama/article/view/1060
Prasetiawan, H. (2016). Peran Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan Ramah Anak terhadap Pembentukan Karakter Sejak Usia Dini. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 4(1), 50–60. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/584
Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37–50. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.439
Raya, A. T., & Mulia, S. M. (2003). Menyelami Seluk Beluk Ibadah dalam Islam. Prenada Media.
Somad, M. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Anak. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 171–186. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.882
Taqwiem, A., & Kundrianingsih, K. (2021). Membangkitkan Semangat Belajar Agama Sejak Dini dan Melakukan Kegiatan Keagamaan Taman Pendidikian Al-Qur’an (TPQ). Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 2(4). https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i4.13656
Triyuwanti, S., & Widha, L. (2018). Penerapan Boneka Jari sebagai Media Bimbingan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Anak di Learning Quran For All (LQA) Sahabat-Qu Yogyakarta. Al-Isyraq: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Dan Konseling Islam, 1(2), 1–11. https://doi.org/10.15575/alisyraq.v1i2.13
Ulumiah, F., & Amanah, S. (2021). Optimalisasi Metode Pembelajaran Al Quran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Santri (Studi Kasus TPQ Al Iman Kelurahan Bandarkidul Kota Kediri). ABDI SABHA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(3). https://doi.org/10.53695/jas.v2i3.460
Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. Quanta, 2(2), 83–91. https://doi.org/10.22460/q.v2i2p83-91.1641
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ittizaan.v5i1.15513
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexed By:
Al-Ittizaan Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.